5 Legenda Klub Besar EPL yang Bela Manchester City di Pengujung Karier

Ada yang sempat meraih trofi bersama Manchester City

Sejarah Manchester City pernah diwarnai banyak pemain kelas dunia. Beberapa dari mereka memang dibesarkan oleh Manchester City sendiri. Mereka pun pantas disebut legenda The Citizens. Misalnya Sergio Aguero, Vincent Kompany, dan Kevin De Bruyne.

Ada pula beberapa pemain top yang bergabung ke Manchester City setelah melegenda di klub lain. Mereka baru merapat ke The Citizens pada masa pengujung kariernya. Contohnya adalah lima pemain berikut yang merupakan legenda klub besar English Premier League (EPL).

1. Peter Schmeichel

5 Legenda Klub Besar EPL yang Bela Manchester City di Pengujung KarierPeter Schmeichel (manutd.com)

Fans sepak bola pasti mengenal Peter Schmeichel sebagai kiper legendaris Manchester United. Penjaga gawang asal Denmark ini membela Setan Merah pada 1991–1999. Deretan trofi dan rekor individual menghiasi karier Schmeichel bersama Manchester United.

Namun, Schmeichel ternyata malah pensiun bersama Manchester City. Setelah meninggalkan Manchester United, Schmeichel sempat memperkuat Sporting Lisbon dan Aston Villa. Setelah itu, ia merapat ke Manchester City pada musim 2002/2003.

Semusim bersama Manchester City, Schmeichel tampil 31 kali di semua ajang. Ia bahkan sempat membawa klubnya mengalahkan Manchester United dalam derby Manchester. Pada akhir musim 2002/2003, Schmeichel memutuskan gantung sepatu.

2. David Seaman

5 Legenda Klub Besar EPL yang Bela Manchester City di Pengujung KarierDavid Seaman (arsenal.com)

Setelah ditinggal Schmeichel, Manchester City kembali kedatangan kiper legendaris klub lain. Ia adalah David Seaman, kiper Arsenal pada 1990–2003. Dengan total 564 laga, Seaman adalah kiper dengan penampilan terbanyak dalam sejarah Arsenal.

Raihan 12 trofi juga membuat Seaman melegenda bersama Arsenal. Namun, seperti Schmeichel, Seaman merapat ke Manchester City sebelum pensiun. Ia berseragam The Citizens pada musim 2003/2004.

Sayangnya, karier Seaman di Manchester City hanya berlangsung setengah musim. Ia memutuskan pensiun saat sedang menepi karena cedera pada Januari 2004. Total 26 laga sempat dilakoni Seaman sebagai pemain Manchester City.

Baca Juga: Hasil Liga Europa: MU Bantai Betis, Arsenal Ditahan Sporting

3. Patrick Vieira

5 Legenda Klub Besar EPL yang Bela Manchester City di Pengujung KarierPatrick Vieira (mancity.com)

David Seaman bukan satu-satunya legenda Arsenal yang pensiun bersama Manchester City. Ada pula Patrick Vieira, salah satu kapten terbaik dalam sejarah Arsenal. Selama membela The Gunners pada 1996–2005, Vieira meraih banyak kesuksesan.

Namun, setelah meninggalkan Arsenal, karier Vieira masih berlanjut hingga 6 tahun lamanya. Ia sempat membela Juventus dan Inter Milan sebelum merapat ke Manchester City pada 2010/2011.

Saat itu, usia Vieira sudah 34 tahun. Namun, ia sukses jadi andalan di lini tengah dan membawa Manchester City juara Piala FA. Itu adalah trofi mayor pertama The Citizens sejak 1976. Bagi Vieira, itu adalah trofi terakhir yang ia raih sebelum gantung sepatu.

4. Steve McManaman

5 Legenda Klub Besar EPL yang Bela Manchester City di Pengujung KarierSteve McManaman (liverpoolfc.com)

Ada pula legenda Liverpool yang mengakhiri karier di Manchester City. Ia adalah Steve McManaman, winger top Inggris yang membela Liverpool pada 1990–1999. Sebagai produk asli akademi Liverpool, karier McManaman bersama The Reds dihiasi total 364 penampilan.

Meski hanya meraih dua trofi, McManaman tetap dianggap salah satu pemain terbaik Liverpool di era modern. Ia juga adalah salah satu pemain Inggris tersukses yang pernah bermain di luar negeri. McManaman membela Real Madrid pada 1999–2003 dan memenangi enam trofi.

Setelah sukses di Real Madrid, McManaman kembali ke Inggris dan membela Manchester City. Ia berseragam The Citizens selama dua musim dan mencatat 44 penampilan. McManaman lalu pensiun pada 2005 setelah dilepas Manchester City.

5. Frank Lampard

5 Legenda Klub Besar EPL yang Bela Manchester City di Pengujung KarierFrank Lampard (chelseafc.com)

Frank Lampard juga sempat membela Manchester City menjelang akhir kariernya. Itu terjadi pada musim 2014/2015 dengan status pinjaman dari New York City FC. Saat itu, Lampard telah mengakhiri pengabdiannya kepada Chelsea yang berlangsung selama 13 tahun.

Bersama Chelsea, Lampard bergelimang sukses. Ia mencatat total 648 penampilan dan 211 gol hingga menjadi top skor sepanjang masa The Blues. Lampard juga meraih 13 trofi bersama Chelsea, termasuk 3 EPL dan 1 Liga Champions.

Ketika membela Manchester City, kualitas Lampard tetap terlihat. Ia bahkan sempat menjebol gawang Chelsea saat bertemu di EPL 2014/2015. Lampard melakoni 38 laga bersama The Citizens meski tak berbuah trofi. Ia pensiun usai membela New York City FC pada 2017.

 

Lima pemain di atas menutup karier bersama Manchester City setelah melegenda bersama klub besar lain di EPL. Akankah ada lagi pemain yang mengikuti jejak mereka di masa depan?

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Frank Lampard di Everton

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya