5 Mantan Bintang Premier League yang Pernah Bermain di Liga Australia

Luis Nani yang terbaru

Liga Australia alias A-League adalah divisi teratas Liga Australia. A-League mulai digelar sejak 2005, meneruskan liga yang sebelumnya bernama National Soccer League (NSL). Setelah berganti nama jadi A-League, pamor Liga Australia pun makin meningkat.

Sejumlah pemain bintang dunia jadi tertarik menjajal A-League. Kebanyakan dari mereka bermain di sana pada pengujung karier, setelah meraih banyak sukses di Eropa. Beberapa di antaranya datang dari English Premier League (EPL).

Inilah lima mantan bintang Premier League yang pernah bermain di Liga Australia.

1. Emile Heskey

5 Mantan Bintang Premier League yang Pernah Bermain di Liga AustraliaEmile Heskey berseragam Newcastle Jets. (newcastlejetsfc.com.au)

Emile Heskey adalah mantan striker top Inggris yang pernah membela lima klub Premier League. Salah satunya Liverpool, tempat Heskey berkarier selama 4 tahun.

Bersama Liverpool, Heskey berhasil meraih enam trofi mayor. Sementara, catatan golnya di Premier League mencapai 111 gol bersama lima klub.

Pada pengujung kariernya, Heskey ternyata sempat menjajal A-League dengan membela Newcastle Jets. Sang pemain membela Jets pada 2012–2014 dan mencatat 42 penampilan dengan 10 gol. Meski tak mempersembahkan trofi, Heskey sempat menjadi pemain tertajam Jets pada 2012/2013 dengan sembilan gol.

2. William Gallas

5 Mantan Bintang Premier League yang Pernah Bermain di Liga AustraliaWilliam Gallas berseragam Perth Glory. (skysports.com)

William Gallas adalah bek asal Prancis yang pernah membela tiga klub besar London, yaitu Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur. Ia mencatat total 321 penampilan di Premier League bersama ketiga klub tersebut. Gallas sukses meraih dua trofi Premier League kala membela Chelsea.

Setelah lama malang melintang di Inggris, Gallas bergabung dengan Perth Glory pada 2013. Ia pun menjadi pemain Prancis pertama yang bermain di A-League.

Gallas membela Perth Glory selama semusim dengan total 15 penampilan dan 1 gol. Ia lalu menyatakan gantung sepatu pada akhir musim.

Baca Juga: 5 Mantan Bintang Premier League yang Pernah Menjadi Pelatih Klub MLS

3. Luis Garcia

5 Mantan Bintang Premier League yang Pernah Bermain di Liga AustraliaLuis Garcia berseragam Central Coast Mariners. (ccmariners.com.au)

Ada pula beberapa pemain top Spanyol yang bermain di A-League pada pengujung kariernya. Luis Garcia adalah salah satunya.

Garcia merupakan gelandang atau winger yang pernah membela Liverpool pada 2004–2007. Ia meraih empat trofi, termasuk Liga Champions 2004/2005.

Selain Liverpool, Garcia juga pernah membela Barcelona dan Atletico Madrid. Ia sebenarnya pensiun pada 2014, tetapi sempat kembali bermain.

Klub terakhir yang dibela Garcia adalah klub A-League, Central Coast Mariners. Ia bermain di sana pada 2016 sebelum kembali pensiun.

4. Daniel Sturridge

5 Mantan Bintang Premier League yang Pernah Bermain di Liga AustraliaDaniel Sturridge berseragam Perth Glory. (instagram.com/danielsturridge)

Pada 2021/2022, ada mantan bintang Premier League yang bermain di A-League, yaitu Daniel Sturridge. Ia adalah striker yang pernah membela Manchester City, Chelsea, dan Liverpool.

Sturridge paling bersinar kala membela Liverpool. Namun, ia justru paling banyak meraih trofi bersama Chelsea.

Sturridge sendiri membela Perth Glory pada 2021/2022. Sayangnya, ia lama diterpa cedera sehingga hanya bisa tampil 6 kali dengan total 138 menit bermain.

Pada akhir musim, Sturridge dilepas Perth Glory. Ia saat ini masih berstatus tanpa klub.

5. Luis Nani

5 Mantan Bintang Premier League yang Pernah Bermain di Liga AustraliaLuis Nani berseragam Melbourne Victory. (instagram.com/luisnani)

Luis Nani baru saja menyusul jejak empat pemain di atas dengan merapat ke klub A-League, Melbourne Victory. Nani adalah winger Portugal yang pernah meraih banyak sukses bersama Manchester United.

Selama 2007–2015, Nani tampil 228 kali di semua ajang bersama Manchester United. Ia telah memenangi dua belas trofi.

Setelah lama berkarier di Eropa, Nani kini mencoba bermain di Australia untuk pertama kali. Ia dikontrak Melbourne Victory selama 2 tahun alias hingga 2024.

Nani juga sudah menjalani debut tak resmi bersama klub barunya. Namun, Melbourne kalah 1-4 dari Manchester United dalam laga persahabatan.

Lima pemain bintang di atas pernah bermain di A-League setelah meraih sukses di Premier League. Meski sudah tak muda lagi, kehadiran mereka turut mengangkat pamor serta kualitas sepak bola Australia.

Baca Juga: 5 Kiper Republik Ceko yang Pernah Bermain di English Premier League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya