Comscore Tracker

5 Mantan Bintang Serie A yang Masih Jadi Top Skor Timnas hingga Kini

Tiga di antaranya pernah membela AC Milan

Serie A Italia adalah liga top Eropa yang kualitasnya terbilang menurun dalam beberapa tahun terakhir. Dulu, Serie A terkenal sebagai tempatnya para pemain bintang berkarier. Nama-nama top dari berbagai negara bermain di liga ini, dan prestasi mereka pun masih diingat sampai sekarang.

Beberapa mantan bintang Serie A bahkan masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa bagi negaranya masing-masing, meski mereka sudah cukup lama pensiun. Itu menunjukkan bahwa mereka tak hanya hebat di klub tapi juga di timnas. Inilah 5 mantan bintang Serie A yang masih jadi top skor timnas sampai sekarang.

1. Luigi Riva (Italia)

5 Mantan Bintang Serie A yang Masih Jadi Top Skor Timnas hingga KiniLuigi Riva (uefa.com)

Pertama tentu ada top skor dari timnas Italia sendiri, yaitu Luigi Riva. Riva adalah pemain legendaris Italia yang berkarier di tahun 1962 hingga 1976. Ia hanya pernah membela dua klub, yaitu Legnano dan Cagliari. Riva mencetak total 156 gol di Serie A, semuanya bersama Cagliari.

Riva sudah pensiun sebagai pemain selama 45 tahun, namun ia masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa timnas Italia dengan 35 gol. Hebatnya, ia membukukan jumlah tersebut hanya dalam 42 caps. Pemain aktif terdekat yang masih aktif yaitu Ciro Immobile saja baru membukukan 15 gol untuk timnas Italia, sehingga tak heran jika rekor Riva masih bertahan hingga kini.

2. Jon Dahl Tomasson (Denmark)

5 Mantan Bintang Serie A yang Masih Jadi Top Skor Timnas hingga KiniJon Dahl Tomasson (uefa.com)

Berikutnya ada Jon Dahl Tomasson, mantan striker asal Denmark yang pernah bermain di Serie A bersama AC Milan. Tomasson membela Rossoneri selama 3 musim dari 2002 hingga 2005. Meski tak terlalu lama, tapi ia mencatat 114 penampilan bersama Milan di semua ajang dan mencetak 35 gol.

Tomasson juga sukses membawa Milan meraih 4 trofi, termasuk Scudetto dan Liga Champions. Sementara bagi timnas Denmark, Tomasson masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa dengan 52 gol dalam 112 laga. Saat ini, Tomasson menjabat sebagai pelatih Malmo, dan ia berhasil membawa klub asuhannya tampil di Liga Champions musim ini.

Baca Juga: 8 Pemain Asal Argentina yang Sukses Menjadi Top Skor di Serie A Italia

3. Andriy Shevchenko (Ukraina)

5 Mantan Bintang Serie A yang Masih Jadi Top Skor Timnas hingga KiniAndriy Shevchenko (uefa.com)

Pemain yang satu ini juga merupakan legenda AC Milan. Andriy Shevchenko membela Milan pada 1999 hingga 2006, dan juga pada musim 2008/09 sebagai pinjaman dari Chelsea. Selama periode tersebut, Sheva mencetak total 175 gol bagi Milan serta meraih 5 trofi kolektif. Ia juga memenangi Ballon d'Or 2004 saat berseragam Milan.

Shevchenko juga adalah pemain legendaris bagi negaranya, Ukraina. Ia masih tercatat sebagai top skor Ukraina hingga kini dengan 48 gol dalam 111 caps. Plus, ia juga sukses mengantarkan Ukraina lolos perdana ke Piala Dunia 2006. Sheva sempat menjadi pelatih timnas negaranya sejak 2016, namun pada awal Agustus 2021 lalu ia resmi mengundurkan diri.

4. George Weah (Liberia)

5 Mantan Bintang Serie A yang Masih Jadi Top Skor Timnas hingga KiniGeorge Weah (twitter.com/acmilan)

Satu lagi pemain legendaris AC Milan yang saat ini masih berstatus top skor timnas adalah George Weah. Weah adalah satu-satunya pemain asal Afrika yang pernah meraih Ballon d'Or, tepatnya pada 1995 saat ia baru saja pindah ke Milan. Setelah itu, Weah membela Milan selama 4,5 musim dan mencetak total 58 gol di semua ajang.

Selain Ballon d'Or, Weah juga sukses meraih 2 Scudetto di Milan. Weah juga adalah pemain terpopuler yang pernah dimiliki negaranya, Liberia. Ia masih menjadi top skor Liberia dengan 18 gol. Setelah pensiun dari sepak bola, Weah banting setir ke dunia politik, dan kini ia menjabat sebagai Presiden Liberia sejak 2018.

5. Adrian Mutu (Romania)

5 Mantan Bintang Serie A yang Masih Jadi Top Skor Timnas hingga KiniAdrian Mutu (uefa.com)

Terakhir, ada Adrian Mutu, mantan striker yang pernah membela 6 klub Serie A, termasuk Juventus, Inter Milan, dan Fiorentina. Mutu mencetak total 103 gol di Serie A, serta pernah meraih 2 Scudetto bersama Juventus, meski keduanya belakangan dicabut karena skandal Calciopoli.

Terkenal kontroversial dan pernah tersandung kasus doping, Mutu tetap dikenal sebagai salah satu striker top yang pernah main di Serie A. Bersama negaranya pun ia berprestasi, dan hingga kini masih berstatus top skor timnas Romania dengan 35 gol, sejajar dengan Gheorghe Hagi yang juga merupakan pemain legendaris Romania.

 


Lima pemain di atas merupakan mantan bintang Serie A yang sudah cukup lama pensiun, namun mereka masih jadi top skor timnas negaranya masing-masing. Adakah pemain yang bisa menandingi jumlah gol mereka bagi timnas kelak?

Baca Juga: 6 Pemain Aktif Serie A yang Menjadi Top Skor Timnas

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya