MU Tengah Menurun, Paul Ince: Bulan Madu Solskjaer Telah Usai

Ince tekankan pentingnya lolos ke Liga Champions musim depan

Performa Manchester United saat ini tengah merosot tajam. Setelah sempat membawa fans mereka ke awang-awang berkat penampilan ciamik sejak ditangani Ole Gunnar Solskjaer, Setan Merah kini mengalami periode buruk yang mengancam peluang mereka ke Liga Champions musim depan.

Mantan gelandang MU, Paul Ince berkomentar bahwa masa bulan madu Solskjaer bersama timnya telah usai.

1. Sempat gemilang ketika Solskjaer mulai menjabat, MU telan 3 kekalahan di 4 partai terakhir

MU Tengah Menurun, Paul Ince: Bulan Madu Solskjaer Telah Usaistandard.co.uk

Sejak ditetapkan sebagai pelatih interim pada Desember 2018, Solskjaer langsung unjuk gigi dengan membawa MU menyabet 14 kemenangan dari 17 partai perdananya. Tim-tim kuat semacam Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur dibuat bertekuk lutut. Dan puncaknya adalah comeback bersejarah atas PSG yang mengantar mereka ke perempat final Liga Champions.

Namun setelah kemenangan itu, MU mulai melempem. Mereka kalah dari Arsenal di Premier League dan ditendang dari Piala FA oleh Wolves. Sempat menang tipis atas Watford, Paul Pogba dkk mengalami deja vu dengan kembali dikalahkan Wolves di Premier League tiga hari kemudian. Tiga kekalahan dalam 4 partai, catatan buruk yang bahkan tak pernah dialami MU semasa dilatih Mourinho.

2. Paul Ince: Masa bulan madu Solskjaer sudah berakhir

MU Tengah Menurun, Paul Ince: Bulan Madu Solskjaer Telah Usaidailystar.co.uk

Ketika sebuah tim mendapat pelatih baru, biasanya timbul semangat dan harapan baru yang kerap berdampak positif pada performa tim di lapangan. Maka tidak heran jika tim yang baru berganti pelatih biasanya akan mengalami masa 'bulan madu' dan meraih hasil-hasil bagus. Namun, masa bulan madu itu pada akhirnya harus berakhir juga.

Menurut Paul Ince, itulah yang saat ini terjadi pada MU. Sang mantan gelandang yang membela MU pada periode 1989-1995 itu menyebut bahwa masa bulan madu Solskjaer bersama MU sudah usai. Sekarang waktunya untuk kerja keras, apalagi karena saat ini Solskjaer sudah berstatus manajer tetap.

"Periode bulan madu bersama Ole jelas sudah berakhir. Dia mengatakan pada saat mendapat pekerjaan itu bahwa sekarang adalah waktunya bekerja," kata Ince seperti dilansir Goal. "Selalu ada tekanan lebih ketika Anda diberikan posisi permanen dibanding saat menjadi caretaker, dan dia tahu bahwa dia akan dianalisa setiap kali mereka kalah."

Baca Juga: Tekuk Watford 2-1, Manchester United Bertahan di Empat Besar

3. Ince ingatkan pentingnya finis di empat besar demi menarik minat pemain buruan

MU Tengah Menurun, Paul Ince: Bulan Madu Solskjaer Telah Usaifootballfancast.com

Dua kekalahan yang diderita di Premier League kini membuat target finis di empat besar jadi lebih sulit bagi MU. Namun Ince mengingatkan bahwa target tersebut harus tercapai. Pasalnya, gagal lolos ke Liga Champions akan mempersulit mereka untuk menarik minat pemain bintang yang diincar demi merapat ke Old Trafford.

"Yang terutama, MU harus berada di Liga Champions. Tidak cukup bagus jika mereka gagal," sebut Ince. "Ole telah melakukan kerja fantastis untuk membawa mereka ke titik ini, tapi mereka harus menyelesaikannya. Mereka tidak boleh tidak tampil di kompetisi Eropa musim depan. Malah, MU seharusnya tidak pernah tidak ada di kompetisi itu.

"Bukan tidak respek, tapi mereka harus menarik minat pemain-pemain terbaik dan pemain-pemain terbaik tidak mau bermain di Europa League. Tim harus berbuat sebisa mungkin untuk finis di empat besar, dan hasil laga melawan Wolves khususnya terlihat buruk karena alasan itu," tambah Ince.

MU memang dikabarkan mengincar sejumlah nama untuk digaet pada bursa transfer mendatang. Beberapa yang kerap disebut adalah bek Real Madrid Raphael Varane, gelandang Barcelona Philipe Coutinho, dan bek Ajax Amsterdam Matthijs de Ligt. Seperti kata Ince, keberhasilan MU mendatangkan pemain-pemain tersebut bisa jadi akan ditentukan oleh lolos atau tidaknya mereka ke Liga Champions musim depan.

4. Ingin kembali ke jalur kemenangan, MU justru dihadapkan pada jadwal berat

MU Tengah Menurun, Paul Ince: Bulan Madu Solskjaer Telah Usaiindependent.co.uk

Solskjaer tentu ingin segera membawa timnya mengakhiri tren negatif dan kembali ke jalur kemenangan. Namun harapan tersebut tak akan mudah terwujud karena lawan berikut yang akan dihadapi Marcus Rashford cs adalah salah satu tim terbaik dunia: Barcelona. MU akan menjamu Barca pada babak perempat final Liga Champions di Old Trafford 11 April mendatang.

Setelah diselingi partai Liga Primer melawan West Ham, gantian MU yang akan bertolak ke Camp Nou untuk melakoni laga kedua. Setelah itu, 3 partai sulit melawan Everton, Manchester City, dan Chelsea dalam tempo satu pekan siap menghadang. Mampukah Solskjaer membawa MU menikmati bulan madu kedua atau justru makin terpuruk selama periode sulit tersebut?

Baca Juga: Incar Maguire, Manchester United Harus Siap Pecahkan Rekor Transfer

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya