5 Musim Terburuk Manchester United sejak Ditinggal Sir Alex Ferguson

Musim 2021/2022 ini termasuk salah satunya

Manchester United pernah mengalami masa-masa kejayaan saat ditangani oleh pelatih Sir Alex Ferguson. Bersama pelatih asal Skotlandia tersebut, Setan Merah sukses meraih puluhan gelar. Namun, sejak Ferguson pensiun pada akhir 2012/2013, United seolah kehilangan arah dan kesulitan meraih trofi bergengsi.

Jangankan meraih trofi, Manchester United bahkan kerap terseok-seok di berbagai kompetisi dalam beberapa musim terakhir. Lima musim berikut ini pantas disebut musim terburuk yang dialami Manchester United semenjak ditinggal Sir Alex Ferguson.

1. Musim 2013/2014

5 Musim Terburuk Manchester United sejak Ditinggal Sir Alex FergusonManchester United dikalahkan Liverpool di Premier League 2013/2014. (liverpoolfc.com)

Setelah ditinggal Ferguson, Manchester United secara mengejutkan menunjuk David Moyes menjadi pelatih mereka pada awal musim 2013/2014. Moyes disebut-sebut mendapat kepercayaan penuh dari Ferguson, sehingga fans pun pantas optimis. Namun, apa daya Moyes yang sebelumnya melatih Everton terbukti belum layak menangani United.

Setan Merah memang mengawali musim 2013/2014 dengan memenangi Community Shield. Namun, selebihnya mereka tampil buruk di sepanjang musim tersebut sehingga harus puasa trofi. Bahkan, United finis di posisi ke-7 Premier Leage saat itu; kali pertama mereka finis di luar tiga besar sejak tahun 1991.

Hasil yang diraih United di ajang lain pada musim itu pun mengecewakan. Mereka gugur di putaran ketiga Piala FA, mentok di semi final Piala Liga, dan hanya sampai perempat final Liga Champions. Tak heran jika Moyes akhirnya dipecat menjelang musim berakhir dan jabatannya diserahkan sementara ke Ryan Giggs.

2. Musim 2014/2015

5 Musim Terburuk Manchester United sejak Ditinggal Sir Alex FergusonAngel Di Maria dan Radamel Falcao gagal bersinar bersama Manchester United pada 2014/2015. (twitter.com/squawka)

Pada musim berikutnya, yaitu musim 2014/2015, Manchester United diselimuti optimisme untuk bangkit. Mereka menunjuk Louis van Gaal sebagai pelatih baru setelah pelatih asal Belanda itu sukses membawa negaranya tampil apik di Piala Dunia 2014. Prestasi Setan Merah di liga pun sedikit membaik, dengan finis di urutan ke-4.

Namun, hal itu tetap terbilang tidak cukup karena United lagi-lagi mengakhiri musim tanpa trofi. Mereka terhenti pada babak awal Piala FA serta Piala Liga. Ditambah sejumlah pemain bintang yang flop, seperti Radamel Falcao dan Angel Di Maria. Musim 2014/2015 pantas disebut sebagai musim yang paling buruk bagi United.

Baca Juga: 6 Catatan Menarik Kemenangan Everton atas Manchester United di EPL

3. Musim 2018/2019 

5 Musim Terburuk Manchester United sejak Ditinggal Sir Alex FergusonPara pemain Manchester United meratapi kegagalan di Liga Champions musim 2018/2019. (skysports.com)

Manchester United berhasil meraih trofi pada musim 2015/2016 dan 2016/2017, serta tampil cukup baik pada 2017/2018 meski tak juara. Namun, performa mereka kembali menurun pada musim 2018/2019. Pelatih MU saat itu, Jose Mourinho, mulai kesulitan mengangkat Setan Merah sehingga akhirnya dipecat. Posisinya pun digantikan oleh Ole Gunnar Solskjaer pada paruh musim.

Bersama Solskjaer, United awalnya sempat tampil menjanjikan. Bahkan, kala itu mereka sempat meraih kemenangan beruntun. Namun, mereka jeblok lagi menjelang akhir musim. Alhasil, posisi empat besar pun kembali lepas karena mereka hanya finis di tangga ke-6. Manchester United juga gagal tampil maksimal di tiga ajang lain sehingga lagi-lagi harus puasa gelar.

4. Musim 2019/2020

5 Musim Terburuk Manchester United sejak Ditinggal Sir Alex FergusonBruno Fernandes dan Victor Lindelof berdebat ketika Manchester United dikalahkan Sevilla di Europa League 2019/2020. (skysports.com)

Musim 2019/2020 menjadi musim penuh pertama bagi Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih Manchester United. Mereka sempat terseok-seok di awal musim, tetapi mulai mengganas menjelang akhir. Namun, kebangkitan itu tetap terlambat bagi United sehingga mereka hanya finis di posisi ketiga.

Secara permainan, United sebenarnya tampil cukup solid pada 2019/2020. Namun, musim itu tetap terbilang buruk bagi mereka karena hasil akhir yang menyesakkan. United sukses mencapai semi final Piala FA, Piala Liga, serta Europa League, tetapi gugur pada ketiga laga semi final tersebut.

Sudah begitu, Manchester United juga harus menerima kenyataan bahwa yang jadi juara Premier League 2019/2020 adalah rival abadi mereka, Liverpool. The Reds pun menambah koleksi trofi liga milik mereka menjadi 19 trofi; makin mengejar United yang punya 20 trofi.

5. Musim 2021/2022

5 Musim Terburuk Manchester United sejak Ditinggal Sir Alex Fergusonekspresi Cristiano Ronado dan Bruno Fernandes ketika Manchester United dikalahkan Liverpool di Premier League 2021/2022 (skysports.com)

Musim 2021/2022 ini juga pantas disebut salah satu musim terburuk United sejak ditinggal Sir Alex Feguson. Meski musim belum berakhir, Setan Merah sudah hampir dipastikan bakal kembali puasa gelar. Dengan demikian, sudah 5 tahun berjalan sejak terakhir kali mereka mengangkat trofi pada 2017.

Performa United yang buruk pada paruh pertama musim sampai menyebabkan Ole Gunnar Solskjaer dipecat. Ralf Rangnick sebagai pelatih pengganti pun belum benar-benar bisa mengangkat performa mereka. Manchester United kini masih terdampar di posisi ke-7 Premier League setelah 30 pekan. Mereka pun terancam gagal lolos ke Liga Champions musim depan.

Derita United bakal makin bertambah jika Liverpool akhirnya kembali jadi juara liga musim ini sehingga menyamai jumlah trofi mereka. Kalaupun bukan Liverpool, gelar juara bakal jatuh ke tangan Manchester City, rival sekota mereka. Kini, United hanya bisa berjuang mengejar posisi empat besar demi sedikit melipur lara.

Manchester United kesulitan menemukan kejayaan masa lalu sejak ditinggal Sir Alex Ferguson. Setan Merah pasti berharap musim-musim seperti di atas tak akan terulang pada mereka di masa depan. Fans United, apakah kamu optimis klub jagoanmu akan bangkit musim 2022/2023 mendatang?

Baca Juga: Manchester United Terbelah Akibat Ten Hag

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya