6 Negara Benua Afrika yang Paling Sering Tampil di Piala Dunia FIFA

Dua negara pernah mencapai perempat final

Di dunia sepak bola, negara-negara di Benua Afrika memang kalah prestasi dibanding negara Eropa dan Amerika Latin. Namun, kualitas negara Afrika tetap tak bisa diremehkan. Beberapa kali, negara-negara Afrika membuat kejutan di Piala Dunia FIFA dengan mengalahkan tim kuat, bahkan melaju cukup jauh.

Sepanjang sejarah, ada tiga belas negara Afrika yang pernah ikut serta di Piala Dunia. Di antara mereka, enam negara berikut ini adalah yang paling sering tampil. Bagaimana prestasi mereka di Piala Dunia sejauh ini? Berikut ini ulasannya.

1. Kamerun (8 kali)

6 Negara Benua Afrika yang Paling Sering Tampil di Piala Dunia FIFAPara pemain Timnas Kamerun merayakan gol. (instagram.com/fecafootofficiel)

Negara Afrika dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia sejauh ini adalah Kamerun. Timnas Kamerun sejauh ini sudah lolos ke delapan edisi Piala Dunia, termasuk Piala Dunia 2022. Kamerun juga adalah negara Afrika pertama yang mencapai perempat final Piala Dunia, tepatnya pada edisi 1990.

Sayangnya, selain tahun 1990, perjalanan Kamerun di Piala Dunia selalu mentok di fase grup. Di Piala Dunia 2022, Kamerun tergabung di grup G bersama Brasil, Serbia, dan Swiss. Mampukah Kamerun lolos dari fase grup Piala Dunia untuk kedua kalinya?

2. Nigeria (6 kali)

6 Negara Benua Afrika yang Paling Sering Tampil di Piala Dunia FIFAPara pemain Timnas Nigeria merayakan gol. (instagram.com/ng_supereagles)

Sementara itu, Nigeria sudah merasakan enam kali tampil di Piala Dunia. Nigeria lebih sering lolos dari fase grup dibanding Kamerun, tepatnya tiga kali pada 1994, 1998, dan 2014. Namun, capaian terbaik mereka hanya sampai babak enam belas besar.

Sayangnya, Nigeria tidak akan tampil di Piala Dunia 2022. Mereka tersingkir pada putaran terakhir babak kualifikasi hanya gara-gara kalah gol tandang dari Ghana. Ini adalah pertama kali Nigeria gagal lolos ke Piala Dunia sejak 2006.

3. Tunisia (6 kali)

6 Negara Benua Afrika yang Paling Sering Tampil di Piala Dunia FIFAPara pemain Timnas Tunisia merayakan gol. (instagram.com/foottn)

Tunisia juga sudah enam kali lolos ke Piala Dunia, termasuk edisi 2022. Sayangnya, prestasi mereka terbilang buruk karena selalu tersingkir pada fase grup. Tunisia pun menjadi negara Afrika yang paling sering tampil di Piala Dunia tanpa melewati babak grup.

Di Piala Dunia 2022, Tunisia berada satu grup dengan Prancis, Denmark, dan Australia. Prancis merupakan juara bertahan, sementara Denmark melewati babak kualifikasi dengan poin nyaris sempurna. Sepertinya, tahun ini pun Tunisia masih belum bisa merasakan lolos dari fase grup Piala Dunia.

Baca Juga: Demi Piala Dunia 2022, Kualifikasi Piala Afrika 2023 Digeser

4. Maroko (6 kali)

6 Negara Benua Afrika yang Paling Sering Tampil di Piala Dunia FIFApotret skuad Timnas Maroko (instagram.com/equipedumaroc)

Satu lagi negara Afrika yang pernah lolos ke enam edisi Piala Dunia adalah Maroko. Capaian terbaik mereka sejauh ini adalah babak perdelapan final Piala Dunia 1986. Selebihnya, Maroko selalu tersisih pada fase grup.

Pada Piala Dunia 2018 lalu, Maroko sebenarnya sempat tampil apik. Mereka hanya kalah 0-1 dari Portugal serta sukses menahan imbang Spanyol. Namun, pada akhirnya Maroko tetap gugur sebagai juru kunci grup. Bisakah mereka meraih prestasi lebih baik di Piala Dunia 2022 nanti?

5. Ghana (4 kali)

6 Negara Benua Afrika yang Paling Sering Tampil di Piala Dunia FIFAPara pemain Timnas Ghana merayakan gol. (instagram.com/blackstarsofghanafa_)

Selain Kamerun, hanya ada satu negara Afrika yang pernah mencapai perempat final Piala Dunia. Mereka adalah Ghana yang sukses melakukannya pada Piala Dunia 2010. Saat itu Ghana bahkan nyaris lolos ke semifinal andai sepakan penalti Asamoah Gyan pada pengujung laga perempat final masuk ke gawang Uruguay.

Kebetulan, di Piala Dunia 2022 nanti Ghana berada satu grup dengan Uruguay. Aroma balas dendam pasti akan mewarnai laga tersebut. Piala Dunia 2022 sendiri bakal jadi edisi keempat bagi Ghana. Selain Uruguay, Ghana juga harus melewati hadangan Portugal dan Korea Selatan untuk lolos dari fase grup.

6. Aljazair (4 kali)

6 Negara Benua Afrika yang Paling Sering Tampil di Piala Dunia FIFAPara pemain Timnas Aljazair merayakan gol. (instagram.com/lesverts.faf)

Aljazair juga sudah empat kali berlaga di Piala Dunia. Dalam tiga penampilan pertama, langkah Aljazair selalu terhenti di fase grup. Namun, mereka akhirnya berhasil mencapai babak enam belas besar di Piala Dunia 2014. Aljazair baru tersingkir setelah dikalahkan Jerman yang akhirnya jadi juara dunia.

Sayangnya, setelah itu Aljazair malah belum pernah lagi tampil di Piala Dunia. Piala Dunia 2022 pun gagal mereka capai setelah disingkirkan Kamerun di putaran terakhir kualifikasi. Prestasi buruk Aljazair pun berlanjut setelah di Piala Afrika 2021 lalu mereka gugur di babak grup.

 

Sejauh ini, prestasi terbaik negara Afrika di Piala Dunia adalah babak perempat final. Adakah negara Afrika yang bisa memecahkan rekor tersebut dan mencapai babak semifinal di Piala Dunia 2022 nanti?

Baca Juga: 7 Fakta Sierra Leone, Negara di Afrika dengan Kekayaan Alam Beragam

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya