5 Negara Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Piala Dunia

Semuanya tampil di Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 Qatar diikuti oleh enam negara Asia. Selain tuan rumah Qatar, ada lima negara lain yang lolos melalui babak kualifikasi. Mereka adalah Korea Selatan, Jepang, Australia, Arab Saudi, dan Iran.

Qatar memang tampil buruk dan gugur pada fase grup tanpa poin. Namun, lima negara lainnya berhasil meraih kemenangan. Tiga di antaranya bahkan mencapai babak 16 besar, sehingga menjadi rekor pencapaian baru untuk wakil Asia di Piala Dunia.

Kebetulan, kelima negara tersebut juga adalah negara Asia dengan torehan gol terbanyak di Piala Dunia. Beginilah urutan jumlah gol mereka di Piala Dunia sejauh ini.

1. Korea Selatan (39 gol)

5 Negara Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Piala DuniaPara pemain Timnas Korea Selatan merayakan gol di Piala Dunia 2022. (instagram.com/kfa)

Peringkat pertama tentu ditempati Korea Selatan. Sebagai negara Asia yang paling sering tampil di Piala Dunia, wajar jika Taegeuk Warriors punya koleksi gol terbanyak.

Korea Selatan sukses mencetak 39 gol dalam 38 laga yang mereka lakoni di 11 edisi Piala Dunia. Itu termasuk 5 gol yang mereka ciptakan dalam 4 pertandingan Piala Dunia 2022.

Sayangnya, pertahanan Korea Selatan juga rapuh sehingga kebobolan delapan kali. Bahkan, Korea Selatan sudah kebobolan 78 kali di Piala Dunia sejauh ini alias lebih dari 2 gol per laga.

2. Jepang (25 gol)

5 Negara Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Piala DuniaPara pemain Timnas Jepang merayakan gol di Piala Dunia 2022. (instagram.com/japanfootballassociation)

Negara Asia dengan penampilan terbanyak kedua di Piala Dunia adalah Jepang, yaitu tujuh kali. Maka, Jepang pun menjadi wakil Asia dengan gol terbanyak kedua. Samurai Biru punya koleksi 25 gol dalam 25 pertandingan di Piala Dunia.

Di Piala Dunia 2022, Jepang mencetak 5 gol dalam 4 laga, sama seperti Korea Selatan. Mereka juga sempat membuat kejutan dengan menumbangkan Jerman dan Spanyol. Namun, Jepang lagi-lagi belum bisa melaju lebih jauh dari babak 16 besar sepanjang keikutsertaan di Piala Dunia.

Baca Juga: Cho Gue Sung, Pencetak Brace Pertama Korea Selatan di Piala Dunia

3. Australia (17 gol)

5 Negara Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Piala DuniaPara pemain Timnas Australia merayakan gol di Piala Dunia 2022. (instagram.com/socceroos)

Australia, Arab, Saudi, dan Iran sama-sama pernah tampil dalam enam edisi Piala Dunia. Namun, jumlah pertandingan Australia lebih banyak, yaitu 20 laga. Maka, total gol Socceroos pun lebih unggul, yaitu 17 gol.

Semua gol tersebut tercipta setelah Australia jadi anggota Konfederasi Sepak Bola Asia pada 2006. Australia pernah pula jadi wakil Oceania di Piala Dunia 1974, tetapi saat itu mereka gagal mencetak gol.

Di Piala Dunia 2022, Australia adalah satu-satunya wakil Asia yang selalu mencetak gol di tiap laga. Totalnya adalah 4 gol dalam 4 pertandingan. Socceroos bahkan sempat menyulitkan Argentina di perdelapan final, meski akhirnya tetap tersingkir.

4. Arab Saudi (14 gol)

5 Negara Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Piala DuniaPara pemain Timnas Arab Saudi merayakan gol di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Tak hanya Australia, Arab Saudi juga sempat membuat Argentina kerepotan di Piala Dunia 2022. Bahkan, Arab Saudi sukses mengalahkan Tim Tango di partai pembuka Grup C. Sayangnya, setelah itu Green Falcons kalah dua kali beruntun sehingga harus pulang.

Dalam 3 laga fase grup Piala Dunia 2022, Arab Saudi mencetak 3 gol. Total gol mereka di Piala Dunia pun bertambah jadi 14 gol dalam 19 pertandingan. Edisi terbaik Arab Saudi sejauh ini masih Piala Dunia 1998, di mana mereka sukses mencapai perdelapan final.

5. Iran (13 gol)

5 Negara Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Piala DuniaPara pemain Timnas Iran merayakan gol di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Iran adalah negara Asia yang paling sering tampil di Piala Dunia tanpa lolos dari fase grup. Di Piala Dunia 2022, Iran nyaris berhasil melakukannya untuk pertama kali. Namun, kekalahan dari Amerika Serikat di partai terakhir Grup B menggagalkan mereka.

Meski demikian, Piala Dunia 2022 menjadi edisi tersubur bagi Iran. Mereka mencetak 4 gol dalam 3 laga fase grup. Secara total, koleksi gol Iran di Piala Dunia kini mencapai 13 gol dalam 18 pertandingan.

Banyaknya gol di Piala Dunia berbanding lurus dengan prestasi di ajang tersebut. Jika para wakil Asia bisa tampil lebih tajam lagi di Piala Dunia, mereka berpeluang melaju cukup jauh.

Baca Juga: 5 Momen Gol Ritsu Doan Bersama Timnas Jepang, Andalan! 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya