7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Main di Serie A, Ada Korea Utara

Indonesia kapan ya?

Kekuatan sepakbola Asia memang bukanlah yang terhebat di dunia sepakbola. Baik secara kualitas maupun prestasi, negara-negara Asia masih kesulitan bersaing dengan Eropa maupun Amerika Selatan. Namun sebenarnya dalam beberapa dekade terakhir, negara-negara Asia semakin sering menelurkan pemain-pemain hebat yang layak bermain di Eropa.

Salah satu liga top Eropa yang sudah berhasil ditembus para pemain Asia adalah Serie A Italia. Sejak dulu, para pemain dari berbagai negara Asia sudah pernah bermain di Serie A. Setidaknya ada 7 negara Asia yang pemainnya pernah berlaga di Serie A. Mau tahu negara apa saja? Ini dia ulasannya.

1. Jepang 

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Main di Serie A, Ada Korea UtaraHidetoshi Nakata (egypttoday.com)

Salah satu negara Asia yang pemainnya paling banyak berlaga di Serie A tentu adalah Jepang. Sebagai salah satu negara terkuat di Asia, Jepang memang memiliki banyak pemain berkualitas yang pernah berlaga di liga top Eropa, salah satunya Serie A. Salah satu yang paling terkenal adalah Hidetoshi Nakata, yang berlaga di Serie A sejak 1998 hingga 2005.

Nakata pernah membela beberapa tim Serie A seperti AS Roma dan Fiorentina, bahkan sempat meraih Scudetto 2000-01 bersama Roma. Ada pula Yuto Nagatomo, fullback yang pernah membela Inter Milan pada 2011 hingga 2018. Satu nama lagi yang pasti kamu kenal adalah Keisuke Honda, yang membela AC Milan pada 2013 hingga 2017.

2. Korea Selatan 

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Main di Serie A, Ada Korea UtaraAhn Jung Hwan (cultofcalcio.com)

Selain Jepang, negara Asia yang terkenal dengan kekuatannya di sepakbola adalah Korea Selatan. Negeri Ginseng juga memiliki banyak pemain hebat yang pernah berlaga di Eropa. Namun uniknya, ternyata hanya ada 2 pemain asal Korea Selatan yang pernah bermain di Serie A.

Mereka adalah Ahn Jung Hwan serta Lee Seung Woo. Dari keduanya, yang lebih populer adalah Ahn Jung Hwan, striker yang bermain untuk Perugia pada 2000 hingga 2002. Ahn sempat terlibat konflik dengan Perugia menyusul insiden antara negaranya dengan timnas Italia di Piala Dunia 2002, hingga akhirnya ia hengkang dari Perugia secara kontroversial.

3. Korea Utara 

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Main di Serie A, Ada Korea UtaraHan Kwang Song (tuttosport.com)

Negara tetangga Korea Selatan yaitu Korea Utara ternyata juga pernah memiliki pemain yang berlaga di Serie A. Hal itu memang mengejutkan karena Korea Utara tak punya tradisi kuat di dunia sepakbola. Selain itu, negara tersebut juga terkenal sangat tertutup terhadap dunia luar.

Namun pada 2017 ada seorang pemain Korea Utara yang bergabung dengan klub Serie A, yaitu Han Kwang Song. Ia bermain untuk Cagliari hingga 2020, dan sempat dipinjamkan ke Juventus. Meski akhirnya hanya bermain 12 kali di Serie A, Han Kwang Song tetap sukses mengangkat nama Korea Utara di kancah sepakbola Eropa.

Baca Juga: 7 Mantan Pemain Empoli yang Sukses Merebut Gelar Serie A di Klub Lain

4. Iran 

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Main di Serie A, Ada Korea UtaraRahman Rezaei (calciopedia.com)

Iran juga pernah memiliki dua pemain yang berlaga di Serie A. Pertama adalah Ali Samereh, striker yang membela Perugia pada musim 2001-02 sebagai pinjaman dari Esteghlal, klub di negara asalnya.

Kedua adalah Rahman Rezaei, bek yang membela Perugia pada 2001 hingga 2003. Selain Perugia, ia juga pernah bermain untuk Messina dan Livorno. Secara total, Rezaei bermain selama 6 musim di Serie A, dan mencatat total 128 penampilan dan sumbangan 6 gol.

5. Irak 

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Main di Serie A, Ada Korea UtaraAli Adnan (90min.com)

Sementara Irak diwakili oleh satu nama yaitu Ali Adnan, wingback yang merumput di Italia bersama Udinese pada 2015 hingga 2019. Adnan juga sempat dipinjamkan ke Atalanta pada musim terakhirnya di Udinese. Adnan total mencatat 68 laga di Serie A dan mencetak 1 gol serta 2 assist.

6. Uzbekistan 

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Main di Serie A, Ada Korea UtaraEldor Shomurodov (calcionews24.com)

Berikutnya ada Uzbekistan, negara di Asia Tengah yang timnasnya pernah menjadi semifinalis Piala Asia. Ada dua pemain Uzbekistan yang pernah berlaga di Seria A, yaitu Ilyos Zeytulayev yang membela Reggina pada 2004 hingga 2006, serta Eldor Shomurodov yang mulai membela Genoa sejak awal musim ini.

Zeytulayev sebenarnya pernah bergabung dengan Juventu, tapi ia tak pernah dapat kesempatan tampil di Serie A. Pada akhirnya, ia hanya tampil 2 kali di Serie A bersama Reggina. Sementara Shomurodov yang berposisi striker sudah bermain 29 kali di Serie A sejauh ini, dan kemungkinan besar akan terus bertambah karena masih terikat kontrak hingga 2024.

7. Kazakhstan 

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Main di Serie A, Ada Korea UtaraAlexander Merkel (fussballeck.com)

Last but not least, ada Kazakhstan, yang diwakili oleh Alexander Merkel. Merkel adalah gelandang berdarah Kazakhstan-Jerman yang memilih untuk bermain bagi timnas senior Kazakhstan. Merkel pernah bermain di Serie A bersama AC Milan, Genoa, dan Udinese. Merkel total mencatat 32 penampilan di Serie A dan mencetak 1 gol serta 3 assist.


Itulah 7 negara Asia yang pemainnya pernah berlaga di Serie A. Kalau menurutmu, bisakah suatu saat nanti pemain asli Indonesia berlaga di Serie A?

sumber:

https://www.transfermarkt.com/hidetoshi-nakata/erfolge/spieler/5875

https://www.footchampion.com/the-story-of-ahn-jung-hwan-who-was-kicked-out-from-serie-a/

https://www.transfermarkt.com/kwang-song-han/leistungsdaten/spieler/402193

https://www.transfermarkt.com/rahman-rezaei/leistungsdatenverein/spieler/5218

https://www.transfermarkt.com/ali-adnan/leistungsdatenverein/spieler/261611

https://www.transfermarkt.com/eldor-shomurodov/leistungsdatenverein/spieler/358166

https://www.transfermarkt.com/alexander-merkel/leistungsdatenverein/spieler/86926

Baca Juga: 5 Debutan Termuda di Kompetisi Serie A Italia Sepanjang Sejarah

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya