Pernah Tampil, 5 Negara Ini Gagal Mencetak Gol di Piala Dunia

Termasuk Indonesia, lho

Sepanjang sejarah, Piala Dunia FIFA telah diikuti oleh 80 negara. Itu termasuk Qatar yang baru akan melakoni debut di Piala Dunia 2022. Beberapa negara pernah berkali-kali tampil, bahkan sudah jadi langganan lolos ke Piala Dunia.

Sementara itu, ada pula negara yang hanya pernah satu kali tampil di Piala Dunia. Sudah begitu, mereka gagal memberi kesan berarti karena tidak mencetak gol sama sekali. Berikut merupakan sederet negara yang pernah tampil di Piala Dunia tetapi gagal mencetak gol.

1. Indonesia

Pernah Tampil, 5 Negara Ini Gagal Mencetak Gol di Piala Duniapara pemain Hindia Belanda alias Indonesia di Piala Dunia 1938 (the-afc.com)

Hingga kini, masyarakat Indonesia masih bertanya-tanya kapan Indonesia bisa tampil di Piala Dunia. Secara teknis, pertanyaan itu sebenarnya sudah ada jawabannya. Indonesia tampil di Piala Dunia pada tahun 1938. Hanya saja, saat itu negara kita masih bernama Hindia Belanda.

Dengan demikian, Indonesia sebenarnya adalah negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia. Sayangnya, Timnas Indonesia langung tersingkir pada putaran pertama. Mereka kalah 0-6 dari Hungaria dan langsung gugur karena Piala Dunia 1938 memakai sistem gugur sejak awal.

Selain gagal mencetak gol, Indonesia pun tercatat sebagai satu-satunya negara yang hanya pernah bermain satu pertandingan di Piala Dunia. Sejak itu, Indonesia terus mencoba lolos lagi ke Piala Dunia, tetapi terus menuai kegagalan.

2. Republik Demoratik Kongo

Pernah Tampil, 5 Negara Ini Gagal Mencetak Gol di Piala DuniaZaire alias Republik Demokratik Kongo melawan Brasil di Piala Dunia 1974. (fifa.com)

Republik Demokratik Kongo alias RD Kongo juga menelan hasil memalukan kala berlaga di Piala Dunia. RD Kongo tampil di Piala Dunia 1974 saat masih bernama Zaire. Di fase grup, RD Kongo tergabung dengan Yugoslavia, Brasil, dan Skotlandia.

Hasilnya, RD Kongo kalah dari ketiga lawannya. Mereka bahkan sempat dihajar 0-9 oleh Yugoslavia. RD Kongo pun mengakhiri Piala Dunia 1974 dengan nol poin dan selisih gol 0-14. Hanya ada satu negara yang punya statistik lebih buruk dari RD Kongo di Piala Dunia, yaitu Honduras.

Baca Juga: 5 Pemain Borussia Dortmund yang Dibawa Jerman ke Piala Dunia 2022

3. Kanada

Pernah Tampil, 5 Negara Ini Gagal Mencetak Gol di Piala DuniaKanada melawan Prancis di Piala Dunia 1986. (fifa.com)

Berikutnya, ada Kanada yang juga baru tampil satu kali di Piala Dunia. Kanada berlaga di Piala Dunia 1986 untuk jadi bulan-bulanan di fase grup. Mereka mengakhiri tiga laga dengan kekalahan serta gagal mencetak gol dan kebobolan lima kali.

Namun, catatan buruk itu sepertinya bakal segera diperbaiki Kanada. Kanada akan tampil di Piala Dunia 2022 sekaligus berpeluang besar mencetak gol perdana, bahkan mungkin meraih prestasi yang lebih jauh. Kualitas Kanada telah terbukti kala mampu mengungguli Amerika Serikat dan Meksiko pada kualifikasi Piala Dunia 2022.

4. China

Pernah Tampil, 5 Negara Ini Gagal Mencetak Gol di Piala DuniaPara pemain China dan Kosta Rika memasuki lapangan di Piala Dunia 2002. (fifa.com)

China adalah salah satu negara adidaya di dunia olahraga. Namun, prestasi Negeri Tirai Bambu di cabang sepak bola terbilang buruk. China baru sekali tampil di Piala Dunia, yaitu pada edisi 2002. Saat itu, mereka juga dipermalukan di fase grup setelah kalah tiga kali beruntun.

China kalah 0-2 dari Kosta Rika, 0-4 dari Brasil, dan 0-3 dari Turki. China pun menjadi juru kunci grup tanpa poin maupun gol. Prestasi terbaik China di dunia sepak bola sendiri hanyalah dua kali menjadi runner-up Piala Asia pada 1984 dan 2004.

5. Trinidad dan Tobago

Pernah Tampil, 5 Negara Ini Gagal Mencetak Gol di Piala DuniaPara pemain Trinidad dan Tobago merayakan hasil imbang melawan Swedia di Piala Dunia 2006. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Satu lagi negara yang pernah tampil di Piala Dunia tetapi gagal mencetak gol adalah Trinidad dan Tobago. Trinidad dan Tobago adalah sebuah negara kecil di Karibia. Mereka bahkan tercatat sebagai negara dengan jumlah penduduk paling sedikit kedua yang pernah tampil di Piala Dunia.

Momen itu terjadi pada Piala Dunia 2006, dimana Trinidad dan Tobago berhasil lolos meski hanya memiliki 1,37 juta penduduk. Mereka bahkan sempat menahan imbang Swedia 0-0 pada laga perdana Grup B. Padahal, Trinidad dan Tobago harus bermain dengan sepuluh orang sejak menit 46.

Sayangnya, kejutan Trinidad dan Tobago tak bertahan lama. Mereka kalah dari Inggris dan Paraguay dalam dua laga berikutnya sekaligus kembali gagal mencetak gol. Trinidad dan Tobago pun tersingkir dengan raihan 1 poin dan selisih gol 0-4.

Penampilan di Piala Dunia akan makin berkesan jika sebuah tim berhasil mencetak setidaknya satu gol. Sayangnya, kelima negara di atas gagal melakukannya. Di antara mereka, Kanada berpeluang segera mencetak gol pertama di Piala Dunia 2022 ini. Mampukah mereka melakukannya?

Baca Juga: 10 Alumnus Piala Dunia yang Jadi Pelatih di Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya