5 Pelatih dengan Rekor Apik saat Menghadapi Carlo Ancelotti

Termasuk Pep Guardiola

Carlo Ancelotti adalah salah satu pelatih terbaik di dunia. Pria asal Italia itu memiliki karier yang luar biasa. Ia satu-satunya pelatih yang pernah juara di lima liga top Eropa. Ancelotti juga punya koleksi empat trofi Liga Champions Eropa.

Sejak melatih pada 1995, Ancelotti telah menghadapi ratusan pelatih. Ia berhasil mengungguli banyak pelatih, tetapi ada pula beberapa yang kerap membuatnya kesulitan.

Berikut lima pelatih dengan rekor apik saat menghadapi Carlo Ancelotti.

1. Luciano Spalletti

5 Pelatih dengan Rekor Apik saat Menghadapi Carlo AncelottiLuciano Spalletti (asroma.com)

Luciano Spalletti adalah pelatih paling sering dihadapi Carlo Ancelotti. Sejauh ini, Spalletti telah 24 kali berhadapan dengan Ancelotti. Hasilnya, Spalletti lebih unggul dengan catatan 11 kemenangan berbanding 8 kekalahan.

Sebagian besar pertemuan mereka terjadi saat Ancelotti melatih AC Milan. Namun, kini keduanya sudah jarang berjumpa karena berbeda liga. Pertemuan terakhir mereka terjadi pada 2019 saat Ancelotti membawa Napoli menang 4-1 atas Inter Milan yang dilatih Spalletti.

2. Pep Guardiola

5 Pelatih dengan Rekor Apik saat Menghadapi Carlo AncelottiPep Guardiola (mancity.com)

Pep Guardiola juga punya rekor positif saat melawan Carlo Ancelotti. Guardiola pernah mengalahkan Ancelotti 5 kali dalam 8 pertandingan. Sebagian besar kemenangan tersebut diraih saat Ancelotti membesut Everton pada 2019–2021.

Sementara, di Liga Champions, Guardiola lebih sering kalah dari Ancelotti. Dalam 4 pertemuan, ia hanya bisa menang 1 kali dan keok 3 kali. Guardiola pun pernah dua kali disingkirkan Ancelotti dari Liga Champions, termasuk di semifinal 2021/2022.

Musim 2022/2023 ini, Guardiola dan Ancelotti bersua lagi di semifinal Liga Champions. Ini adalah kesempatan Guardiola untuk membalas kekalahan musim lalu. Guardiola juga berpeluang membawa Manchester City merebut trofi Liga Champions perdana.

Baca Juga: Real Madrid Bidik Julian Nagelsmann Demi Gantikan Ancelotti

3. Claudio Ranieri

5 Pelatih dengan Rekor Apik saat Menghadapi Carlo AncelottiClaudio Ranieri (asroma.com)

Ada pula Claudio Ranieri, pelatih senior asal Italia. Ranieri pernah beradu taktik dengan Carlo Ancelotti dalam tujuh laga. Hasilnya, Ranieri unggul dengan 3 kali menang, 3 kali imbang, dan 1 kali kalah.

Meski unggul pertemuan, Ranieri jelas kalah jauh dari Ancelotti dalam raihan trofi. Ranieri baru punya satu trofi liga sejauh ini, yaitu English Premier League 2015/2016 bersama Leicester City. Saat ini, Ranieri sendiri sedang membesut Cagliari di Serie B Italia.

4. Massimiliano Allegri

5 Pelatih dengan Rekor Apik saat Menghadapi Carlo AncelottiMassimiliano Allegri (juventus.com)

Massimiliano Allegri pernah 3 kali menang dan 1 kali kalah atas Carlo Ancelotti. Satu-satunya kekalahan Allegri dari Ancelotti sudah lama terjadi, yaitu pada 2009. Saat itu, Cagliari yang dipimpin Allegri kalah 0-1 dari AC Milan besutan Ancelotti.

Sementara, sejak melatih Juventus, Allegri tak pernah kalah dari Ancelotti. Bahkan, Juventus besutan Allegri pernah menaklukkan Real Madrid yang ditangani Ancelotti di Liga Champions. Itu terjadi di semifinal Liga Champions 2014/2015 dengan agregat 3-2.

5. Ole Gunnar Solskjaer

5 Pelatih dengan Rekor Apik saat Menghadapi Carlo AncelottiOle Gunnar Solskjaer (premierleague.com)

Satu nama terakhir mungkin terbilang tidak disangka. Ole Gunnar Solskjaer ternyata juga punya rekor positif menghadapi Carlo Ancelotti. Dalam 4 pertemuan, Solskjaer 2 kali menang, 2 kali seri, dan tidak pernah kalah.

Hasil itu sebenarnya tak terlalu mengejutkan. Pasalnya, semua laga terjadi saat Solskjaer membesut Manchester United dan Ancelotti menangani Everton. Ancelotti justru patut dipuji karena dua kali membawa Everton mengimbangi Manchester United.

Salah satu pelatih di atas, Pep Guardiola, segera berhadapan dengan Carlo Ancelotti. Pertemuan terjadi di semifinal Liga Champions 2022/2023 antara Real Madrid dan Manchester City. Siapa yang akan keluar sebagai pemenang?

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Carlo Ancelotti sebagai Pelatih AC Milan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya