5 Pelatih yang Pernah Menangani Borussia Dortmund dan Bayern Munich

Thomas Tuchel jadi nama terbaru

Thomas Tuchel telah ditunjuk jadi pelatih baru Bayern Munich. Tuchel diplot sebagai pengganti Julian Nagelsmann yang belum lama ini dipecat. Bersama Nagelsmann, performa Bayern pada 2022/2023 memang terbilang menurun. Tuchel pun diharap bisa membawa perubahan positif.

Penunjukkan Tuchel sebagai pelatih Bayern Munich sendiri cukup menarik. Pasalnya, sebelumnya ia pernah menangani Borussia Dortmund, rival Bayern Munich di Bundesliga. Namun, Tuchel sebenarnya bukan pelatih pertama yang pernah menjadi nakhoda Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Termasuk Tuchel, inilah lima pelatih yang pernah menangani Bayern Munich dan Borussia Dortmund.

1. Udo Lattek

5 Pelatih yang Pernah Menangani Borussia Dortmund dan Bayern MunichUdo Lattek (fcbayern.com)

Udo Lattek adalah pelatih legendaris Jerman yang bergelimang sukses selama melatih. Periode tersukses Lattek adalah saat ia menangani Bayern Munich. Lattek pernah melatih Bayern pada dua periode berbeda, yaitu 1970–1975 dan 1983–1987.

Secara total, Lattek mengantarkan Bayern meraih 10 trofi, termasuk 6 trofi Bundesliga Jerman. Lattek juga berjasa membawa Bayern menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya pada 1973/1974.

Selain Bayern, Lattek juga pernah menjadi pelatih Borussia Dortmund pada 1979–1981. Sayangnya, ia tak berhasil mempersembahkan trofi bagi Dortmund. Klub lain yang pernah meraih gelar juara bersama Lattek adalah Borussia Monchengladbach dan Barcelona.

2. Erich Ribbeck

5 Pelatih yang Pernah Menangani Borussia Dortmund dan Bayern MunichErich Ribbeck (dfb.de)

Erich Ribbeck juga pernah menjadi pelatih Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Namun, prestasinya bersama kedua klub tersebut kurang impresif. Ia gagal membawa Bayern dan Dortmund meraih trofi sehingga tak bertahan lama menjadi pelatih mereka.

Meski demikian, bukan berarti Ribbeck adalah pelatih kelas teri. Ia sempat menangani Bayern Leverkusen dan sukses membawa mereka juara Piala UEFA 1977/1978. Itu jadi satu-satunya trofi yang diraih Ribbeck selama berkarier sebagai pelatih.

Baca Juga: Rekor Thomas Tuchel Menghadapi Bayern Munich sebagai Pelatih Lawan

3. Otto Rehhagel

5 Pelatih yang Pernah Menangani Borussia Dortmund dan Bayern MunichOtto Rehhagel (bundesliga.com)

Berikutnya ada Otto Rehhagel, pelatih yang paling populer saat membawa Timnas Yunani juara Piala Eropa 2004. Selain itu, Rehhagel juga pernah meraih trofi Bundesliga Jerman bersama dua klub. Mereka adalah Werder Bremen dan Kaiserslautern.

Rehhagel sebenarnya juga pernah menangani Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Namun, racikan strateginya gagal berbuah trofi bagi mereka. Rehhagel pun hanya dua musim menjadi pelatih Dortmund, sedangkan Bayern ia pimpin selama semusim.

4. Ottmar Hitzfeld

5 Pelatih yang Pernah Menangani Borussia Dortmund dan Bayern MunichOttmar Hitzfeld (fcbayern.com)

Adakah pelatih yang pernah sukses bersama Bayern Munich dan Borussia Dortmund? Ada! Ia adalah Ottmar Hitzfeld, salah satu pelatih tersukses asal Jerman.

Hitzfeld mempersembahkan lima trofi bagi Dortmund selama periode 1991–1997. Termasuk di antaranya adalah trofi Liga Champions 1996/1997. Hingga kini, itu masih menjadi satu-satunya gelar Liga Champions yang dimiliki Dortmund.

Setelah itu, Hitzfeld melatih Bayern pada dua periode berbeda, yaitu 1998–2004 dan 2007–2008. Hasilnya, total 14 trofi diraih Bayern, termasuk 5 Bundesliga dan 1 Liga Champions. Hitzfeld pun menjadi salah satu pelatih yang pernah juara Liga Champions bersama dua klub berbeda.

5. Thomas Tuchel

5 Pelatih yang Pernah Menangani Borussia Dortmund dan Bayern MunichThomas Tuchel (bvb.de)

Thomas Tuchel menjadi pelatih terbaru yang pernah menangani Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Tuchel lebih dulu jadi arsitek Dortmund pada 2015–2017. Satu trofi berhasil ia persembahkan pada musim 2016/2017, yaitu DFB-Pokal.

Di Bundesliga, Tuchel gagal membawa Dortmund menandingi kedigdayaan Bayern Munich. Ia pun belum pernah mengangkat trofi Bundesliga hingga kini. Namun, kini Tuchel punya peluang melakukannya untuk pertama kali bersama Bayern Munich.

Bayern sendiri tak pernah gagal juara Bundesliga sejak 2012/2013. Tuchel pasti diharapkan bisa membawa Bayern meneruskan rentetan itu musim ini. Selain itu, Bayern juga pasti membidik trofi Liga Champions, trofi yang pernah dimenangi Tuchel bersama Chelsea.

Thomas Tuchel pernah menangani Borussia Dortmund dan meraih trofi DFB-Pokal bersama mereka. Kini, ia diberi target yang lebih besar bersama Bayern Munich. Akankah Tuchel terbukti sebagai pelatih yang tepat bagi Bayern?

Baca Juga: Tuchel Tak Bicara ke Nagelsmann Usai Jadi Pelatih Bayern Munich

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya