4 Pelatih Spanyol Terakhir yang Membawa Barcelona Juara LaLiga

Xavi Hernandez akan segera menyusul

Barcelona berada di ambang gelar juara LaLiga Spanyol 2022/2023. Mereka bakal juara jika memenangi laga pekan ke-33 pada Senin (15/5/2023) dini hari WIB mendatang. Bahkan, pesta Barca bisa digelar lebih cepat jika Atletico Madrid dan Real Madrid gagal menang sehari sebelumnya.

Kepastian Barcelona jadi juara tinggal menunggu waktu. Trofi LaLiga musim ini akan jadi yang ke-27 bagi Barcelona. Ini sekaligus yang pertama di bawah pelatih Xavi Hernandez.

Xavi pun bakal bergabung ke jajaran pelatih Spanyol yang pernah membawa Barcelona juara LaLiga. Inilah empat nama terakhir yang sukses melakukannya. Ada Pep Guardiola hingga Ernesto Valverde.

1. Pep Guardiola

4 Pelatih Spanyol Terakhir yang Membawa Barcelona Juara LaLigaPep Guardiola (fcbarcelona.com)

Pelatih asing terakhir yang membawa Barcelona juara LaLiga adalah Frank Rijkaard. Setelah Rijkaard hengkang pada 2008, posisinya diisi Pep Guardiola. Saat itu, Guardiola baru punya pengalaman melatih selama 1 tahun bersama tim reserve Barcelona.

Siapa sangka, Guardiola menjelma menjadi salah satu pelatih terhebat yang pernah dimiliki Barcelona. Pada musim pertamanya saja ia langsung membawa Blaugrana meraih treble winners. Disusul tiga trofi lain, Barcelona meraih total enam trofi sepanjang 2009.

Guardiola melatih Barcelona hingga 2012. Total raihannya adalah 14 trofi, termasuk 3 trofi LaLiga dan 2 Liga Champions. Hingga kini, Guardiola masih berstatus salah satu pelatih terbaik dunia.

2. Tito Vilanova

4 Pelatih Spanyol Terakhir yang Membawa Barcelona Juara LaLigaTito Vilanova (fcbarcelona.com)

Pengganti Pep Guardiola adalah Tito Vilanova. Ia merupakan eks asisten Guardiola di Barcelona. Meski tak punya nama besar, Vilanova dipercaya menggantikan Guardiola karena memiliki kesamaan filosofi.

Benar saja, racikan Vilanova sukses meneruskan kejayaan Barcelona. Ia membawa Barca menjuarai LaLiga 2012/2013. Sayangnya, masalah kesehatan membuat Vilanova hanya bisa melatih Barcelona selama semusim. Vilanova akhirnya meninggal dunia pada April 2014.

Baca Juga: Rekor Mentereng Pep Guardiola di Final Piala Domestik

3. Luis Enrique

4 Pelatih Spanyol Terakhir yang Membawa Barcelona Juara LaLigaLuis Enrique (fcbarcelona.com)

Berikutnya, ada Luis Enrique, pelatih yang merupakan mantan pemain Barcelona. Enrique dipercaya menangani Barcelona pada 2014–2017. Hasilnya, ia sukses membawa Barcelona menyabet sembilan trofi dalam 3 musim.

Raihan itu mencakup 2 trofi LaLiga dan 1 Liga Champions. Enrique pun masih menjadi pelatih terakhir yang memenangi Liga Champions bersama Barcelona hingga kini. Setelah meninggalkan Barcelona pada 2017, Enrique belum pernah melatih klub lain lagi.

4. Ernesto Valverde

4 Pelatih Spanyol Terakhir yang Membawa Barcelona Juara LaLigaErnesto Valverde (fcbarcelona.com)

Sejauh ini, pelatih terakhir yang membawa Barcelona juara LaLiga adalah Ernesto Valverde. Itu terjadi pada 2017/2018 dan 2018/2019. Selain itu, Valverde juga mempersembahkan 1 trofi Copa del Rey dan 1 Piala Super Spanyol.

Sayangnya, Valverde dipecat Barcelona pada Januari 2020 menyusul rentetan hasil buruk. Sejak itu, prestasi Barcelona justru terus menurun. Baru pada 2022/2023 ini mereka kembali punya kans besar juara LaLiga.

Empat pelatih terakhir yang membawa Barcelona juara LaLiga berasal dari Spanyol. Xavi Hernandez segera menyusul mereka. Fans Barcelona pasti sudah siap berpesta menyambut gelar juara!

Baca Juga: 5 Rekrutan Perdana Xavi Hernandez Selama Membesut Barcelona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya