Comscore Tracker

5 Pemain Benua Afrika dengan Penampilan Terbanyak di Premier League 

Ada yang sukses raih belasan trofi di Inggris 

Sejak dulu, pesepakbola asal Afrika telah mendapatkan tempat di dunia sepakbola Eropa. Jumlahnya bahkan terus bertambah di era sepakbola modern. Tak terkecuali di Liga Primer Inggris, semakin banyak pemain asal Afrika yang dipercaya menjadi bagian dari tim, bahkan beberapa jadi bagian inti yang tak terpisahkan.

Karena lama melanglang buana di Premier League, beberapa pemain asal Afrika bahkan sampai mencatatkan ratusan penampilan. Mau tahu siapa saja pemain Afrika yang punya penampilan terbanyak di Premier League? Ini dia 5 nama teratas hingga saat ini.

5. Yakubu Aiyegbeni (252 penampilan) 

5 Pemain Benua Afrika dengan Penampilan Terbanyak di Premier League planetfootball.com

Striker asal Nigeria, Yakubu Aiyegbeni menempati posisi kelima daftar ini dengan 252 penampilan. Yakubu menghabiskan tak kurang dari 10 musim bermain di Premier League dan membela 4 klub. Yang terlama ia bela adalah Everton selama 4 musim, namun ia juga pernah membela Portsmouth, Middlesbrough, serta Blackburn Rovers.

Selama berkarier di Inggris, Yakubu memang gagal membawa tim yang dibelanya mengangkat trofi. Tapi ia tetap tercatat sebagai salah satu striker Afrika terhebat di Premier League. Jumlah golnya yang mencapai 95 gol menempatkannya di posisi ketiga pemain Afrika dengan koleksi gol terbanyak di Premier League, seperti dilansir Be Soccer.

4. Didier Drogba (254 penampilan) 

5 Pemain Benua Afrika dengan Penampilan Terbanyak di Premier League telegraph.co.uk

Sementara posisi puncak daftar pemain Afika dengan gol terbanyak di Premier League, ada nama Didier Drogba dengan 104 gol. Jumlah gol sebanyak itu ia ciptakan dalam 254 penampilan di Premier League, semuanya untuk satu klub yaitu Chelsea. Ya, striker asal Pantai Gading ini memang jadi salah satu aktor utama kejayaan The Blues yang dimulai sekitar tahun 2005.

Drogba juga tercatat sebagai salah satu pemain Afrika yang paling bergelimang trofi di Eropa. Di ajang Premier League saja ia sukses 4 kali mengangkat trofi. Sementara deretan trofi lain yang ia koleksi selama di Inggris mencakup 4 Piala FA, 3 Piala Liga, serta 1 Liga Champions.

Baca Juga: 7 Pemain Afrika Tertajam di Lima Liga Top Eropa, Siapa Juaranya? 

3. Nwankwo Kanu (273 penampilan) 

5 Pemain Benua Afrika dengan Penampilan Terbanyak di Premier League goal.com

Nama berikutnya adalah legenda Arsenal asal Nigeria, Nwankwo Kanu. Pemain berposisi striker ini membela Arsenal selama 5 musim dari tahun 1999 hingga 2004. Setelah itu, ia bermain untuk West Bromwich Albion lalu membela Portsmouth selama 6 musim di penghujung kariernya. Total 273 penampilan di Premier League ia persembahkan untuk ketiga klub tersebut.

Sebagai striker, Kanu berhasil mencatat 54 gol dan 31 assist di Premier League. Urusan trofi pun Kanu cukup sukses karena berhasil meraih 6 trofi selama di Inggris, 5 trofi untuk Arsenal dan 1 untuk Portsmouth. Ia juga termasuk pemain yang turut membawa Arsenal menjuarai Premier League tanpa terkalahkan pada 2003-04.

2. Shola Ameobi (298 penampilan) 

5 Pemain Benua Afrika dengan Penampilan Terbanyak di Premier League sportsmole.co.uk

Shola Ameobi mungkin bukan nama yang sangat akrab di kalangan penonton sepakbola masa kini. Klub yang setia dibelanya selama 14 musim adalah Newcastle United, yang bukan merupakan klub besar. Tapi striker asal Nigeria ini menempati posisi kedua pemain Afrika dengan penampilan terbanyak di Premier League, yaitu 298 penampilan.

Situs resmi Premier League mencatat bahwa dari seluruh penampilan tersebut, Ameobi mengoleksi 43 gol dan 20 assist bagi Newcastle. Ia memang gagal mengantarkan Newcastle meraih satu trofi pun, tapi Ameobi tetap dikenal sebagai salah satu legenda Newcastle dan salah satu pemain Afrika paling berpengalaman di Premier League.

1. Kolo Toure (353 penampilan) 

5 Pemain Benua Afrika dengan Penampilan Terbanyak di Premier League bbc.com

Duo kakak beradik Kolo dan Yaya Toure memang terkenal sebagai dua dari sekian banyak pemain Afrika tersukses yang pernah bermain di Premier League. Tapi meski sang adik Yaya terbilang punya nama yang lebih mentereng, Kolo Toure justru sukses mencatat penampilan lebih banyak di Premier League dengan 353 penampilan.

Total 14 musim dihabiskan Toure di Premier League, dan semuanya adalah bersama tim-tim besar yaitu Arsenal, Manchester City, dan Liverpool. Yang terlama ia bela adalah Arsenal yaitu selama 7 musim, yang sekaligus adalah periode tersuksesnya karena ia sukses mengangkat 5 trofi selama membela The Gunners.

Itulah 5 pemain Afrika dengan jumlah penampilan terbanyak di Premier League sepanjang masa. Adakah yang jadi pemain jagoanmu?

sumber:

https://www.transfermarkt.com/yakubu-aiyegbeni/detaillierteleistungsdaten/spieler/8559

https://www.besoccer.com/new/premier-league-s-top-african-scorers-787466

https://www.transfermarkt.com/didier-drogba/erfolge/spieler/3924

https://www.transfermarkt.co.in/nwankwo-kanu/detaillierteleistungsdaten/spieler/3133

https://www.transfermarkt.co.in/nwankwo-kanu/erfolge/spieler/3133

https://www.premierleague.com/players/1962/Shola-Ameobi/stats

https://www.premierleague.com/players/2002/player/stats

https://www.transfermarkt.com/kolo-toure/erfolge/spieler/3202

Baca Juga: 8 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya