5 Pemain Albania yang Pernah Bermain di LaLiga Spanyol

Termasuk dua pemain pada musim 2022/2023

Albania adalah salah satu negara semenjana di dunia sepak bola. Timnas Albania belum punya prestasi berarti di kancah internasional, begitu pula dengan klub-klub Albania. Meski demikian, ada beberapa pemain Albania yang cukup berkualitas untuk berkarier di liga top Eropa.

Serie A Italia adalah liga top Eropa yang paling sering dijajal pemain asal Albania. Sementara, LaLiga Spanyol sejauh ini baru disinggahi lima pemain Albania.

Inilah lima pemain Albania yang pernah bermain di LaLiga Spanyol itu.

1. Valdet Rama

5 Pemain Albania yang Pernah Bermain di LaLiga SpanyolValdet Rama (realvalladolid.es)

Pemain Albania pertama yang berkarier di LaLiga adalah Valdet Rama. Ia merupakan gelandang kelahiran Kosovo yang memilih membela Timnas Albania. Rama mulai dipanggil membela timnas ketika bermain di Spanyol bersama Real Valladolid pada 2013.

Selama 1,5 musim memperkuat Valladolid, Rama mencatat 31 penampilan dengan 1 gol dan 1 assist di LaLiga. Selebihnya, karier sang pemain lebih banyak dihabiskan di divisi bawah Liga Jerman. Saat ini, Rama membela Wuppertaler SV, klub Jerman yang menghuni divisi keempat.

2. Armando Sadiku

5 Pemain Albania yang Pernah Bermain di LaLiga SpanyolArmando Sadiku (instagram.com/armandosadiku_10)

Armando Sadiku adalah striker Albania yang menjadi bagian skuad Levante pada 2018–2020. Sayangnya, periode Sadiku di Levante lebih banyak dihabiskan dengan cedera. Ia hanya sempat tampil 6 kali bersama Levante, termasuk 5 penampilan di LaLiga.

Selain Levante, Sadiku juga pernah membela tiga klub lain di Spanyol. Mereka adalah Malaga, Las Palmas, dan FC Cartagena yang jadi klubnya saat ini. Namun, penampilan Sadiku bersama ketiga klub tersebut hanya terjadi di divisi kedua Liga Spanyol.

Baca Juga: 5 Pemain LaLiga yang Membela Brasil di Piala Dunia 2022

3. Keidi Bare

5 Pemain Albania yang Pernah Bermain di LaLiga SpanyolKeidi Bare (instagram.com/keidi.bare)

Musim 2021/2022 lalu, untuk pertama kali, ada tiga pemain Albania sekaligus di LaLiga Spanyol. Salah satunya Keidi Bare, gelandang jebolan akademi Atletico Madrid. Bare sempat bermain untuk tim senior Atletico, tetapi hanya tampil di Copa del Rey.

Bare baru debut di LaLiga saat membela Espanyol pada 2021/2022, Bare masih bertahan di Espanyol hingga kini. Sejauh ini, ia sudah tampil 70 kali di semua ajang. Bare yang kini berusia 25 tahun juga sudah mencatat 23 caps bersama Timnas Albania.

4. Ivan Balliu

5 Pemain Albania yang Pernah Bermain di LaLiga SpanyolIvan Balliu (rayovallecano.es)

Ivan Balliu adalah lulusan akademi klub besar Spanyol, Barcelona. Namun, bek kanan berusia 30 tahun ini hanya pernah bermain bagi tim reserve Barcelona di divisi ketiga Liga Spanyol. Balliu pun baru tampil di LaLiga pada 2021/2022 bersama Rayo Vallecano.

Sejauh ini, Balliu masih menjadi andalan Vallecano. Ia telah tampil 55 kali di semua ajang, termasuk 50 penampilan di LaLiga. Sumbangsihnya bagi Vallecano di LaLiga juga mencakup 1 gol dan 2 assist sampai saat ini.

5. Myrto Uzuni

5 Pemain Albania yang Pernah Bermain di LaLiga SpanyolMyrto Uzuni (granadacf.es)

Myrto Uzuni, winger 27 tahun, membela Granada saat ini. Uzuni berseragam Granada sejak paruh musim 2021/2022. Selama setengah musim, ia sempat tampil 15 kali di LaLiga bersama Granada dan mencetak 1 gol serta 1 assist.

Sayangnya, Granada akhirnya terdegradasi pada akhir musim tersebut. Uzuni masih bertahan di Granada sehingga kini bermain di divisi kedua Liga Spanyol. Sejauh ini, ia sudah tampil 36 kali bagi Granada di semua ajang dan mencetak 12 gol.

Belum ada pemain Albania yang berhasil meraih prestasi luar biasa di LaLiga Spanyol. Namun, keberadaan mereka di LaLiga tetap jadi bukti kualitas pemain asal Albania. Menarik menanti sejauh mana sepak bola Albania akan berkembang.

Baca Juga: 5 Pemain Asing Jadi Top Skor LaLiga hingga Jeda Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya