6 Pemain Amerika Selatan yang Juara Bundesliga Bersama Bayern Munich

Rafinha paling sukses

Bayern Munich adalah klub terbesar dan tersukses di Jerman. Die Roten punya koleksi gelar Bundesliga terbanyak sepanjang sejarah. Mereka bahkan amat dominan dengan selalu juara dalam 10 musim terakhir.

Tak heran jika banyak pemain yang pernah membela Bayern Munich juga pernah mengangkat trofi juara Bundesliga. Itu termasuk para pemain asal Amerika Selatan. Contohnya adalah enam pemain berikut, yang berasal dari enam negara berbeda di Amerika Selatan.

1. Rafinha (Brasil)

6 Pemain Amerika Selatan yang Juara Bundesliga Bersama Bayern MunichRafinha (fcbayern.com)

Cukup banyak pemain asal Brasil yang pernah juara Bundesliga bersama Bayern Munich. Yang tersukses dari antara mereka adalah Rafinha. Pemain berposisi bek kanan ini meraih tujuh trofi Bundesliga selama berseragam Bayern pada 2011–2019.

Jumlah itu sekaligus membuat Rafinha menjadi pemain Amerika Selatan tersukses di Bundesliga. Peran Rafinha dalam kesuksesan Bayern Munich pun vital. Ia hampir selalu jadi andalan di pos bek kanan, hingga mencatat 179 penampilan di Bundesliga bersama mereka.

2. Martin Demichelis (Argentina)

6 Pemain Amerika Selatan yang Juara Bundesliga Bersama Bayern MunichMartin Demichelis (fcbayern.com)

Argentina juga negara Amerika Selatan yang adidaya di dunia sepak bola. Ada banyak pemain Argentina yang sukses di Eropa, termasuk Bundesliga. Salah satunya Martin Demichelis, peraih empat trofi Bundesliga bersama Bayern Munich.

Demichelis adalah bek yang memperkuat Bayern Munich pada 2003–2010. Ia membela Die Roten dalam 259 penampilan, termasuk 174 partai Bundesliga. Setelah pensiun, Demichelis sempat melatih tim junior serta tim reserve Bayern Munich.

3. Claudio Pizarro (Peru)

6 Pemain Amerika Selatan yang Juara Bundesliga Bersama Bayern MunichClaudio Pizarro (fcbayern.com)

Ada pula pemain asal Peru yang pernah berjaya bersama Bayern Munich. Ia adalah Claudio Pizarro, salah satu striker tertajam dalam sejarah Timnas Peru. Pizarro membela Bayern Munich dalam dua periode berbeda, yaitu pada 2001–2007 dan 2012–2015.

Secara total, rekor Pizarro bersama Bayern Munich adalah 327 penampilan dengan 125 gol. Jumlah itu membuatnya menjadi salah satu pemain asing tertajam bagi Bayern Munich. Gol-golnya turut mengantarkan mereka menyabet 16 trofi, termasuk 6 gelar juara Bundesliga.

Baca Juga: 5 Pemain Jebolan Akademi Bayern Munich di Serie A Italia 2022/2023

4. Roque Santa Cruz (Paraguay)

6 Pemain Amerika Selatan yang Juara Bundesliga Bersama Bayern MunichRoque Santa Cruz (twitter.com/FCBayernEN)

Berikutnya, ada Roque Santa Cruz, striker yang merupakan top skor sepanjang masa Timnas Paraguay. Santa Cruz membela Bayern Munich pada 1999–2007. Ia tampil 238 kali di semua ajang dan membuat 51 gol bagi mereka.

Untuk ukuran striker, koleksi gol Santa Cruz memang tidak istimewa. Namun, ia tetap sukses membawa Bayern memenangi 13 gelar juara, termasuk 5 gelar juara Bundesliga. Saat ini, Santa Cruz sudah berusia 41 tahun, tetapi masih aktif bermain di negaranya sendiri.

5. Arturo Vidal (Chile)

6 Pemain Amerika Selatan yang Juara Bundesliga Bersama Bayern MunichArturo Vidal (fcbayern.com)

Bayern Munich hanya pernah memiliki satu pemain asal Chile sejauh ini. Ia adalah Arturo Vidal, salah satu gelandang terbaik Chile pada era modern. Vidal membela Bayern Munich pada 2015–2018 dengan mencatat total 124 penampilan di semua ajang.

Sebanyak 3 musim yang dihabiskan Vidal bersama Bayern Munich selalu berbuah gelar juara Bundesliga. Ia juga memenangi 1 DFB-Pokal dan 2 Piala Super Jerman. Vidal menjadi pemain Chile tersukses yang pernah bermain di Bundesliga.

6. James Rodriguez (Kolombia)

6 Pemain Amerika Selatan yang Juara Bundesliga Bersama Bayern MunichJames Rodriguez (fcbayern.com)

Tak ketinggalan, ada wakil Kolombia yang pernah mengangkat trofi Bundesliga bersama Bayern Munich. James Rodriguez turut berjasa saat Die Roten juara Bundesliga 2017/2018 dan 2018/2019. Padahal, saat itu, status James hanya pinjaman dari Real Madrid.

Sukses James membuatnya menyusul perolehan Adolfo Valencia. Ia adalah striker asal Kolombia yang memenangi Bundesliga 1993/1994 bersama Bayern Munich. Selain James dan Valencia, tak ada lagi pemain asal Kolombia yang pernah menjuarai Bundesliga.

Enam pemain di atas berasal dari negara Amerika Selatan yang berbeda-beda. Namun, semuanya memiliki kesamaan, yaitu pernah juara Bundesliga Jerman bersama Bayern Munich. Siapa lagi pemain Amerika Selatan yang bakal mengikuti jejak mereka?

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Bayern Munich

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya