5 Pemain Argentina dengan Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala Dunia

Lionel Messi bukan yang teratas

Piala Dunia 2022 Qatar adalah edisi Piala Dunia paling spesial bagi Lionel Messi. Sebabnya tentu karena sang mega bintang Argentina sukses meraih trofi juara dunia. Messi juga meraih gelar pemain terbaik karena andilnya yang luar biasa dalam sukses Tim Tango.

Salah satu manifestasi andil Messi di Piala Dunia 2022 adalah torehan tujuh golnya. Itu adalah rekor gol terbanyak Messi dalam satu edisi Piala Dunia. Namun, dalam hal produktivitas di satu edisi Piala Dunia, Lionel Messi ternyata bukan pemain Argentina terhebat.

1. Guillermo Stabile (8 gol) 

5 Pemain Argentina dengan Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaGuillermo Stabile (twitter.com/RacingClub)

Pemain Argentina tertajam dalam satu edisi Piala Dunia ternyata bukan Messi. Ia adalah Guillermo Stabile, striker Argentina di Piala Dunia 1930. Stabile mencetak 8 gol dalam 4 penampilan pada edisi tersebut meski hanya bisa membawa Argentina menjadi runner-up.

Torehan delapan gol membuat Stabile menjadi top skor Piala Dunia 1930. Ia juga sempat mencetak hattrick hingga menjadi pemain Argentina pertama yang membuat trigol di Piala Dunia. Uniknya, Stabile hanya pernah membela Argentina di Piala Dunia 1930 saja.

Sebelum dan sesudah Piala Dunia 1930, Stabile sama sekali tak pernah berseragam timnas. Maka, catatannya bersama Tim Tango hanyalah 4 caps dan 8 gol. Stabile justru lebih lama membela timnas sebagai pelatih, tepatnya pada 1939–1960.

2. Lionel Messi (7 gol)

5 Pemain Argentina dengan Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaLionel Messi mengangkat trofi Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Torehan tujuh gol Messi di Piala Dunia 2022 hanya menempatkannya di urutan kedua daftar ini. Edisi 2022 pun menjadi edisi Piala Dunia tertajam bagi Messi. Sebelumnya, catatan terbaik Messi adalah empat gol di Piala Dunia 2014 Brasil,

Sejumlah rekor lain juga berhasil dipecahkan Messi di Piala Dunia 2022. Salah satunya adalah rekor penampilan terbanyak di Piala Dunia, yaitu 26 penampilan. Namun, hadiah utama bagi Messi tentu adalah trofi Piala Dunia yang akhirnya ia raih pada pengujung kariernya.

Baca Juga: Kamar Lionel Messi di Qatar Mau Disulap Jadi Museum

3. Mario Kempes (6 gol)

5 Pemain Argentina dengan Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaMario Kempes (fifa.com)

Berikutnya, ada Mario Kempes, striker Argentina yang mencetak enam gol di Piala Dunia 1978. Kempes adalah pahlawan yang membawa juara Piala Dunia edisi tersebut. Enam gol yang ia cetak mencakup dua gol di final melawan Belanda yang dimenangi Argentina 3-1.

Torehan Kempes juga membuatnya menjadi top skor sekaligus pemain terbaik Piala Dunia 1978. Sayangnya, hanya enam gol itulah yang pernah dibuat Kempes di Piala Dunia. Ia juga tampil di Piala Dunia 1974 Jerman dan Piala Dunia 1982 Spanyol, tetapi gagal bikin gol.

4. Diego Maradona (5 gol)

5 Pemain Argentina dengan Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaDiego Maradona mengangkat trofi Piala Dunia 1986. (fifa.com)

Diego Maradona juga termasuk di daftar ini. Sang legenda sepak bola Argentina adalah protagonis utama saat Tim Tango menjuarai Piala Dunia 1986 Meksiko. Menjabat kapten, Maradona tampil penuh dalam seluruh laga Argentina dan mencetak 5 gol serta 5 assist.

Dua golnya ke gawang Inggris di babak perempat final khususnya patut dikenang. Gol pertama ia ciptakan dengan tangan sehingga dijuluki Gol Tangan Tuhan. Sementara, gol keduanya diawali aksi individual dari tengah lapangan sembari melewati lima pemain Inggris.

Selain pada 1986, Maradona juga tampil di Piala Dunia 1982 Spanyol dan Piala Dunia 1990 Italia. Secara keseluruhan, ia tampil 21 kali di Piala Dunia dan mencetak 8 gol serta 8 assist. Hanya Lionel Messi yang punya kontribusi gol di Piala Dunia lebih banyak darinya bagi Argentina.

5. Gabriel Batistuta (5 gol)

5 Pemain Argentina dengan Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaGabriel Batistuta (fifa.com)

Terakhir, ada Gabriel Batistuta, eks striker yang dijuluki Batigol karena ketajamannya. Batistuta sempat jadi top skor Argentina di Piala Dunia sebelum rekornya dilewati Lionel Messi. Ia mencetak total 10 gol hanya dalam 12 penampilan di 3 edisi Piala Dunia.

Penampilan paling tajam Batistuta terjadi di Piala Dunia 1998 Prancis. Ia mencetak lima gol saat itu, termasuk hattrick ke gawang Jamaika di fase grup. Sayangnya, langkah Tim Tango hanya sampai perempat final. Itu juga adalah langkah terjauh Batistuta bersama Argentina di Piala Dunia.

Lionel Messi memang tajam di Piala Dunia 2022. Namun, tujuh golnya di Qatar masih kalah dari torehan Guillermo Stabile di Piala Dunia 1930. Adakah pemain Argentina yang bisa melewati rekor Stabile suatu saat nanti?

Baca Juga: 5 Pemain Non-Italia Paling Subur dalam Sejarah Serie A, Ada Batistuta!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya