6 Pemain Arsenal 2022/2023 yang Pernah Juara Liga Domestik

Mental juara mereka telah terbukti

Arsenal tengah memimpin klasemen sementara English Premier League (EPL) setelah melewati 12 pertandingan. Capaian The Gunners tersebut terbilang mengejutkan. Selain tak diunggulkan, Arsenal juga memiliki rata-rata umur skuad termuda di EPL musim ini.

Nyatanya, para penggawa Arsenal tak gentar di hadapan pemain lawan yang berusia lebih senior. Namun, jika ingin jadi juara, Arsenal tentu butuh mental dan pengalaman.

Untuk itu, enam pemain Arsenal berikut ini bisa jadi kunci. Sebab, mereka termasuk pemain Arsenal 2022/2023 yang pernah juara liga domestik.

1. Gabriel Jesus

6 Pemain Arsenal 2022/2023 yang Pernah Juara Liga DomestikGabriel Jesus (instagram.com/dejesusoficial)

Pada musim panas 2022, Arsenal mendatangkan dua pemain baru yang sudah berpengalaman memenangi Premier League bersama Manchester City. Pertama adalah Gabriel Jesus. Kualitas sang striker asal Brasil telah terbukti selama 5 tahun membela Manchester City dengan torehan 95 gol dan 46 assist dalam 236 penampilan.

Bersama Manchester City, Jesus memenangi 4 trofi EPL, 1 Piala FA, 3 Piala Liga, dan 2 Community Shield. Pengalaman Jesus bermain di EPL, bahkan sampai juara, bakal sangat berharga bagi Arsenal. Terbukti, sejauh ini Jesus menunjukkan pesonanya dengan mencetak 5 gol dan 7 assist dalam 16 penampilan bareng Arsenal.

2. Oleksandr Zinchenko

6 Pemain Arsenal 2022/2023 yang Pernah Juara Liga DomestikOleksandr Zinchenko (instagram.com/zinchenko_96)

Pemain Manchester City lain yang merapat ke Arsenal adalah Oleksandr Zinchenko. Bek kiri asal Ukraina tersebut sudah lebih dahulu bergabung dengan Manchester City dibanding Gabriel Jesus. Zinchenko berseragam The Citizens sejak 2016.

Posisi Zinchenko di tim inti Manchester City memang tak selalu terjamin. Namun, ia juga turut memenangi 4 trofi Premier League plus 6 trofi lain. Setelah bergabung dengan Arsenal, Zinchenko sempat jadi andalan pada awal musim. Namun, ia cedera sehingga sejauh ini baru tampil enam kali di semua ajang.

3. Fabio Vieira

6 Pemain Arsenal 2022/2023 yang Pernah Juara Liga DomestikFabio Vieira (instagram.com/fabiodfvieira)

Selain Jesus dan Zinchenko, Arsenal juga mendatangkan Fabio Vieira pada musim panas 2022. Gelandang asal Portugal ini baru berusia 22 tahun.

Meski begitu, Vieira sudah berpengalaman memenangi liga domestik Eropa. Ia dua kali menjuarai Primeira Liga Portugal saat membela FC Porto.

Kontribusi Vieira cukup nyata dalam keberhasilan Porto. Selama membela Porto pada 2020–2022, Vieira tampil 76 kali dengan torehan 10 gol dan 18 assist. Ia kini diberi kesempatan tampil 12 kali bersama Arsenal dan sukses menyumbang 2 gol serta 1 assist.

Baca Juga: 5 Klub Top Eropa yang Sedang Terpuruk di Liga Domestik Musim 2022/2023

4. Granit Xhaka

6 Pemain Arsenal 2022/2023 yang Pernah Juara Liga DomestikGranit Xhaka (instagram.com/granitxhaka)

Tak hanya para pemain baru, beberapa penggawa lama Arsenal ternyata punya pengalaman memenangi liga domestik. Salah satunya adalah Granit Xhaka. Gelandang asal Swiss ini pernah sukses saat masih membela FC Basel di negaranya sendiri.

Xhaka membela FC Basel pada 2010–2012, sejak usianya masih 18 tahun. Meski masih muda, saat itu ia sukses jadi andalan Basel dengan catatan 67 penampilan di semua ajang. Xhaka turut membawa Basel menjuarai Liga Super Swiss 2 musim beruntun plus 1 trofi Piala Swiss.

5. Mohamed Elneny

6 Pemain Arsenal 2022/2023 yang Pernah Juara Liga DomestikMohamed Elneny (instagram.com/elnennym)

Mohamed Elneny juga pernah membela FC Basel dan menjuarai Liga Super Swiss bersama mereka. Bahkan, gelandang asal Mesir ini melakukannya dalam 4 musim beruntun sejak 2012—2016. Sukses Elneny bersama Basel pun membuat Arsenal tertarik dan memboyongnya pada Januari 2016.

Sejak bergabung dengan Arsenal, Elneny lebih banyak menjadi pelapis. Namun, ia tetap setia kepada The Gunners, bahkan baru memperpanjang kontrak pada musim panas 2022. Meski tak jadi pemain inti, pengalaman Elneny tetap dibutuhkan skuad muda Arsenal.

6. Kieran Tierney

6 Pemain Arsenal 2022/2023 yang Pernah Juara Liga DomestikKieran Tierney (instagram.com/kierantierney)

Satu lagi pemain Arsenal yang sudah pernah merasakan gelar juara liga domestik. Ia adalah Kieran Tierney.

Bek kiri asal Skotlandia ini melakukannya saat membela Celtic FC pada 2015–2019. Selama 4 musim membela Celtic, Tierney meraih 4 gelar Scottish Premiership plus 2 Piala Skotlandia dan 2 Piala Liga.

Selain meraih gelar, Tierney juga pernah tiga kali terpilih jadi pemain muda terbaik Liga Skotlandia. Kini, bersama Arsenal, ia sudah menunjukkan kualitasnya. Sejauh ini, Tierney telah bermain 103 kali bagi Arsenal dan memenangi 2 gelar.

Pemain berpengalaman dibutuhkan oleh tim untuk bisa membimbing para pemain muda. Enam pemain di atas bisa jadi kunci Arsenal musim ini karena pengalaman dan mental juara yang mereka miliki.

Baca Juga: Arsenal Kandidat Terkuat Juara Liga Europa 2022/2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya