5 Pemain Arsenal yang Pernah Cetak 3 Assist dalam Laga Premier League

Leandro Trossard terbaru

Arsenal meraih kemenangan 3-0 dalam lanjutan English Premier League (EPL) 2022/2023 pekan ke-27. Tiga gol The Gunners dicetak oleh Gabriel Magalhaes, Gabriel Martinelli, dan Martin Odegaard. Namun, selain mereka, aksi Leandro Trossard juga jadi sorotan.

Pasalnya, ketiga gol Arsenal pada laga tersebut adalah buah assist Trossard. Sang gelandang asal Belgia pun menyamai torehan para pemain top Arsenal di masa lalu. Termasuk Trossard, lima pemain Arsenal berikut ini pernah membuat tiga assist atau lebih dalam satu laga EPL.

1. Dennis Bergkamp

5 Pemain Arsenal yang Pernah Cetak 3 Assist dalam Laga Premier LeagueDennis Bergkamp (arsenal.com)

Pertama, ada Dennis Bergkamp, striker legendaris Arsenal asal Belanda. Bergkamp membuat catatan spesial pada laga pekan ke-26 EPL 1998/1999. Bertanding melawan Leicester City, Bergkamp tak hanya membuat tiga assist, tetapi empat assist sekaligus.

Bergkamp pun menjadi pemain pertama di EPL yang membuat empat assist dalam satu pertandingan. Musim 1998/1999 sendiri diakhiri Bergkamp dengan total 12 gol dan 13 assist di EPL. Sayangnya, Arsenal gagal menjadi juara karena kalah bersaing dengan Manchester United.

2. Thierry Henry

5 Pemain Arsenal yang Pernah Cetak 3 Assist dalam Laga Premier LeagueThierry Henry (arsenal.com)

Thierry Henry adalah top skor sepanjang masa Arsenal dengan 228 gol di semua ajang. Namun, selain tajam mencetak gol, Henry juga piawai membuat assist. Pada musim 2002/2003, koleksi assist Henry di EPL bahkan lebih banyak dari golnya, yaitu 25 assist berbanding 24 gol.

Pada pengujung musim tersebut, Henry sempat mencetak tiga assist dalam dua laga EPL beruntun. Ia membuat tiga assist pada laga pekan ke-37 melawan Southampton. Sepekan berselang, Henry kembali jadi arsitek tiga gol Arsenal ke gawang Sunderland.

Secara total, Henry membuat 74 assist di Premier League selama membela Arsenal. Ia pun tercatat sebagai salah satu striker dengan torehan assist terbanyak di EPL.

Baca Juga: Arteta Raih Kemenangan ke-100 Bersama Arsenal, Puaskah?

3. Cesc Fabregas

5 Pemain Arsenal yang Pernah Cetak 3 Assist dalam Laga Premier LeagueCesc Fabregas (twitter.com/FIFAcom)

Cesc Fabregas adalah pemain dengan jumlah assist terbanyak kedua di EPL. Gelandang asal Spanyol itu mengoleksi total 111 assist di EPL, hanya kalah dari Ryan Giggs. Sebagian besar assist Fabregas di EPL ia bukukan selama membela Arsenal pada 2003–2011.

Seperti Bergkamp, Fabregas juga pernah membuat empat assist dalam satu laga EPL. Itu terjadi pada musim 2009/2010. Menghadapi Blackburn Rovers pada pekan ke-8, empat assist Fabregas membawa Arsenal menang 6-2. Plus, ia juga menyumbang satu gol bagi The Gunners.

4. Santi Cazorla

5 Pemain Arsenal yang Pernah Cetak 3 Assist dalam Laga Premier LeagueSanti Cazorla (arsenal.com)

Pemain Arsenal terakhir yang sukses membuat empat assist dalam satu partai EPL adalah Santi Cazorla. Gelandang asal Spanyol ini melakukannya pada musim 2012/2013. Saat itu, Arsenal menekuk Wigan Athletic dengan skor 4-1 pada pekan ke-37.

Tak tanggung-tanggung, seluruh gol Arsenal pada laga tersebut adalah hasil kreasi Cazorla. Catatan Cazorla di EPL 2012/2013 pun genap jadi 12 gol dan 12 assist. Sayangnya, Arsenal sendiri hanya mengakhiri musim tersebut di posisi keempat.

5. Leandro Trossard

5 Pemain Arsenal yang Pernah Cetak 3 Assist dalam Laga Premier LeagueLeandro Trossard (arsenal.com)

Leandro Trossard sukses menyusul raihan para pemain di atas berkat tiga assist saat melawan Fulham di EPL 2022/2023. Bahkan, aksi Trossard tersebut membuatnya menorehkan rekor. Pasalnya, ketiga assist-nya tercipta di babak pertama saat Arsenal bermain di markas Fulham.

Trossard pun menjadi pemain pertama yang membuat tiga assist di babak pertama partai tandang EPL. Selain jadi rekor pribadi, torehan Trossard juga krusial bagi Arsenal. Kemenangan atas Fulham kian mendekatkan mereka ke gelar juara EPL 2022/2023.

 

Lima pemain Arsenal di atas pernah menorehkan catatan apik berupa tiga assist dalam satu laga EPL. Bahkan, ada yang sampai membuat empat assist sekaligus. Siapa lagi pemain Arsenal yang bisa menyusul raihan mereka?

Baca Juga: Momen Gol Debut Leandro Trossard di 6 Klub yang Pernah Dibelanya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya