5 Pemain Asia yang Pernah Membela Bayer Leverkusen, Ada Nama Baru

Salah satunya sukses mencatat rekor

Kualitas pemain asal Asia semakin diakui di dunia sepak bola Eropa dalama beberapa dekade terakhir. Salah satu liga top Eropa yang cukup sering mendatangkan pemain dari Asia adalah Bundesliga Jerman. Sejak dulu, selalu ada saja pemain Asia yang berkiprah di Bundesliga, bahkan membela klub-klub top.

Itu termasuk Bayer Leverkusen, klub yang cukup sering bersaing di papan atas Bundesliga. Leverkusen ternyata pernah beberapa kali mengandalkan pemain asal Benua Asia, termasuk pada musim 2021/2022 ini. Inilah lima pemain Asia yang pernah membela Bayer Leverkusen.

1. Cha Bum Kun

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Bayer Leverkusen, Ada Nama Barupotret Cha Bum Kun berseragam Bayer Leverkusen (transfermarkt.com)

Pemain Asia pertama yang pernah membela Bayer Leverkusen adalah Cha Bum Kun. Cha adalah striker legendaris asal Korea Selatan yang berkarier pada 1976 hingga 1989. Ia pernah membela tiga klub Jerman, termasuk Bayer Leverkusen sejak 1983 hingga gantung sepatu.

Tak sekadar jadi pelengkap, Cha sukses mengharumkan nama Korea Selatan dan Asia selama bermain di Jerman. Bersama Leverkusen, Cha yang berposisi striker mencetak total 63 gol dalam 215 di semua laga. Ia juga sukses membawa Leverkusen memenangi satu trofi yaitu Piala UEFA 1987/1988.

Selain bersama Leverkusen, Cha juga tampil tajam saat membela Eintracht Frankfurt. Secara keseluruhan, ia mengoleksi 98 gol di Bundesliga, sehingga menjadi pemain Asia tertajam sepanjang sejarah Liga Jerman. Selain itu, Cha juga merupakan top skor sepanjang masa Timnas Korea Selatan dengan 58 gol.

2. Son Heung Min

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Bayer Leverkusen, Ada Nama Barupotret Son Heung Min berseragam Bayer Leverkusen (skysports.com)

Sekitar 30 tahun setelah era Cha Bum Kun, Bayer Leverkusen kembali memiliki pemain asal Korea Selatan. Son Heung Min didatangkan dari Hamburg SV pada 2013, dan ternyata ia pun sukses bersinar bersama Leverkusen.

Dalam dua musim berkostum Leverkusen, Son berhasil mencetak 29 gol dan 11 assist dalam 87 laga. Meski tak meraih trofi, Son juga sukses membawa Leverkusen dua kali finis di empat besar klasemen sehingga lolos ke Liga Champions. Karena kehebatannya itulah Son kemudian diboyong Tottenham Hotspur dan namanya makin melambung.

Baca Juga: 5 Transfer Terbaik Bundesliga ke Premier League, Sukses Besar!

3. Ryu Seung Woo

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Bayer Leverkusen, Ada Nama Barupotret Ryu Seung Woo berlatih bersama Bayer Leverkusen (koreajoongangdaily.joins.com)

Pada tahun 2014, Bayer Leverkusen sempat tak hanya memiliki satu pemain asal Korea Selatan, tetapi dua. Ryu Seung Woo juga bergabung dengan Leverkusen pada paruh kedua musim 2013/2014 sebagai pinjaman dari Jeju United. Ryu yang saat itu berusia 21 tahun sempat mencatat dua penampilan di Bundesliga.

Setelah itu, status Ryu lalu dipermanenkan oleh Bayer Leverkusen. Namun, ia malah tak dapat kesempatan bermain sama sekali selama tiga musim karena selalu dipinjamkan ke klub lain. Kini, Ryu pun sudah kembali ke Jeju United yang bermain di divisi utama Liga Korea Selatan.

4. Hajime Hosogai

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Bayer Leverkusen, Ada Nama Barupotret Hajime Hosogai berseragam Bayer Leverkusen (skysports.com)

Sementara Hajime Hosogai adalah gelandang bertahan asal Jepang yang menjadi pemain Bayer Leverkusen pada 2011 hingga 2013. Namun, Hosogai hanya sempat membela Leverkusen pada musim 2012/2013 karena ia dipinjamkan ke klub lain pada musim pertamanya.

Hosogai mencatat 23 penampilan bersama Leverkusen di semua ajang. Kontribusinya turut membawa Leverkusen mengakhiri musim 2012/2013 di posisi ketiga. Selain Leverkusen, Hosogai pernah membela tiga klub Bundesliga lain yaitu FC Augsburg, Hertha Berlin, dan VfB Stuttgart.

5. Sardar Azmoun

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Bayer Leverkusen, Ada Nama BaruSardar Azmoun bergabung dengan Bayer Leverkusen (twitter.com/fabrizioromano)

Pemain yang satu ini masih membela Bayer Leverkusen sampai sekarang. Sardar Azmoun belum lama bergabung dengan Leverkusen, tepatnya pada bursa transfer musim dingin 2021/2022. Azmoun sendiri adalah penyerang asal Iran yang didatangkan Leverkusen dari klub Rusia, Zenit Saint-Petersburg.

Azmoun tampil tajam selama tiga musim membela Zenit, dengan catatan 62 gol dalam 104 penampilan. Ia mendapat kontrak 4,5 tahun bersama Leverkusen alias hingga Juni 2027. Sayangnya, Azmoun sejauh ini belum dapat kesempatan bermain bersama klub barunya.


Para pemain di atas telah mengharumkan nama sepak bola Asia dengan membela Bayer Leverkusen, salah satu klub papan atas Bundesliga. Siapa lagi pemain Asia yang bakal meramaikan sepak bola Eropa pada masa depan?

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua di Kompetisi Bundesliga Musim 21/22

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya