5 Pemain Australia yang Meraih Trofi saat Bermain di Inggris

Ada dua yang memenangi Premier League

Pemain Australia sejak dahulu mewarnai English Premier League (EPL). Berasal dari negara yang juga berbahasa Inggris, para pemain Australia lebih mudah beradaptasi dengan atmosfer Liga Inggris.

Ada beberapa pemain Australia yang cukup populer saat bermain di Inggris. Bahkan, mereka sukses menghiasi karier dengan raihan trofi.

Siapa saja pemain Australia yang meraih trofi saat bermain di Inggris?

1. Robbie Slater

5 Pemain Australia yang Meraih Trofi saat Bermain di InggrisRobbie Slater pada 2015 memegang medali juara EPL 1994/1995. (foxsports.com.au)

Sejauh ini, baru ada dua pemain Australia yang pernah meraih trofi Premier League. Pemain Australia pertama yang melakukannya adalah Robbie Slater. Ia adalah gelandang yang turut membawa Blackburn Rovers juara EPL 1994/1995.

Slater tampil 18 kali di EPL musim tersebut dan menyumbang 3 assist bagi Blackburn. Uniknya, itu menjadi satu-satunya musim Slater bersama Blackburn. Ia sempat membela West Ham United dan Southampton setelah itu, tetapi tak meraih trofi bersama mereka.

2. Mark Bosnich

5 Pemain Australia yang Meraih Trofi saat Bermain di InggrisMark Bosnich (manutd.com)

Pemain Australia kedua yang memenangi trofi Premier League adalah Mark Bosnich. Ia adalah kiper asal Australia yang sempat lama membela Aston Villa. Bersama mereka, Bosnich tampil lebih dari 200 kali dan meraih 2 trofi Piala Liga.

Bosnich kemudian diboyong Manchester United pada 1999. Ia menjadi kiper utama Setan Merah saat menjuarai EPL 1999/2000 dan Piala Interkontinental 1999. Klub EPL terakhir yang dibela Bosnich adalah Chelsea, tetapi ia tak memenangi gelar bersama The Blues.

Baca Juga: 5 Musim Terburuk Chelsea di Premier League sejak Menjadi Klub Kaya

3. Harry Kewell

5 Pemain Australia yang Meraih Trofi saat Bermain di InggrisHarry Kewell (liverpoolfc.com)

Sementara, Harry Kewell tak menjuarai Premier League, tetapi meraih trofi Liga Champions bersama klub Inggris. Kewell adalah gelandang atau winger yang populer bersama Liverpool. Ia merupakan jebolan akademi Leeds United, tetapi baru meraih gelar setelah membela The Reds.

Kewell memperkuat Liverpool pada 2003–2008. Ia mencatat total 139 penampilan di semua ajang serta turut memenangi Liga Champions dan Piala FA. Kewell pun menjadi pemain Australia pertama sekaligus satu-satunya hingga saat ini yang pernah menjuarai Liga Champions.

4. Lucas Neill

5 Pemain Australia yang Meraih Trofi saat Bermain di InggrisLucas Neill (premierleague.com)

Ada pula dua pemain Australia yang pernah menjuarai Piala Liga selama bermain di Inggris. Salah satunya Lucas Neill, bek yang pernah membela Blackburn Rovers, West Ham United, dan Everton. Neill meraih trofi Piala Liga saat berseragam Blackburn pada 2001/2002.

Blackburn adalah klub EPL yang paling lama dibela Neill. Selama 6 tahun, ia bermain 226 kali bagi Blackburn. Neill sendiri adalah pemain Australia dengan caps terbanyak ketiga sepanjang sejarah, yaitu 96 caps.

5. Mark Schwarzer

5 Pemain Australia yang Meraih Trofi saat Bermain di InggrisMark Schwarzer (twitter.com/Boro)

Pengoleksi caps terbanyak bersama Timnas Australia adalah Mark Schwarzer. Ia merupakan penjaga gawang yang menghabiskan sebagian besar kariernya di Premier League. Bahkan, Schwarzer masih tercatat sebagai pemain asing dengan penampilan terbanyak di EPL, yaitu 514 laga.

Klub Inggris yang paling lama dibela Schwarzer adalah Middlesbrough. Ia memperkuat mereka selama 11 tahun dan memenangi trofi Piala Liga 2003/2004. Schwarzer juga sempat membela Fulham, Chelsea, dan Leicester City, tetapi tak memenangi trofi bersama mereka.

Tak seperti dulu, saat ini makin jarang ada pemain Australia yang berkarier di Premier Laegue. Pada 2022/2023 ini pun tidak ada klub EPL yang memiliki pemain Australia. Kapan ada lagi pemain Australia yang bermain dan sukses bersama klub EPL?

Baca Juga: 5 Striker Paling Sering Membuang Peluang di EPL 2022/2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya