Comscore Tracker

6 Pemain Belanda yang Pernah Membela Liverpool, Tak Hanya van Dijk

Hampir semuanya pernah meraih trofi bersama The Reds

Pemain asal Belanda sejak dulu cukup sering mendapat tempat di klub-klub Premier League. Itu tak mengherankan karena banyak pemain Belanda yang merupakan pemain kelas dunia. Kamu pasti bisa menyebut beberapa di antaranya, misalnya Ruud van Nistelrooy yang pernah membela Manchester United atau Dennis Bergkamp yang sukses bersama Arsenal.

Bagaimana dengan Liverpool? The Reds ternyata juga beberapa kali mengandalkan pemain asal Belanda dan beberapa di antaranya cukup sukses di Liverpool, bahkan pernah meraih trofi. Inilah 6 pemain Belanda yang pernah membela Liverpool era Premier League.

1. Dirk Kuyt 

6 Pemain Belanda yang Pernah Membela Liverpool, Tak Hanya van Dijkliverpoolfc.com

Salah satu pemain Belanda terpopuler yang pernah membela Livepool adalah Dirk Kuyt. Penyerang yang juga bisa berposisi sebagai winger ini bermain untuk Liverpool selama 6 musim sejak 2006 hingga 2012. Ia bermain total 285 kali di semua ajang dan mencetak 71 gol serta 40 assist.

Salah satu hal yang pasti diingat fans The Reds tentang Kuyt adalah hattrick yang pernah ia buat ke gawang Manchester United pada 2011. Namun, cukup disayangkan karena Kuyt hanya pernah meraih satu trofi bersama Liverpool, yaitu Piala Liga 2011/2012. Saat ini Kuyt sudah pensiun sejak 2018 setelah menutup karier di kampung halamannya.

2. Ryan Babel 

6 Pemain Belanda yang Pernah Membela Liverpool, Tak Hanya van Dijkplanetfootball.com

Ryan Babel adalah pemain sayap asal Belanda yang sempat satu tim bersama Kuyt di Liverpool. Babel mengawali kariernya di Ajax Amsterdam sebelum kemudian membela Liverpool pada 2007 hingga 2011.

Total 146 laga ia mainkan dengan sumbangan 22 gol dan 18 assist. Sayangnya, tak seperti Kuyt, Babel tak sempat merasakan memenangi trofi dengan The Reds.

3. Boudewijn Zenden 

6 Pemain Belanda yang Pernah Membela Liverpool, Tak Hanya van Dijkwhatculture.com

Boudewijn Zenden hanya sempat merasakan bermain dua musim saja dengan The Reds, tepatnya sejak 2005 hingga 2007. Zenden yang sempat bermain untuk Barcelona dan Chelsea bahkan sempat mengalami cedera lutut parah pada musim pertamanya serta cedera lanjutan pada musim kedua.

Hal itu membuat kontribusi Zenden bagi The Reds menjadi cukup minim. Ia hanya bermain 47 kali di semua ajang dan mencetak 2 gol serta 1 assist. Namun, Zenden masih sempat mengangkat dua trofi bersama Liverpool, yaitu Community Shield dan Piala Super Eropa serta turut membawa The Reds jadi runner-up Liga Champions 2006/2007.

Baca Juga: 10 Nama Pesepak Bola Asal Belanda yang Sering Diucapkan Kurang Tepat

4. Sander Westerveld 

6 Pemain Belanda yang Pernah Membela Liverpool, Tak Hanya van Dijkliverpoolecho.co.uk

Kiper asal Belanda pun ada yang pernah membela Liverpool, yaitu Sander Westerveld. Westerveld menjadi kiper utama Liverpool pada 1999 hingga 2001. Ia bermain total 103 kali di semua ajang dan mencatat 42 clean sheet. Kiper yang direkrut dari Vitesse Arnhem ini jadi bagian pentin sukses Liverpool meraih 5 gelar dalam 2 musim saja.

Penampilan Westerveld sebenarnya terbilang luar biasa. Sayang pada awal musim 2001/2002 ia sempat membuat blunder fatal dalam laga Premier League. Ditambah kedatangan dua kiper baru, Jerzy Dudek dan Chris Kirkland, Westerveld pun kehilangan tempat di tim inti dan akhirnya dijual pada Desember 2001.

5. Georginio Wijnaldum 

6 Pemain Belanda yang Pernah Membela Liverpool, Tak Hanya van Dijkthisisanfield.com

Musim ini pun Liverpool masih mengandalkan jasa pemain asal Belanda, salah satunya Georginio Wijnaldum. Wijnaldum didatangkan pada 2016 menyusul penampilan hebatnya bersama Newcastle United. Sejak itu ia selalu jadi bagian inti The Reds di setiap musimnya.

Wijnaldum sukses membayar kepercayaan itu dengan turut membawa Liverpool menguasai Inggris dan Eropa dalam dua musim terakhir. Musim ini pun Wijnaldum hampir selalu menjadi andalan, bahkan sudah bermain 43 kali di semua ajang. Karena kontrak Wijnaldum akan segera habis akhir musim ini, Liverpool harus bergerak cepat demi mencegah pemain kuncinya ini pergi.

6. Virgil van Dijk 

6 Pemain Belanda yang Pernah Membela Liverpool, Tak Hanya van Dijkas.com

Nama terakhir sudah pasti Virgil van Dijk, pemain yang sering disebut-sebut sebagai bek tengah terbaik dunia saat ini. Van Dijk direkrut pada 2018 dari Southampton dengan mahar 75 juta pounds dan harga tersebut terbukti sangat layak karena sejauh ini perannya di lini belakang The Reds sangat vital.

Musim ini van Dijk ditimpa cedera parah yang membuatnya tak bisa tampil sejak Oktober tahun lalu. Absennya van Dijk plus beberapa bek lain yang dimiiki Liverpool membuat The Reds kini terkatung-katung di papan tengah. Para Liverpudlian pasti sangat berharap bek yang pernah jadi pemain terbaik Eropa ini segera pulih sehingga bisa mengangkat Liverpool lagi.

 

Itulah 6 pemain Belanda yang pernah membela Liverpool di era Premier League. Fans Liverpool, siapa yang paling kamu kagumi di antara mereka?

Baca Juga: 5 Bek Tengah asal Belanda dengan Banderol Termahal Saat Ini, Van Dijk?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya