Comscore Tracker

5 Pemain Belgia yang Pernah Membela AC Milan, Ada Dua Pemain Anyar

Sementara itu, dua di antaranya sukses antarkan scudetto!

Sepanjang sejarah, ada cukup banyak pemain asal Belgia yang pernah mewarnai Serie A Italia. Misalnya Romelu Lukaku, Dries Mertens, hingga Radja Nainggolan. AC Milan pun tak ketinggalan pernah memakai jasa beberapa pemain asal Belgia.

Bahkan, pada bursa transfer musim panas 2022 ini, Rossoneri mendatangkan dua pemain anyar asal Belgia sekaligus. Termasuk dua pemain tersebut, inilah kelima pemain asal Belgia yang pernah berseragam AC Milan.

1. Eric Gerets

5 Pemain Belgia yang Pernah Membela AC Milan, Ada Dua Pemain AnyarEric Gerets (twitter.com/OldFootball11)

Eric Gerets adalah bek legendaris Belgia yang bermain pada era 1970-an hingga awal 1990-an. Gerets pernah membawa Timnas Belgia mencapai final Piala Eropa 1980 serta semifinal Piala Dunia 1986.

Di level klub, Gerets paling sukses bersama PSV Eindhoven. Bahkan, ia sempat mengantarkan PSV jadi juara Liga Champions.

Sebelum membela PSV, Gerets juga sempat menjadi pemain AC Milan pada musim 1983/1984. Sayangnya, ia gagal bersinar bersama Rossoneri dengan hanya mencatatakan 20 penampilan tanpa persembahkan satu pun trofi. Namun, Gerets sempat tercatat sebagai pemain Belgia pertama yang mencetak gol bagi Milan di ajang Serie A.

2. Alexandro Cavagnera

5 Pemain Belgia yang Pernah Membela AC Milan, Ada Dua Pemain AnyarAlexandro Cavagnera berseragam Standard Liege (sempremilan.com)

Pada tahun 2018, AC Milan mendatangkan gelandang muda Belgia bernama Alexandro Cavagnera dari Standard Liege. Setelah mendarat, Cavagnera langsung dipinjamkan ke klub Swiss, FC Lugano. Semusim di Lugano, Cavagnera hanya mendapat kesempatan bermain di tim U-21.

Setelah itu, Cavagnera kembali ke AC Milan, tetapi langsung dilepas lagi secara gratis. Alhasil, ia tak sempat mencatatkan satu pun penampilan bersama AC Milan. Saat ini, Cavagnera yang baru berusia 23 tahun sedang membela URSL Vise yang bermain di divisi ketiga Liga Belgia.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir AC Milan yang Diboyong Gratisan, Ada Divock Origi!

3. Alexis Saelemakers

5 Pemain Belgia yang Pernah Membela AC Milan, Ada Dua Pemain AnyarAlexis Saelemakers (instagram.com/alexis.saelemaekers)

Alexis Saelemaekers adalah winger Belgia yang seumuran dengan Alexandro Cavagnera. Namun, perjalanan karier Saelemaekers jauh lebih sukses dibanding pendahulunya itu.

Saelemaekers diboyong AC Milan dari Anderlecht pada 2020. Awalnya sebagai pinjaman, status Saelemaekers kemudian dipermanenkan Rossoneri karena ia berhasil tampil apik.

Selama 2,5 musim di Milan, Saelemaekers sudah bermain 101 kali di semua ajang dengan sumbangan 6 gol dan 11 assists. Ia pun turut andil dalam sukses Milan meraih Scudetto 2021/2022. Musim kompetisi 2022/2023 mendatang, Saelemaekers kemungkinan besar masih akan terus diandalkan Milan.

4. Divock Origi

5 Pemain Belgia yang Pernah Membela AC Milan, Ada Dua Pemain AnyarDivock Origi (instagram.com/divockorigi)

Menyusul Saelemaekers, ada dua pemain Belgia yang baru saja bergabung dengan AC Milan pada musim panas 2022. Yang pertama adalah Divock Origi. Origi direkrut Milan secara gratis setelah kontraknya habis bersama Liverpool.

Selama delapan musim berkostum Liverpool, Origi memang lebih banyak jadi striker pelapis. Namun, ia sering tampil tajam saat diturunkan hingga mencetak gol-gol krusial bagi The Reds. Karakter itu bakal cocok dengan Milan yang musim lalu kerap meraih kemenangan melalui momen comeback dramatis.

5. Charles De Ketelaere

5 Pemain Belgia yang Pernah Membela AC Milan, Ada Dua Pemain AnyarCharles De Ketelaere berseragam Club Brugge (instagram.com/charlesdeketelaere)

Pemain Belgia lain yang baru saja merapat ke Milan adalah Charles De Ketelaere. De Ketelaere merupakan gelandang serang berusia 21 tahun yang punya potensi luar biasa.

Ia lulus dari akademi Club Brugge pada 2019. Tak butuh waktu lama baginya untuk segera jadi pilar inti di lini tengah klub papan atas Belgia tersebut.

Tiga musim membela Club Brugge, De Ketelaere mencatatkan 120 penampilan dengan koleksi 25 gol dan 20 assists, termasuk di antaranya 16 partai Liga Champions dengan catatan 2 gol dan 3 assists. Statistik apik itu membuat Milan tak ragu merogoh kocek 32 juta euro alias Rp484 miliar untuk mendaratkannya di San Siro.

Musim 2021/2022 lalu, AC Milan sukses meraih Scudetto bersama satu pemain Belgia. Kini, mereka punya tiga pemain Belgia sekaligus untuk mengarungi musim kompetisi 2022/2023 mendatang. Mampukah ketiga pemain tersebut membantu Rossoneri mempertahankan gelar juara Serie A?

Baca Juga: 5 Pemain Belgia Sukses Meraih Trofi Bersama Klub Serie A

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya