6 Pemain Bertahan Top yang Bakal Jadi Sorotan di Piala Afrika 2021

Mereka adalah pemain klub-klub besar Eropa

Africa Cup of Nations alias Piala Afrika 2021 akhirnya dimulai. Sebanyak 24 negara terbaik di Benua Afrika bakal saling bersaing sejak 9 Januari hingga 6 Februari 2022 untuk memperebutkan gelar juara. Tentu turnamen ini patut diamati karena melibatkan banyak pemain top Afrika yang membela klub-klub Eropa.

Sorotan terutama bakal tertuju pada para penyerang ataupun gelandang top yang bakal berlaga, seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, Hakim Ziyech, hingga Riyad Mahrez. Namun, jangan lupakan pula para pemain bertahan yang tentu juga memegang peranan penting. Inilah enam pemain bertahan top yang bakal jadi sorotan pada Piala Afrika 2021.

1. Edouard Mendy (Senegal) 

6 Pemain Bertahan Top yang Bakal Jadi Sorotan di Piala Afrika 2021potret Edouard Mendy (instagram.com/edou_mendy)

Mulai dari barisan penjaga gawang, ada Edouard Mendy, kiper Chelsea yang berasal dari Senegal. Mendy tentu bakal jadi kiper utama Senegal pada Piala Afrika kali ini. Setelah merebut posisi kedua pada penghargaan kiper terbaik dunia tahun lalu, tentu Mendy diharapkan bisa menampilkan performa terbaik demi membawa Senegal berprestasi.

Ini bakal jadi turnamen Piala Afrika kedua bagi Mendy setelah sebelumnya ia tampil pada edisi 2019. Saat itu, Senegal sukses melaju hingga final, tapi gagal juara karena dikalahkan Aljazair. Jika berhasil juara tahun ini, Senegal akan meraih trofi Piala Afrika pertama mereka sepanjang sejarah.

2. Andre Onana (Kamerun)

6 Pemain Bertahan Top yang Bakal Jadi Sorotan di Piala Afrika 2021potret Andre Onana (instagram.com/andreonana.24)

Berikutnya ada Andre Onana, kiper asal Kamerun yang bermain untuk Ajax Amsterdam. Onana sempat absen lama karena larangan bertanding yang menimpanya gara-gara ia kedapatan memakai doping. Namun, Onana sudah bisa kembali ke lapangan hijau sejak November 2021 dan ia sudah beberapa kali bermain bagi Ajax dan negaranya.

Itu termasuk dua partai kualifikasi Piala Dunia 2022 pada November 2021 lalu dan ia mencatat clean sheet pada kedua laga tersebut. Itu menunjukkan bahwa Onana masih bisa diandalkan negaranya meski sempat lama absen.

Seperti Mendy, Onana juga akan menjalani Piala Afrika keduanya tahun ini. Sebelumnya, Onana sudah membela Kamerun pada edisi 2019, tapi negaranya hanya mentok sampai babak 16 besar. Tahun ini Kamerun diperkirakan bisa melangkah lebih jauh karena berstatus tuan rumah. Bisakah Onana membantu negaranya melakukan itu?

3. Kalidou Koulibaly (Senegal)

6 Pemain Bertahan Top yang Bakal Jadi Sorotan di Piala Afrika 2021potret Kalidou Koulibaly (instagram.com/kkoulibaly26)

Senegal tak hanya akan mengandalkan kiper Edouard Mendy di lini belakang mereka. Ada pula Kalidou Koulibaly, bek tangguh yang membela Napoli. Koulibaly sudah membela negaranya sejak 2015 dan ia sudah tampil pada Piala Afrika 2017 dan 2019. Pengalaman itu bisa sangat berharga baginya untuk tampil lebih trengginas lagi pada edisi tahun ini.

Pada edisi 2019 lalu, Koulibaly tampil full dalam seluruh partai Senegal hingga semifinal. Sayangnya, ia tak bisa bermain pada laga final karena akumulasi kartu dan akhirnya Senegal pun kalah. Kali ini, Koulibaly pasti berharap bisa terus bermain bagi negaranya dan menebus kegagalan 3 tahun lalu.

Baca Juga: 10 Pemain Napoli dengan Gaji Tertinggi Musim Ini, Koulibaly Teratas!

4. Serge Aurier (Pantai Gading)

6 Pemain Bertahan Top yang Bakal Jadi Sorotan di Piala Afrika 2021potret Serge Aurier (instagram.com/sergeaurier)

Pantai Gading juga tentu jadi tim yang harus diwaspadai pada gelaran tahun ini. Sang juara edisi 2017 ini memang sudah tak memiliki banyak pemain top di lini depan, tapi lini belakang mereka masih bisa diandalkan. Les Elephants punya Serge Aurier, bek kanan yang pernah lama membela Tottenham Hotspur dan kini berseragam Villarreal.

Aurier adalah pemain yang sangat berpengalaman membela timnas. Ia termasuk salah satu pemain yang turut menjuarai Piala Afrika 2015. Aurier juga sudah punya catatan 74 caps sejauh ini dan kini dipercaya menjadi kapten negaranya. Pastilah Aurier bakal jadi salah satu pemain kunci perjuangan Pantai Gading pada gelaran kali ini.

5. Eric Bailly (Pantai Gading)

6 Pemain Bertahan Top yang Bakal Jadi Sorotan di Piala Afrika 2021potret Eric Bailly (instagram.com/ericbailly24)

Selain Aurier, Pantai Gading juga punya Eric Bailly, bek tengah yang merupakan pemain Manchester United. Bailly memang jarang diandalkan klubnya, tapi bersama negaranya ia punya peran vital. Seperti Aurier, Bailly termasuk ke dalam skuad Pantai Gading yang memenangi Piala Afrika 2015.

Keberadaan Aurier serta Bailly bakal membuat Pantai Gading memiliki pertahanan yang tangguh. Hal itu penting karena mereka tak memiliki banyak nama besar di lini tengah dan depan. Seberapa jauh Pantai Gading bisa melangkah kali ini?

6. Achraf Hakimi (Maroko)

6 Pemain Bertahan Top yang Bakal Jadi Sorotan di Piala Afrika 2021potret Achraf Hakimi (instagram.com/achrafhakimi)

Tak lupa tentu ada Achraf Hakimi, bek kanan Paris Saint-Germain yang berasal dari Maroko. Hakimi baru berusia 23 tahun, tapi ia sudah punya pengalaman tampil di Piala Afrika 2019 lalu. Saat itu, Hakimi selalu tampil full dalam seluruh laga Maroko, tapi sayang negaranya harus gugur pada babak 16 besar.

Saat ini Maroko punya skuad yang terbilang lebih matang. Salah satu buktinya mereka bisa melaju mulus ke putaran terakhir babak kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan nilai sempurna. Sepanjang sejarah, Maroko baru satu kali memenangi Piala Afrika, yaitu pada tahun 1976 lalu. Bisakah Maroko bersama Hakimi menjuarainya lagi tahun ini?

 

Tak hanya penyerang top, para pemain bertahan di atas juga perlu disimak penampilannya pada Piala Afrika 2021 ini. Adakah di antara mereka yang bakal mengangkat trofi juara pada akhir turnamen?

Baca Juga: 5 Bek Sayap Kanan Terbaik Saat Ini, Achraf Hakimi hingga Kyle Walker

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya