Comscore Tracker

5 Pemain Bintang yang Tinggalkan Arsenal dalam Sedekade Terakhir

Arsenal semakin sering ditinggal pemain bintangnya

Arsenal adalah salah satu klub tersukses di Inggris. Namun mereka sedang mengalami masa-masa minim prestasi dalam beberapa tahun terakhir. Meski dalam sedekade terakhir The Gunners berhasil meraih 4 Piala FA dan 4 Community Shield, mereka sudah tak menjuarai Premier League sejak 2004, dan masih belum juga menjuarai Liga Champions.

Ditambah lagi, Arsenal juga ditinggal sejumlah pemain bintangnya dalam beberapa tahun terakhir, entah karena dijual maupun sebab lain. Akhirnya, perginya pemain bintang pun membuat mereka jadi makin sulit mendapatkan trofi. Inilah 5 pemain bintang yang hijrah meninggalkan Arsenal dalam 10 musim terakhir.

1. Robin van Persie

5 Pemain Bintang yang Tinggalkan Arsenal dalam Sedekade TerakhirRobin van Persie (justarsenal.com)

Pertama ada Robin van Persie, yang meninggalkan Arsenal pada awal musim 2012-13. Kepergian tersebut merupakan kerugian besar bagi Arsenal karena ia merupakan striker tajam yang menyumbangkan 132 gol dan 56 assist selama membela The Gunners. Celakanya lagi, van Persie bergabung dengan Manchester United yang notabene merupakan rival Arsenal.

Luka Arsenal semakin terasa karena di musim perdananya bersama MU, van Persie langsung sukses menjuarai Premier League, kompetisi yang tak pernah ia menangi bersama The Gunners. Pelatih Arsene Wenger sendiri sempat mengakui bahwa ia menyesal menjual van Persie, namun menyebut bahwa hal itu adalah pilihan yang realistis untuk dilakukan.

2. Serge Gnabry

5 Pemain Bintang yang Tinggalkan Arsenal dalam Sedekade TerakhirSerge Gnabry (planetfootball.com)

Arsenal juga harus kehilangan pemain kelas dunia dalam diri Serge Gnabry, yang meninggalkan klub London Utara itu pada 2016. Gnabry merupakan lulusan akademi Arsenal sendiri, dan ia promosi ke tim senior pada 2012.

Masih berusia sangat muda, Gnabry memang tak banyak dapat kesempatan membela Arsenal ketika itu. Gnabry hanya bermain 18 kali di semua ajang selama 4 musim di Arsenal, sehingga ia pun memilih untuk hengkang ke Werder Bremen.

Belakangan, Gnabry bergabung dengan Bayern Munchen dan menjelma jadi pemain top yang mampu membawa Munchen meraih 10 trofi, termasuk sixtuple winners musim lalu. Sayang sekali Arsenal malah melepasnya, ya!

Baca Juga: 10 Pemain Era Modern yang Membela Arsenal Lebih dari Satu Dekade

3. Alexis Sanchez

5 Pemain Bintang yang Tinggalkan Arsenal dalam Sedekade TerakhirAlexis Sanchez (goal.com)

Pada 2018, giliran Alexis Sanchez yang meninggalkan Arsenal. Klub yang dituju pun lagi-lagi sang rival Manchester United. Padahal kala itu, Sanchez sedang tampil luar biasa bersama Arsenal. Pemain asal Chile itu bermain total 166 kali di semua ajang dan mencetak 80 gol serta 45 assist.

Selain itu, Sanchez juga turut membawa Arsenal meraih 3 trofi berupa 2 Piala FA dan 1 Community Shield. Sanchez sendiri bergabung dengan MU karena ditukar dengan Henrikh Mkhitaryan.

Sialnya, performa kedua pemain malah jadi turun setelah ditukar. Namun Sanchez sudah mulai kembali ke performa terbaik sejak bergabung dengan Inter Milan pada 2020.

4. Petr Cech

5 Pemain Bintang yang Tinggalkan Arsenal dalam Sedekade TerakhirPetr Cech (as.com)

Arsenal juga sempat kehilangan penjaga gawang top dalam sedekade terakhir, yaitu Petr Cech. Namun bukan karena dijual, melainkan karena ia pensiun pada tahun 2019. Cech membela Arsenal selama 4 musim sejak 2015 setelah ia hengkang dari Chelsea.

Meski tak sehebat ketika membela Chelsea, Cech nyatanya masih bisa tampil ciamik bersama Arsenal. Salah satunya adalah di musim pertamanya bersama The Gunners, Cech sukses merebut Golden Glove Premier League setelah mencatat 16 clean sheet dalam semusim.

Secara total, ia tampil 139 kali bagi The Gunners dan mencatat 54 clean sheet. Kini, setelah ditinggal Cech, Arsenal masih belum mendapatkan kiper yang benar-benar bisa diandalkan.

5. Mesut Ozil

5 Pemain Bintang yang Tinggalkan Arsenal dalam Sedekade TerakhirMesut Ozil (goal.com)

Pemain bintang teranyar yang meninggalkan Arsenal adalah Mesut Ozil, gelandang asal Jerman yang terkenal dengan kemampuannya memberi assist. Ozil mulai membela Arsenal pada 2013 setelah dijual oleh Real Madrid. Ia mengabdi kepada The Gunners hingga Januari 2021, dan kemudian hengkang ke Fenerbahce setelah kontraknya diputus oleh Arsenal.

Selama membela Arsenal, Ozil mencatat 254 penampilan di semua ajang dan menyumbang 44 gol serta 77 assist. Ia juga turut membawa Arsenal meraih 3 Piala FA dan 1 Community Shield. Ozil juga sempat menjadi pemain terbaik Arsenal pada musim 2015/16.

Sayang sekali, masa-masa indah Ozil di Arsenal akhirnya harus berakhir pahit. Ia sempat berselisih dengan manajemen Arsenal sehingga akhirnya dibekukan dari skuad di awal musim 2020/21. Namun meski akhirnya berpisah dengan tidak menyenangkan, Ozil mengaku dalam surat perpisahannya bahwa Arsenal akan tetap berada di dalam hatinya.

 

Itulah 5 pemain bintang yang meninggalkan Arsenal dalam periode sedekade terakhir. Kini, hanya ada sedikit pemain di skuad Arsenal yang bisa disebut pemain bintang, dan mereka pun makin sulit bersaing di Premier League dalam beberapa musim terakhir. Sampai kapan situasi ini akan menimpa The Gunners?

Baca Juga: Disia-siakan Arsenal, 5 Pemain Aktif Ini Sukses Bersinar di Klub Lain

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya