5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak bersama Manchester United

Fred lewati rekor Anderson

Manchester United kalah 2-3 di kandang Arsenal pada pekan ke-20 English Premier League (EPL) 2022/2023. Kekalahan itu membuat Manchester United masih tertahan di peringkat keempat klasemen. Peluang Setan Merah untuk turut meramaikan perebutan gelar juara pun meredup.

Meski berakhir negatif, laga melawan Arsenal bermakna spesial bagi pemain Manchester United, Fred. Ia sempat tampil pada laga tersebut sebagai pemain pengganti. Dengan demikian, Fred kini resmi menjadi pemain Brasil dengan penampilan terbanyak bersama Manchester United.

Termasuk Fred, inilah lima pemain Brasil yang paling sering tampil membela Manchester United di semua ajang.

1. Fred (182 penampilan)

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak bersama Manchester UnitedFred (instagram.com/fred08oficial)

Laga melawan Arsenal adalah pertandingan ke-182 yang dilakoni Fred bersama Manchester United. Dalam jumlah tersebut, Fred berhasil mencetak 10 gol dan 14 assist bagi Setan Merah. Itu termasuk 2 gol dan 1 assist dalam 25 laga di semua ajang sejauh musim 2022/2023 ini.

Fred mulai bergabung dengan Manchester United pada 2018. Pada beberapa musim pertamanya, ia kerap dikritik karena sering tampil buruk di lini tengah Setan Merah. Namun, kini Fred sudah jauh berkembang menjadi lebih baik.

Musim ini, Fred lebih sering turun sebagai pemain pengganti. Namun, ia hampir selalu tampil apik setiap diberi kesempatan. Kemungkinan besar, Fred akan berperan penting bagi Manchester United sepanjang musim ini.

2. Anderson (181 penampilan)

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak bersama Manchester UnitedAnderson (manutd.com)

Sebelum direbut oleh Fred, predikat pemain Brasil dengan penampilan terbanyak bagi Manchester United dimiliki Anderson. Ia adalah gelandang yang memperkuat Setan Merah pada 2007–2015. Di semua ajang, Anderson mencatat total 181 penampilan dengan sumbangsih 9 gol.

Anderson juga berperan membawa Manchester United meraih 9 trofi, termasuk 4 trofi EPL. Meski terbilang sukses, Anderson kerap dinilai gagal memaksimalkan potensinya bersama Manchester United.

Anderson punya talenta luar biasa yang membuat Manchester United mendatangkannya pada usia 19 tahun. Sayangnya, ia kerap kurang bekerja keras di lapangan, plus rentan cedera. Karena itu, tak heran Anderson jarang dipanggil mewakili Timnas Brasil.

Baca Juga: Arsenal Curi Poin Penuh Atas Manchester United

3. Rafael da Silva (170 penampilan)

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak bersama Manchester UnitedRafael da Silva (manutd.com)

Berikutnya, ada Rafael da Silva, bek sayap yang membela Manchester United pada 2008–2015. Rafael paling sering bermain di pos bek kanan Setan Merah. Diplot sebagai pengganti Gary Neville yang saat itu mulai menua, Rafael terbilang sukses menjalankan perannya dengan baik.

Alhasil, Rafael pun dipercaya tampil 170 kali di semua ajang. Total 8 trofi juga berhasil ia raih bersama Manchester United, termasuk 4 trofi EPL. Saat ini, Rafael masih aktif bermain di negaranya sendiri bersama Botafogo.

4. Andreas Pereira (75 penampilan)

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak bersama Manchester UnitedAndreas Pereira (manutd.com)

Pemain yang satu ini masih bermain di EPL 2022/2023 bersama Fulham. Andreas Pereira adalah gelandang produk asli akademi Manchester United. Pereira menjadi pemain Manchester United pada 2014–2022, tetapi minim kesempatan bermain.

Selama menghuni Old Trafford, Pereira lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Ia pun hanya mengoleksi 75 penampilan bersama Setan Merah dengan torehan 4 gol saja. Pereira akhirnya meninggalkan Manchester United pada musim panas 2022 dan bergabung dengan Fulham.

5. Fabio da Silva (56 penampilan)

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak bersama Manchester UnitedFabio da Silva (twitter.com/ManUtd)

Terakhir, ada Fabio da Silva, saudara kembar dari Rafael da Silva. Fabio bergabung dengan Manchester United berbarengan dengan Rafael. Namun, nasib keduanya saat membela Manchester United cukup jauh berbeda.

Sementara Rafael mendapat banyak kesempatan tampil, Fabio kesulitan bersaing memperebutkan tempat di tim inti. Ia pun hanya pernah bermain 56 kali bersama Manchester United. Fabio meninggalkan Manchester United pada 2014 dan saat ini tengah membela Gremio di Liga Brasil.

 

Dari lima pemain di atas, hanya Fred yang masih membela Manchester United. Ia pun masih bisa terus mempertajam rekor penampilannya bersama Setan Merah. Suatu saat nanti, bisa jadi Fred akan dikenang sebagai salah satu legenda Manchester United.

Baca Juga: Drama Lima Gol, Arsenal Sudahi Perlawanan Manchester United

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya