5 Pemain Brighton Musim 2022/2023 yang Pernah Meraih Trofi Bergengsi

Alexis Mac Allister memenangi Piala Dunia

Brighton & Hove Albion adalah klub Inggris yang dikenal sebagai klub semenjana. Meski performanya cukup apik dalam beberapa musim terakhir, mereka tetap bukan merupakan klub besar. Brighton bahkan belum pernah memenangi trofi bergengsi sejak berdiri pada tahun 1901.

Dengan demikian, semua pemain Brighton musim 2022/2023 belum pernah memenangi trofi bareng Brighton. Namun, beberapa dari mereka ternyata pernah meraih trofi bergengsi bersama tim lain. Inilah lima pemain di antaranya, termasuk satu pemain yang baru saja menjuarai Piala Dunia!

1. Danny Welbeck

5 Pemain Brighton Musim 2022/2023 yang Pernah Meraih Trofi BergengsiDanny Welbeck (instagram.com/dannywelbeck)

Pertama, ada Danny Welbeck, striker asal Inggris membela Brighton sejak 2020. Sebelumnya, Welbeck pernah berseragam dua klub besar Inggris, yaitu Manchester United dan Arsenal. Merupakan produk akademi Manchester United, Welbeck memenangi enam trofi bareng Setan Merah.

Itu termasuk trofi English Premier League (EPL) 2012/2013. Setelah pindah ke Arsenal, Welbeck meraih dua trofi, termasuk Piala FA 2016/2017. Kini, bersama Brighton, Welbeck telah tampil 67 kali di semua ajang dan mencetak 14 gol sejauh ini.

2. Adam Lallana

5 Pemain Brighton Musim 2022/2023 yang Pernah Meraih Trofi BergengsiAdam Lallana (instagram.com/officiallallana)

Adam Lallana malah pernah menjuarai EPL dan Liga Champions dalam kariernya. Lallana adalah gelandang Inggris yang diboyong Brighton dari Liverpool pada 2020. Saat berseragam Liverpool, Lallana meraih empat trofi, termasuk Liga Champions 2018/2019 dan EPL 2019/2020.

Meski tak terlalu banyak tampil, Lallana tetap berperan dalam sukses Liverpool merengkuh semua gelar tersebut. Setelah pindah ke Brighton, Lallana kini lebih sering jadi andalan. Ia sudah bermain 73 kali bagi Brighton, termasuk 17 laga sejauh musim 2022/2023 ini.

Baca Juga: Adam Lallana Tak Lagi Bersama Liverpool, Klopp: Dia Sudah Melegenda

3. Pervis Estupinan

5 Pemain Brighton Musim 2022/2023 yang Pernah Meraih Trofi BergengsiPervis Estupinan (instagram.com/pervisestupinan_oficial)

Ada pula pemain Brighton yang pernah merasakan mengangkat trofi Europa League. Ia adalah Pervis Estupinan, bek kiri asal Ekuador. Estupinan sempat membela Villarreal pada 2020–2022 dan turut memenangi Europa League 2020/2021.

Estupinan turut andil dalam sukses Villarreal saat itu. Ia tampil 4 kali dan sempat menyumbang 1 assist di Europa League 2020/2021. Estupinan baru bergabung dengan Brighton pada musim panas 2022. Sejauh ini, ia langsung jadi andalan hingga sudah tampil 18 kali di semua ajang.

4. Joel Veltman

5 Pemain Brighton Musim 2022/2023 yang Pernah Meraih Trofi BergengsiJoel Veltman (instagram.com/joelveltman)

Joel Veltman juga pernah meraih trofi bergengsi sebelum bergabung dengan Brighton. Veltman adalah bek asal Belanda lulusan akademi Ajax Amsterdam. Ia cukup lama membela Ajax, tepatnya pada 2012–2020, dan sukses memenangi enam trofi.

Koleksi trofi Veltman bersama Ajax mencakup 3 Eredivisie Belanda dan 1 Piala KNVB. Selain itu, Veltman juga pernah meraih medali bersama Timnas Belanda. Ia merupakan bagian skuad Belanda yang menjadi juara ketiga di Piala Dunia 2014.

5. Alexis Mac Allister

5 Pemain Brighton Musim 2022/2023 yang Pernah Meraih Trofi BergengsiAlexis Mac Allister (instagram.com/alemacallister)

Alexis Mac Allister adalah satu-satunya pemain di daftar ini yang memenangi trofi saat masih membela Brighton. Ia meraihnya bersama timnas negaranya, Argentina. Bukan sembarang trofi, Mac Allister turut membawa Tim Tango juara Piala Dunia 2022.

Mac Allister juga tak sekadar numpang juara bersama Argentina. Ia punya kontribusi besar dalam gelaran di Qatar. Mac Allister menjadi starter dalam enam laga Argentina. Ia sukses menyumbang 1 gol dan 1 assist, serta sempat jadi Man of the Match saat melawan Polandia.

Trofi Piala Dunia sendiri ternyata bukan trofi pertama yang pernah dimenangi Mac Allister. Saat membela Boca Juniors, ia turut memenangi divisi utama Liga Argentina 2019/2020. Mac Allister pun pantas disebut salah satu aset terbesar Brighton saat ini.

 

Meski merupakan klub semenjana, Brighton & Hove Albion memiliki sejumlah pemain yang berpengalaman meraih gelar bergengsi. Mungkinkah para pemain tersebut juga bisa membawa Brighton meraih trofi suatu saat nanti?

Baca Juga: Brighton Curi Poin Penuh Atas Liverpool

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya