5 Pemain Chelsea yang Mencetak Banyak Gol pada Musim Debut

Bisakah Pierre-Emerick Aubameyang menyusul?

Chelsea akhirnya mendapatkan striker baru pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2022. Pierre-Emerick Aubameyang dibeli dari Barcelona dengan harga 12 juta euro atau Rp178 miliar. Aubameyang jadi pembelian berharga karena Chelsea memang butuh striker yang bisa diandalkan.

Aubameyang sendiri sudah berpengalaman main di English Premier League (EPL) bersama Arsenal. Maka, bisa jadi ia bakal cepat beradaptasi dan mencetak banyak gol sepanjang 2022/2023. Jika berhasil, ia bakal menyusul capaian lima pemain berikut yang tampil tajam pada musim debutnya bareng Chelsea.

1. Jimmy Floyd Hasselbaink (26 gol)

5 Pemain Chelsea yang Mencetak Banyak Gol pada Musim DebutJimmy Floyd Hasselbaink (chelseafc.com)

Striker Chelsea yang mencetak paling banyak gol pada musim debutnya sejak era Premier League adalah Jimmy Floyd Hasselbaink. Hasselbaink adalah striker asal Belanda yang bergabung dengan Chelsea pada 2000. Sebelumnya, Hasselbaink pernah menjadi top skor EPL pada 1997/1998 bersama Leeds United.

Bersama Chelsea, Hasselbaink langsung tampil tajam pada musim pertamanya. Ia membuat 26 gol di semua ajang, termasuk 23 gol di liga yang membuatnya kembali menjadi top skor. Hasselbaink pun tercatat sebagai salah satu pemain yang pernah jadi top skor EPL bersama dua klub berbeda.

2. Diego Costa (20 gol)

5 Pemain Chelsea yang Mencetak Banyak Gol pada Musim DebutDiego Costa (chelseafc.com)

Diego Costa juga langsung trengginas pada musim debutnya membela Chelsea. Striker Spanyol kelahiran Brasil ini bergabung dengan The Blues pada 2014. Ternyata, Costa berhasil tampil memesona sepanjang 2014/2015 dengan torehan dua puluh gol di semua ajang.

Ketajaman Costa turut membawa Chelsea menjuarai EPL dan Piala Liga pada musim tersebut. Trofi EPL 2016/2017 pun sukses diraih Costa bersama Chelsea. Secara total, ia mencetak 58 gol dalam 120 penampilan selama tiga musim membela Chelsea.

3. Didier Drogba (16 gol)

5 Pemain Chelsea yang Mencetak Banyak Gol pada Musim DebutDidier Drogba (chelseafc.com)

Didier Drogba tentu termasuk ke daftar ini. Striker asal Pantai Gading itu adalah pemain tertajam keempat dalam sejarah Chelsea dengan koleksi 164 gol. Ketajaman Drogba sudah terlihat pada musim debutnya yaitu 2004/2005 setelah ia dibeli Chelsea dari Olympique Marseille.

Drogba membuat 16 gol dalam 41 penampilan sepanjang musim tersebut. Ia pun berperan besar membawa Chelsea menjuarai EPL untuk pertama kali, plus meraih trofi Piala Liga. Dua trofi itu mengawali total empat belas trofi yang diraih Drogba selama berkostum Chelsea.

4. Tore Andre Flo (15 gol)

5 Pemain Chelsea yang Mencetak Banyak Gol pada Musim DebutTore Andre Flo (chelseafc.com)

Berikutnya, ada dua pemain yang mencetak lima belas gol pada musim debutnya di Chelsea. Tore Andre Flo lebih dulu melakukannya pada musim 1997/1998. Saat itu, striker asal Norwegia tersebut baru didatangkan Chelsea dari Brann, klub di negara asalnya.

Ternyata, Flo berhasil tampil tajam bersama Chelsea. Ia mencetak 50 gol selama tiga musim membela Chelsea, termasuk 15 gol pada musim debutnya. Ketajaman Flo juga berbuah lima trofi bagi The Blues, termasuk dua trofi Eropa.

5. Alvaro Morata (15 gol)

5 Pemain Chelsea yang Mencetak Banyak Gol pada Musim DebutAlvaro Morata (chelseafc.com)

Alvaro Morata juga berhasil membuat lima belas gol pada musim perdana di Chelsea. Morata diboyong ke London pada musim panas 2017. Awalnya, Morata tampil memukau bersama Chelsea. Ia mencetak 6 gol dalam 6 laga awal EPL 2017/2018. Namun, setelah itu ketajaman Morata mulai menurun.

Meski demikian, striker asal Spanyol ini tetap berhasil mencapai jumlah 15 gol. Ia pun menjadi top skor kedua Chelsea pada musim tersebut, di bawah Eden Hazard. Morata terus bertahan di Chelsea hingga 2020 dan membuat total 24 gol dalam 72 penampilan.

 

Tidak mudah untuk membuat banyak gol pada musim debut bersama klub baru. Namun, Pierre-Emerick Aubameyang berpotensi melakukannya di Chelsea. Ia punya ketajaman serta pengalaman bermain di EPL. Berapa gol yang akan diciptakan Aubameyang bagi Chelsea sepanjang 2022/2023?

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Bintang Chelsea yang Kerap Terlupakan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya