Comscore Tracker

5 Pemain Chile yang Pernah Membela Klub Ligue 1, Alexis Terbaru

Ada nama yang sukses menjuarai Ligue 1 juga, nih!

Alexis Sanchez akhirnya resmi bergabung dengan Olympique Marseille setelah meninggalkan Inter Milan, klub yang ia bela sejak 2019. Striker asal Chile ini pun merapat ke Marseille dengan status bebas transfer. 

Hadirnya Alexis Sanchez tentu akan membuat Ligue 1 Prancis 2022/2023 makin menarik untuk disimak. Selain itu, Alexis juga menambah deretan pemain asal Chile yang pernah membela klub Ligue 1.

Termasuk Alexis, berikut kelima nama pemain Chile yang merumput di Ligue 1.

1. Pablo Contreras

5 Pemain Chile yang Pernah Membela Klub Ligue 1, Alexis TerbaruPablo Contreras berseragam Timnas Chile (skysports.com)

Beberapa pemain asal Chile ternyata tak sekadar jadi penggembira di Ligue 1 Prancis. Ada yang sukses berprestasi, bahkan membawa klubnya jadi juara.

Yang pertama melakukannya adalah Pablo Contreras. Contreras membela AS Monaco pada 1999–2001 dan turut memenangi Ligue 1 musim 1999/2000.

Selain itu, trofi Piala Super Prancis 2000 pun diraih Contreras bersama Monaco. Contreras yang saat itu baru berusia 21 tahun memiliki andil cukup besar dalam kesuksesan Monaco tersebut. Selama membela Monaco, Contreras mencatat 37 penampilan di semua ajang dengan sumbangan 1 gol.

2. Marco Estrada

5 Pemain Chile yang Pernah Membela Klub Ligue 1, Alexis TerbaruMarco Estrada (mhscfoot.com)

Pemain Chile kedua yang sukses meraih trofi Ligue 1 adalah Marco Estrada. Estrada merupakan gelandang bertahan yang bermain di Liga Prancis medio 2010–2013 bersama Montpellier. Montpellier adalah klub semenjana Prancis, tetapi mereka membuat kejutan luar biasa pada 2011/2012 dengan menjuarai Ligue 1.

Estrada berandil besar dalam kesuksesan tersebut karena merupakan salah satu pemain kunci Montpellier. Selama tiga musim membela Montpellier, Estrada bermain 99 kali dan menorehkan 9 gol serta 12 assists. Montpellier sendiri adalah satu-satunya klub Eropa yang pernah dibela Estrada sepanjang kariernya.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Bisa Menggantikan Alexis Sanchez di Inter Milan

3. Guillermo Maripan

5 Pemain Chile yang Pernah Membela Klub Ligue 1, Alexis TerbaruGuillermo Maripan (instagram.com/gmaripan)

Berikutnya, ada Guillermo Maripan, pemain Chile yang masih berkarier di Ligue 1 hingga saat ini. Maripan adalah bek tengah berusia 28 tahun yang membela AS Monaco sejak 2019. Maripan sukses menjadi salah satu pemain inti Monaco dengan torehan 95 caps di semua ajang.

Maripan memang belum meraih trofi apa pun bersama Monaco sejauh ini. Prestasi terbaiknya adalah membawa Monaco mencapai final Coupe de France 2020/2021. Memiliki kontrak hingga 2024, besar kemungkinan ia masih jadi andalan Monaco pada musim 2022/2023.

4. Mauricio Isla

5 Pemain Chile yang Pernah Membela Klub Ligue 1, Alexis TerbaruMauricio Isla (twitter.com/OM_Espanol)

Sebelum Alexis Sanchez, ada pemain asal Chile yang lebih dulu membela Olympique Marseille. Ia adalah Mauricio Isla, salah satu pemain Chile dengan caps terbanyak bersama timnas. Isla sempat membela Marseille pada 2015/2016, tetapi hanya sebagai pemain pinjaman dari Juventus.

Meski hanya pinjaman, pemain berposisi bek kanan ini tergolong cukup sering diturunkan lewat catatan 38 kali penampilan di semua ajang. Marseille sendiri mengakhiri musim 2015/2016 itu di posisi ke-13 Ligue 1, tetapi sempat mencapai final Coupe de France. Saat ini, Isla masih aktif bermain di kompetisi sepak bola negara asalnya.

5. Alexis Sanchez

5 Pemain Chile yang Pernah Membela Klub Ligue 1, Alexis TerbaruAlexis Sanchez (instagram.com/olympiquedemarseille)

Alexis Sanchez menjadi pemain Chile teranyar yang berlabuh di klub Ligue 1 Prancis. Alexis menyusul jejak Mauricio Isla merapat ke Olympique Marseille. Bagi Marseille, Alexis jelas jadi tambahan amunisi berharga karena kualitasnya yang luar biasa.

Sepanjang karier, Alexis pernah sukses bersama Barcelona, Arsenal, dan Inter Milan. Ia juga masih berstatus pemain dengan caps dan gol terbanyak bagi Timnas Chile sejauh ini. Alexis pasti bisa membuat skuad Marseille makin kuat, bahkan mungkin bisa menyulitkan PSG di Ligue 1 2022/2023.

Sejauh ini, sudah ada dua pemain asal Chile yang pernah meraih trofi Ligue 1 Prancis. Alexis Sanchez cukup berpeluang menjadi yang ketiga meski tentu tidak mudah membawa Marseille menandingi PSG. Mampukah Alexis Sanchez bersama Marseille menaklukkan tantangan tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain yang Didatangkan Arsenal Bersama Alexis Sanchez, Apa Kabar?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya