5 Pemain yang Dilepas Gratis Borussia Dortmund pada Musim Panas 2023

Termasuk pemain kunci Dortmund

Borussia Dortmund mengakhiri musim 2022/2023 tanpa trofi. Sempat berada di ambang gelar juara Bundesliga Jerman, Dortmund gagal berjaya setelah terpeleset pada pekan terakhir. Memasuki bursa transfer musim panas 2023, mereka tentu harus berbenah.

Borussia Dortmund khususnya perlu bergerak mencari penggawa baru karena mereka telah kehilangan beberapa pemain. Salah satunya adalah Jude Bellingham yang dibeli mahal oleh Real Madrid. Selain itu, ada pula lima nama berikut yang hengkang secara gratis setelah kontraknya habis.

1. Raphael Guerreiro

5 Pemain yang Dilepas Gratis Borussia Dortmund pada Musim Panas 2023Raphael Guerreiro resmi bergabung dengan Bayern Munich. (fcbayern.com)

Pertama, ada Raphael Guerreiro, bek kiri asal Portugal. Guerreiro dilepas gratis oleh Borussia Dortmund karena ia menolak tawaran perpanjangan kontrak. Sang pemain kemudian merapat ke rival berat Dortmund, Bayern Munich, dan diikat dengan kontrak 3 tahun.

Kehilangan Guerreiro bisa berdampak cukup signifikan bagi Borussia Dortmund. Pasalnya, Guerreiro adalah salah satu andalan Die Borussen. Selama 7 musim membela Dortmund, ia bermain 224 kali di semua ajang dan membuat 40 gol serta 50 assist.

Itu termasuk kontribusi Guerreiro pada musim 2022/2023 lalu berupa 6 gol dan 14 assist dalam 36 laga. Kepindahan Guerreiro ke Bayern Munich pun pasti bakal memperkuat sang rival. Dortmund harus menemukan pengganti Guerreiro demi tetap bisa bersaing musim depan.

2. Mahmoud Dahoud

5 Pemain yang Dilepas Gratis Borussia Dortmund pada Musim Panas 2023Mahmoud Dahoud (bvb.de)

Sementara itu, Mahmoud Dahoud memilih bergabung dengan Brighton & Hove Albion setelah meninggalkan Dortmund. Seperti Guerreiro, Dahoud memilih menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Dortmund. Pasalnya, ia menginginkan kontrak jangka panjang, tak seperti yang ditawarkan Dortmund.

Dahoud pun mengakhiri pengabdiannya kepada Dortmund yang dimulai pada 2017. Gelandang Jerman kelahiran Siria itu mencatat total 141 laga selama membela Dortmund. Pengalaman Dahoud bermain di level top bakal jadi aset berharga bagi Brighton, yang bakal tampil di Eropa untuk pertama kali.

Baca Juga: Resmi! Mahmoud Dahoud Hijrah dari Dortmund ke Brighton

3. Felix Passlack

5 Pemain yang Dilepas Gratis Borussia Dortmund pada Musim Panas 2023Felix Passlack (instagram.com/passlackfelix)

Tak hanya bek kiri, Borussia Dortmund juga melepas salah satu bek kanan mereka secara gratis. Pemain yang dimaksud adalah Felix Passlack, bek kanan berusia 25 tahun. Setelah hengkang, Passlack bergabung dengan sesama klub Bundesliga, VfL Bochum.

Bagi Borussia Dortmund, kehilangan Passlack seharusnya tak terlalu memusingkan. Sejak lulus dari akademi Dortmund pada 2016, Passlack memang minim kesempatan bermain. Ia pun hengkang dengan catatan hanya 55 penampilan di semua ajang bersama Die Borussen.

4. Luca Unbehaun

5 Pemain yang Dilepas Gratis Borussia Dortmund pada Musim Panas 2023Luca Unbehaun (instagram.com/lucaunbehaun25)

Luca Unbehaun malah belum pernah tampil memperkuat tim utama Borussia Dortmund sejak lulus dari akademi. Unbehaun adalah penjaga gawang yang berusia 22 tahun. Ia masuk tim senior Borussia Dortmund pada 2019, tetapi hanya pernah diberi kesempatan tampil bersama tim reserve.

Bersama tim reserve Borussia Dortmund, Unbehaun mencatat 59 penampilan. Setelah pergi, Unbehaun pun hanya bergabung dengan tim kasta bawah. Ia dikontrak 1 tahun oleh SC Verl yang bermain di divisi ketiga Liga Jerman.

5. Anthony Modeste

5 Pemain yang Dilepas Gratis Borussia Dortmund pada Musim Panas 2023Anthony Modeste (bvb.de)

Satu lagi pemain yang dilepas gratis oleh Borussia Dortmund pada musim panas 2023 adalah Anthony Modeste. Ia hengkang setelah hanya 1 musim membela Dortmund. Modeste awalnya datang dengan reputasi mentereng setelah mencetak 20 gol di Bundesliga 2021/2022.

Sayangnya, Modeste gagal menunjukkan sinarnya bersama Dortmund. Striker asal Prancis itu tampil 29 kali sepanjang 2022/2023 tetapi hanya mencetak dua gol. Sejauh ini, Modeste masih belum mendapat klub baru setelah dilepas Dortmund.

 

Secara total, Borussia Dortmund sudah melepas delapan pemain pada bursa transfer musim panas 2023. Dortmund tentu harus menambal kepergian mereka dengan nama-nama baru. Siapa saja pemain anyar yang bakal didatangkan Borussia Dortmund?

Baca Juga: 10 Fakta Anthony Modeste, Striker Underrated yang Moncer di Bundesliga

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya