5 Pemain Ekuador dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Ada Caicedo

Antonio Valencia sulit terkejar

Moises Caicedo tampil dalam laga English Premier League (EPL) 2022/2023 pekan ke-27. Sang gelandang asal Ekuador membela Brighton & Hove Albion saat bermain imbang 2-2 dengan Leeds United. Meski gagal menang, laga tersebut bermakna spesial bagi Caicedo.

Pasalnya, itu adalah penampilan ke-31 bagi Caicedo di EPL. Ia pun kini masuk dalam jajaran lima pemain Ekuador dengan jumlah penampilan terbanyak di Premier League.

Inilah deretan pemain Ekuador dengan penampilan terbanyak di EPL.

1. Antonio Valencia (325 penampilan)

5 Pemain Ekuador dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Ada CaicedoAntonio Valencia (manutd.com)

Pemain Ekuador tersukses yang pernah berkarier di Premier League tentu adalah Antonio Valencia. Ia meraih 2 trofi EPL dan 7 gelar lainnya selama membela Manchester United pada 2009–2019. Valencia pun masih menjadi satu-satunya pemain Ekuador yang pernah menjuarai EPL.

Selain itu, Valencia juga adalah pemain Ekuador yang paling sering tampil di EPL, yaitu 325 kali. Rinciannya adalah 241 laga bersama Manchester United dan 84 partai bersama Wigan Athletic. Rekor penampilan Valencia di EPL kemungkinan besar masih akan bertahan lama.

2. Ulises de la Cruz (104 penampilan)

5 Pemain Ekuador dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Ada CaicedoUlises de la Cruz (twitter.com/premierleague)

Selain Valencia, hanya ada satu pemain Ekuador yang menembus seratus penampilan di Premier League. Ia adalah Ulises de la Cruz, bek kanan yang bermain di EPL pada 2002–2008. Ia mengoleksi total 104 laga di EPL. Sebagian besar bersama Aston Villa, sisanya saat membela Reading.

Sayangnya, De la Cruz gagal meraih trofi selama bermain di Inggris. Raihan terbaiknya adalah turut membawa Aston Villa finis di peringkat keenam EPL 2003/2004. Setelah gantung sepatu pada 2012, De la Cruz banting setir ke dunia politik.

Baca Juga: 10 Potret Moises Caicedo, Gelandang Tangguh Brighton & Hove Albion

3. Enner Valencia (75 penampilan)

5 Pemain Ekuador dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Ada CaicedoEnner Valencia (whufc.com)

Ada pula Enner Valencia, top skor Timnas Ekuador sepanjang masa. Enner Valencia bermain di Premier League bersama West Ham United pada 2014–2017. Pada musim terakhirnya, ia juga sempat jadi pinjaman di Everton.

Total penampilan Enner Valencia bersama kedua klub tersebut di EPL adalah 75 laga. Namun, ia hanya menorehkan sebelas gol di EPL. Valencia baru subur setelah hijrah ke Fenerbahce. Saat ini, ia sedang memimpin daftar top skor Super Lig Turki 2022/2023.

4. Jefferson Montero (66 penampilan)

5 Pemain Ekuador dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Ada CaicedoJefferson Montero (swanseacity.com)

Jefferson Montero berada di urutan berikutnya dengan 66 penampilan di Premier League. Montero adalah winger yang sempat membela Swansea City pada 2014–2020. Tiga musim pertamanya bersama Swansea dilalui di EPL sebelum terdegradasi ke divisi Championship.

Sayangnya, Montero hanya mencetak 1 gol dan 10 assist di EPL. Tak heran jika namanya jarang dikenal meski jumlah penampilannya cukup banyak. Saat ini, Montero yang sudah berusia 33 tahun masih melanjutkan karier di negaranya sendiri.

5. Moises Caicedo (31 penampilan)

5 Pemain Ekuador dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Ada CaicedoMoises Caicedo (instagram.com/moises_caicedo55)

Moises Caicedo kini menjadi pemain Ekuador dengan penampilan terbanyak kelima di Premier League. Gelandang 21 tahun ini sudah menjelma jadi salah satu pemain kunci Brighton & Hove Albion. Sejak bergabung pada awal 2021, Caicedo sudah tampil 31 kali di EPL.

Caicedo sendiri sempat diisukan bakal meninggalkan Brighton pada Januari 2023. Meski akhirnya batal, ia masih punya kans untuk hengkang pada musim panas 2023 mendatang.

Kemungkinan besar Caicedo bakal tetap bermain di EPL. Sebagian besar klub yang mengincarnya memang klub EPL, seperti Arsenal dan Chelsea. Caicedo pun berpeluang terus menambah jumlah penampilannya di EPL hingga beberapa musim mendatang.

Rekor penampilan Antonio Valencia di EPL bakal sulit dikejar pemain Ekuador lain. Namun, Moises Caicedo punya peluang melakukannya. Masih muda dan berkualitas, ia bisa terus berkarier dan mengoleksi ratusan penampilan di EPL.

Baca Juga: 6 Momen Gol Enner Valencia Bersama Ekuador di Piala Dunia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya