Comscore Tracker

6 Momen Gol Enner Valencia Bersama Ekuador di Piala Dunia

Ia mampu tampil tajam di Piala Dunia 2022

Timnas Ekuador harus pulang lebih awal di Piala Dunia 2022. Mereka gagal lolos dari grup A setelah hanya menempati posisi tiga di bawah Belanda dan Senegal. 

Ekuador boleh pulang duluan, tapi nama Enner Valencia akan selalu terpampang sebagai salah satu pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2022. Striker andalan Ekuador ini mengoleksi tiga gol dari tiga laga di babak grup. 

Tambahan tiga gol di Piala Dunia 2022 membuat Enner Valencia total sudah membukukan enam gol di Piala Dunia. Berikut enam momen gol Enner Valencia bersama Ekuador di Piala Dunia. 

1. Ekuador vs Swiss (Piala Dunia 2014) 

6 Momen Gol Enner Valencia Bersama Ekuador di Piala DuniaEnner Valencia dalam laga melawan Swiss di Piala Dunia 2014 (fifa.com)

Piala Dunia 2014 menjadi Piala Dunia pertama yang diikuti Enner Valencia. Timnya kala itu berada di grup E yang diisi oleh Swiss, Honduras, dan Prancis. 

Ekuador pada laga perdana bertemu Swiss. Enner Valencia langsung mencuri perhatian dengan mencetak satu gol di babak pertama. Namun, Swiss berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 di babak kedua. 

2. Ekuador vs Honduras (Piala Dunia 2014) 

6 Momen Gol Enner Valencia Bersama Ekuador di Piala DuniaEnner Valencia dalam laga kontra Honduras di Piala Dunia 2014 (fifa.com)

Kalah di laga pertama dari Swiss, Ekuador membidik kemenangan di laga kedua menghadapi Honduras. Benar saja, La Tri berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1.

Enner Valencia lagi-lagi menjadi sosok pencetak gol Ekuador. Ia memborong kedua gol kemenangan timnya. 

Valencia total mencetak tiga gol di Piala Dunia 2014. Ia gagal menambah jumlah golnya di laga terakhir grup E melawan Prancis. 

Baca Juga: 5 Pemain Ekuador Paling Menonjol saat Berhasil Memaksa Belanda Imbang

3. Ekuador vs Qatar (Piala Dunia 2022) 

6 Momen Gol Enner Valencia Bersama Ekuador di Piala DuniaEnner Valencia sukses mencetak dua gol kemenangan Ekuador atas Qatar di Piala Dunia 2022 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Bermodal pengalaman apik dari Piala Dunia 2014, Enner Valencia kembali membela Ekuador di Piala Dunia 2022. Striker berumur 33 tahun ini juga mendapat keistimewaan dengan didapuk sebagai kapten. 

Usia memang boleh dikatakan tua, tapi ketajaman Enner Valencia masih belum sirna. Ia tampil ganas di laga pembuka grup A melawan tuan rumah, Qatar, dengan memborong dua gol yang berujung kemenangan 2-0 untuk Ekuador. 

4. Ekuador vs Belanda (Piala Dunia 2022) 

6 Momen Gol Enner Valencia Bersama Ekuador di Piala DuniaEnner Valencia di Piala Dunia 2022 (instagram.com/ennervalencia1)

Ekuador kemudian berjumpa Belanda di matchday kedua grup A Piala Dunia 2022. La Tri terlebih dahulu tertinggal satu gol di babak pertama. 

Untungnya, Ekuador memiliki sosok Enner Valencia. Ia kembali unjuk kebolehan dengan mencetak gol yang membuat skor imbang 1-1. Skor tersebut bertahan hingga akhir laga. 

Enner Valencia secara total mengoleksi tiga gol di Piala Dunia 2022. Kegagalannya menambah gol di laga pamungkas kontra Senegal juga selaras dengan kegagalan Ekuador lolos dari grup A. 

5. Statistik keseluruhan Enner Valencia di level tim nasional

6 Momen Gol Enner Valencia Bersama Ekuador di Piala DuniaEnner Valencia (twitter.com/FIFAWorldCup)

Enner Valencia pertama kali tampil untuk tim senior Ekuador pada 1 Maret 2012. Waktu itu, Ekuador bertanding melawan Honduras dalam laga persahabatan. 

Termasuk enam golnya di Piala Dunia, Enner Valencia total menorehkan 38 gol dari 77 laga bersama Ekuador. Ia juga sukses menyumbang 12 assists

 

Enner Valencia bisa dikatakan sebagai pemain terbaik yang pernah dimiliki Ekuador. Ia menjadi mesin gol andal La Tri khususnya di pentas Piala Dunia. Kira-kira, adakah pemain Ekuador lainnya yang bisa melalui catatan gol Enner Valencia di Piala Dunia? 

Baca Juga: 6 Pencetak Gol Ekuador di Piala Dunia, Enner Valencia Paling Tajam

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya