5 Pemain yang Ketajamannya Menurun di Premier League 2022/2023

Termasuk top skor musim lalu

English Premier League (EPL) adalah salah satu liga terketat dan tersulit di dunia. Sulit bagi sebuah klub untuk konsisten tampil apik di setiap musim Premier League. Begitu pula dengan para pemain. Naik turun performa adalah hal yang amat wajar dialami.

Dalam hal kesuburan mencetak gol, beberapa pemain sedang mengalami musim yang sulit pada 2022/2023. Padahal, musim 2021/2022 lalu mereka sukses mengoleksi banyak gol. Inilah lima pemain di Premier League 2022/2023 yang ketajamannya menurun dibanding musim lalu.

1. Son Heung Min

5 Pemain yang Ketajamannya Menurun di Premier League 2022/2023Son Heung Min (tottenhamhotspur.com)

Son Heung Min adalah salah satu pemain yang jumlah golnya menurun paling drastis di EPL 2022/2023. Musim lalu, Son sukses merebut sepatu emas Premier League berkat torehan 23 gol. Pria Korea Selatan ini pun menjadi pemain Asia pertama yang mendapatkan gelar tersebut.

Musim 2022/2023 ini, Son tentu masih jadi andalan Tottenham Hotspur. Namun, ketajamannya menurun drastis. Ia baru membuat 6 gol dalam 24 laga EPL sejauh ini. Son memang sempat mencetak hat-trick pada pekan ke-8. Namun, selebihnya, namanya jarang masuk papan skor.

Penurunan ketajaman Son jadi salah satu sebab inkonsistensi performa Tottenham musim ini. Bahkan, Son mengaku merasa bersalah saat Antonio Conte dipecat dari kursi pelatih Spurs.

2. Kevin De Bruyne

5 Pemain yang Ketajamannya Menurun di Premier League 2022/2023Kevin De Bruyne (instagram.com/kevindebruyne)

Kevin De Bruyne juga tampil tajam di EPL 2021/2022. Gelandang Manchester City ini mencetak 15 gol. Itu adalah jumlah gol terbanyak De Bruyne dalam semusim EPL sepanjang kariernya. Biasanya, gelandang asal Belgia ini memang lebih dikenal dengan torehan assist, bukan gol.

Musim ini, jumlah gol De Bruyne menurun. Ia baru lima kali menjebol gawang lawan di EPL. Namun, itu bukan pertanda performa yang buruk. Kedatangan Erling Haaland ke Manchester City membuat De Bruyne kembali ke peran utamanya, yaitu membuat assist.

Dengan demikian, meski jumlah golnya menurun, torehan assist De Bruyne meningkat. Ia sudah mengoleksi 13 assist di EPL musim ini, naik dibanding 8 assist musim lalu. Posisi De Bruyne pun makin kokoh sebagai pemain aktif Premier League dengan assist terbanyak.

Baca Juga: 9 Inspirasi Gaya Kasual ala Kevin de Bruyne, Mudah Disontek!

3. Diogo Jota

5 Pemain yang Ketajamannya Menurun di Premier League 2022/2023Diogo Jota (instagram.com/diogoj_18)

Ada pula pemain yang ketajamannya menurun di EPL 2022/2023 karena masalah cedera. Ia adalah Diogo Jota, winger Liverpool. Musim lalu, Jota membuat 15 gol di Premier League. Namun, musim ini, koleksi golnya masih nihil hingga pekan ke-29.

Cedera menjadi alasan utama penurunan performa Jota. Ia sempat dua kali cedera hingga menepi selama hampir 5 bulan. Jota pun baru tampil 12 kali di EPL musim ini, 6 di antaranya sebagai starter. Sejauh musim ini, kontibusi Jota di EPL baru sebatas tiga assist.

4. Jamie Vardy

5 Pemain yang Ketajamannya Menurun di Premier League 2022/2023Jamie Vardy (instagram.com/vardy7)

Jamie Vardy juga sedang amat tumpul di Premier League 2022/2023. Vardy sudah 28 kali tampil di EPL musim ini, baik sebagai starter maupun pengganti. Hasilnya, baru satu gol yang ia cetak. Jika menghitung semua ajang, torehannya pun hanya empat gol.

Jumlah itu jomplang jika dibandingkan dengan torehannya di EPL musim lalu, yaitu 15 gol. Bahkan, Vardy selalu mencetak dua digit gol per musim di EPL sejak 2015/2016. Bisa jadi, itu pertanda bahwa striker 36 tahun itu memang mulai habis dimakan usia.

5. Raheem Sterling

5 Pemain yang Ketajamannya Menurun di Premier League 2022/2023Raheem Sterling (instagram.com/sterling7)

Satu pemain lagi adalah Raheem Sterling. Winger asal Inggris itu pindah dari Manchester City ke Chelsea pada musim panas 2022. Musim lalu, ia menorehkan 13 gol di EPL sebagai persembahan terakhirnya bagi The Citizens.

Awalnya, Sterling tampaknya tak kesulitan beradaptasi di Chelsea. Ia langsung mencetak 3 gol dalam 5 penampilan awal bareng The Blues di EPL. Sayangnya, setelah itu ia hanya berhasil menambah satu gol.

Statistik Sterling pun kini masih mentok di angka 4 gol dalam 20 penampilan. Dibarengi tumpulnya beberapa penggawa Chelsea yang lain, tak heran The Blues tampil buruk di EPL 2022/2023.

 

Premier League 2022/2023 masih menyisakan beberapa partai lagi. Lima pemain di atas masih punya kesempatan untuk meningkatkan ketajamannya pada sisa musim ini. Bisakah mereka memanfaatkan kesempatan yang ada?

Baca Juga: Gol Debut Raheem Sterling untuk 3 Klub Berbeda

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya