Hebat, 7 Pemain Ini Pernah Membela Tiga Klub Besar Premier League

Mereka pernah membela 3 klub anggota Big Six

Dalam beberapa musim terakhir, Premier League Inggris mengenal istilah The Big Six alias 6 klub besar yang senantiasa diunggulkan di papan atas setiap musim. Keenam klub tersebut adalah Manchester United, Liverpool, Manchester City, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Meski kadang naik turun, umumnya publik setuju bahwa keenam klub tersebut memang pantas diunggulkan karena skuad mereka kerap diisi pemain-pemain kelas dunia. Nah, dalam beberapa dekade terakhir ada sejumlah pemain yang pernah bermain di sedikitnya 3 dari 6 klub besar tersebut. Siapa saja mereka? Ini dia 6 pemain di antaranya.

1. Andy Cole (Arsenal, Manchester United, dan Manchester City)

Hebat, 7 Pemain Ini Pernah Membela Tiga Klub Besar Premier Leaguestrettynews.com

Andy Cole memang terkenal sebagai legenda Manchester United, klub tempat ia menghabiskan 6 musim dan bertabur 11 gelar. Namun, sebenarnya ia memulai karier sepak bolanya di Arsenal. Cole muda dikontrak Arsenal pada 1989 hingga 1992, namun ia hanya sempat bermain satu kali saja untuk Arsenal sehingga akhirnya hengkang ke klub lain.

Selain Arsenal dan MU, Cole juga pernah membela Manchester City pada musim 2005/2006. Ia dipercaya tampil 23 kali dan mencetak 10 gol. Sebuah catatan yang cukup bagus, namun akhirnya Cole memilih untuk hengkang lagi di musim berikutnya. Cole memang terkenal sering gonta-ganti klub dan secara total membela 12 klub sepanjang kariernya.

2. Emmanuel Adebayor (Arsenal, Manchester City, dan Tottenham Hotspur)

Hebat, 7 Pemain Ini Pernah Membela Tiga Klub Besar Premier Leagueplanetfootball.com

Sementara itu, nama Emmanuel Adebayor mulai terangkat ketika membela Arsenal mulai 2006. Ia membela Arsenal selama 3 musim, bermain 142 kali di semua ajang, dan mencetak 62 gol, dilansir Transfermarkt. Pencapaian itu membuat City yang telah menjelma menjadi klub kaya merekrutnya pada tahun 2009.

Musim pertamanya di City berjalan baik, namun seraya City mulai mendatangkan banyak striker lain yang tak kalah berkualitas, Adebayor pun tersingkir. Ia sempat dipinjamkan ke Real Madrid dan kemudian Tottenham Hotspur. Pada akhirnya Adebayor dibeli permanen oleh Spurs, klub yang notabene adalah musuh bebuyutan klub lamanya, Arsenal.

Baca Juga: 10 Pemain Tottenham Hotspur dengan Gaji Tertinggi Musim 2020/2021

3. William Gallas (Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur)

Hebat, 7 Pemain Ini Pernah Membela Tiga Klub Besar Premier Leaguetelegraph.co.uk

Tak hanya Adebayor, sejumlah pemain lain pun pernah membela Arsenal dan juga Tottenham. Salah satunya adalah William Gallas. Namun, yang unik adalah Gallas juga pernah membela Chelsea, yang artinya bek asal Prancis ini pernah bermain untuk 3 klub terbesar di London.

Klub London pertama yang dibela Gallas adalah Chelsea. Ia bermain sejak 2001 hingga 2006, kemudian hengkang ke Arsenal selama 4 musim. Setelah itu ia hijrah lagi ke Tottenham dan bermain selama 3 musim. Dari ketiga klub tersebut, Gallas hanya berhasil meraih trofi di Chelsea, tepatnya 4 trofi, termasuk 2 trofi Premier League.

4. Kolo Toure (Arsenal, Manchester City, dan Liverpool)

Hebat, 7 Pemain Ini Pernah Membela Tiga Klub Besar Premier Leaguebleacherreport.com

Nama Kolo Toure mungkin masih kalah terkenal dibanding adiknya, Yaya Toure, yang kariernya begitu luar biasa. Namun, sebenarnya perjalanan karier Kolo Toure pun tak kalah menakjubkan. Ia pernah membela tiga klub besar Inggris, yaitu Arsenal, Manchester City, dan Liverpool.

Arsenal adalah klub terlama yang ia bela, tepatnya 7 musim sejak 2002 hingga 2009. Ia juga paling sukses bersama The Gunners karena berhasil mengangkat 5 trofi di klub tersebut. Sementara City dan Liverpool masing-masing ia bela selama 3 musim. Dua trofi berhasil ia dapatkan di City, sementara di Liverpool ia gagal meraih trofi sama sekali.

5. Daniel Sturridge (Manchester City, Chelsea, dan Liverpool)

Hebat, 7 Pemain Ini Pernah Membela Tiga Klub Besar Premier Leagueliverpoolfc.com

Nama Daniel Sturridge memang paling terangkat ketika membela Liverpool selama 6 musim dan kala itu ia berhasil menampilkan permainan terbaiknya. Khususnya kala berduet bersama Luis Suarez, Sturridge jadi mesin gol yang cukup ditakuti di Premier League. Bahkan, ia pernah nyaris membawa Liverpool menjadi juara Premier League.

Namun, mungkin banyak yang tak tahu bahwa Sturridge mengawali kariernya bersama Manchester City, lalu kemudian membela Chelsea. Selama 3 musim di City dan 4 musim di Chelsea, ia memang tak terlalu bersinar. Ia hanya bermain 98 kali dan mencetak 30 gol. Namun, ia sempat turut merasakan trofi Premier League dan 2 Piala FA bersama Chelsea.

6. Yossi Benayoun (Liverpool, Chelsea, dan Arsenal)

Hebat, 7 Pemain Ini Pernah Membela Tiga Klub Besar Premier Leaguetalksport.com

Berikutnya ada gelandang asal Israel, Yossi Benayoun, yang pernah merasakan membela 3 tim besar Premier League. Yang pertama adalah Liverpool pada 2007 hingga 2010. Ia cukup sukses selama membela The Reds. Ia dipercaya tampil 134 kali di semua ajang dan mencetak 29 gol. Setelah itu, ia membela Chelsea selama 3 musim.

Namun, peruntungannya berubah cukup drastis di Chelsea. Ia jarang mendapat kesempatan hingga kemudian dipinjamkan ke Arsenal selama semusim. Pada akhirnya Benayoun justru lebih banyak tampil bersama Arsenal daripada Chelsea. Soal trofi, Benayoun justru hanya berhasil meraih trofi bersama Chelsea, yaitu trofi Europa League 2012/2013.

7. Nicolas Anelka (Arsenal, Liverpool, Manchester City, dan Chelsea)

Hebat, 7 Pemain Ini Pernah Membela Tiga Klub Besar Premier Leagueirishmirror.ie

Inilah satu-satunya pemain yang pernah membela tidak hanya 3, tetapi 4 klub anggota Big Six Premier League. Nicolas Anelka pertama membela Arsenal pada 1997 hingga 1999. Anelka yang kala itu baru berusia belasan tampil luar biasa bersama The Gunners dan mencetak 26 gol dari 82 laga selama dua musim tersebut.

Lalu pada musim 2001/2002, Anelka, yang saat itu bermain untuk Paris Saint-Germain, dipinjamkan ke Liverpool selama semusim. Musim berikutnya, ia dilepas PSG dan bergabung dengan Manchester City. Tiga musim ia habiskan bersama City dengan catatan 46 gol dari 103 penampilan.

Seolah belum puas berpetualang, Anelka lalu berpindah-pindah klub lagi sebelum akhirnya mendarat di Chelsea pada 2008. The Blues akhirnya jadi klub terlama yang ia bela, yaitu selama 4 musim dengan sumbangan 59 gol dan 38 assist. Secara total, selama membela 4 klub tersebut Anelka sukses mengumpulkan 10 trofi dengan 6 di antaranya bersama Chelsea.

 

Itulah 7 pemain yang pernah membela minimal tiga klub dari 6 klub anggota Big Six Premier League. Meski tak selalu sukses, mereka semua pasti punya kualitas mumpuni sehingga bisa dipercaya oleh klub-klub besar tersebut. Di antara mereka, siapa yang paling kamu kagumi?

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea Bernomor Punggung 7 Sebelum N'golo Kante

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya