6 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia, Legendaris!

Sudah 20 tahun tak ada yang menyaingi mereka

Timnas Italia sudah lama tak berprestasi di Piala Dunia. Setelah juara Piala Dunia 2006 Jerman, performa Gli Azzurri di Piala Dunia terjun bebas. Mereka mentok di fase grup edisi 2010 dan 2014. Lalu, pada edisi 2018 dan 2022, Italia malah tidak lolos sama sekali.

Catatan rekor dan statistik Italia di Piala Dunia pun sudah 8 tahun tak bertambah. Bahkan, daftar top skor Italia di Piala Dunia masih belum berubah sejak 2002 alias 20 tahun lalu. Inilah enam pemain teratas di daftar tersebut.

1. Paolo Rossi (9 gol)

6 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia, Legendaris!Paolo Rossi (fifa.com)

Predikat top skor Italia di Piala Dunia masih dipegang 3 nama yang masing-masing mencetak 9 gol. Yang pertama adalah Paolo Rossi, striker legendaris Italia. Rossi adalah pahlawan yang membawa Gli Azzurri juara Piala Dunia 1982 Spanyol.

Rossi mencetak enam gol di Piala Dunia 1982. Itu termasuk trigol ke gawang Brasil, 2 gol di semifinal melawan Polandia, serta 1 gol di final kontra Jerman. Rossi pun menjadi top skor serta terpilih sebagai pemain terbaik turnamen.

Sebelumnya, Rossi juga bersinar di Piala Dunia 1978 Argentina dengan mencetak 3 gol dan 2 assist. Secara keseluruhan, Rossi tampil 48 kali bagi Italia dan mencetak 20 gol. Saat ini, Rossi telah meninggal dunia sejak Desember 2020.

2. Roberto Baggio (9 gol)

6 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia, Legendaris!Roberto Baggio (fifa.com)

Roberto Baggio adalah eks striker top Italia yang terkenal dengan gaya rambut kuncir kuda. Baggio menyamai torehan gol Rossi di Piala Dunia dalam tiga edisi. Ia tampil di Piala Dunia 1990 Italia, Piala Dunia 1994 Amerika Serikat, dan Piala Dunia 1998 Prancis.

Baggio paling bersinar di Piala Dunia 1994. Ia mencetak lima gol yang meloloskan Italia ke babak final. Sayangnya, kebintangan Baggio berakhir antiklimaks. Italia kalah adu penalti di final melawan Brasil, salah satunya karena sepakan penalti Baggio melambung tinggi.

Alhasil, Baggio pensiun tanpa pernah mengangkat trofi Piala Dunia. Selama membela timnas, ia mengoleksi 27 gol dalam 56 caps. Baggio pun menjadi pemain tertajam keempat dalam sejarah Timnas Italia.

Baca Juga: Deretan Pelatih Italia yang Mampu Raih Trofi Piala Dunia

3. Christian Vieri (9 gol)

6 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia, Legendaris!Christian Vieri (twitter.com/Azzurri)

Satu lagi pemain Italia yang mencetak sembilan gol di Piala Dunia adalah Christian Vieri. Hebatnya, jumlah tersebut ia raih dalam sembilan penampilan saja di Piala Dunia. Maka, rasio gol Vieri di Piala Dunia lebih baik dibanding Rossi dan Baggio.

Vieri mencetak 5 gol di Piala Dunia 1998, serta 4 gol pada edisi 2002. Sayangnya, Italia tak bisa melaju jauh dalam kedua edisi tersebut. Saat Italia juara Piala Dunia 2006 Jerman, Vieri sudah keburu memutuskan pensiun dari timnas.

4. Salvatore Schillaci (6 gol)

6 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia, Legendaris!Salvatore Schillaci (fifa.com)

Berikutnya, ada Salvatore Schillaci, pencetak enam gol bagi Italia di Piala Dunia 1990. Schillaci pun menjadi top skor sekaligus pemain terbaik turnamen tersebut. Padahal, ia baru debut bersama timnas 3 bulan sebelum Piala Dunia 1990 digelar.

Sayangnya, karier internasional Schillaci hanya bertahan setahun. Ia pensiun dari timnas pada September 1991. Catatan total Schillaci bersama Gli Azzurri hanya 16 penampilan dengan 7 gol. Maka, karier Schillaci bersama Tim Biru Langit ibarat bintang jatuh yang datang dan pergi tiba-tiba.

5. Silvio Piola (5 gol)

6 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia, Legendaris!Silvio Piola (tengah) beraksi di Piala Dunia 1938 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Italia adalah negara pertama yang berhasil mempertahankan gelar juara Piala Dunia. Mereka melakukannya di Piala Dunia 1938 Prancis, setelah 4 tahun sebelumnya juara di negeri sendiri. Silvio Piola adalah striker yang membawa Italia berjaya pada 1938 berkat torehan lima golnya.

Saat itu, Italia hanya perlu melakoni empat laga untuk bisa jadi juara. Piola mencetak 1 gol ke gawang Norwegia, 2 gol ke gawang Prancis, dan 2 gol di final menghadapi Hungaria. Statistik total Piola bersama Timnas Italia juga memukau, yaitu 30 gol dalam 34 caps di semua ajang.

6. Alessandro Altobelli (5 gol)

6 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia, Legendaris!Alessandro Altobelli (twitter.com/Azzurri)

Terakhir, ada Alessandro Altobelli, yang juga mencetak lima gol bagi Italia di Piala Dunia. Gol pertamanya terjadi di final Piala Dunia 1982 Spanyol. Satu gol Altobelli turut membawa Italia juara berkat kemenangan 3-1 atas Jerman.

Empat gol berikutnya ditorehkan Altobelli di Piala Dunia 1986 Meksiko. Sayangnya, saat itu langkah Italia hanya mencapai babak 16 besar. Secara keseluruhan, Altobelli mencetak 25 gol dalam 61 penampilan bersama Gli Azzurri.

 

Performa Italia di Piala Dunia sedang merosot. Karena itu, sudah sejak lama tak ada pemain yang bisa mengusik torehan gol enam pemain di atas. Kapan lagi ada pemain Italia yang bisa tampil dan mencetak banyak gol di Piala Dunia?

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Paling Sering Bermain di Piala Dunia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya