Comscore Tracker

5 Pemain Italia Terakhir yang Berhasil Jadi Top Skor AC Milan

Milan lebih sering mengandalkan striker asing

AC Milan adalah salah satu klub terbesar dan tersukses di Italia. Namun, Rossoneri makin jarang mengandalkan striker asal Italia sebagai juru gedor utama. Striker asing lebih sering jadi andalan Milan di lini depan, bahkan menjadi pencetak gol terbanyak Milan dalam semusim.

Bahkan, dalam 20 tahun terakhir, hanya ada lima pemain asal Italia yang berhasil mengakhiri musim sebagai top skor AC Milan. Inilah kelima pemain tersebut, yang seluruhnya sudah tidak membela Milan.

1. Filippo Inzaghi (2002/2003)

5 Pemain Italia Terakhir yang Berhasil Jadi Top Skor AC MilanFilippo Inzaghi (twitter.com/acmilan)

Filippo Inzaghi adalah salah satu pencetak gol terbanyak AC Milan sepanjang masa. Selama membela Milan pada 2001–2012, Inzaghi mengoleksi 126 gol dalam 300 penampilan di semua ajang. Namun, Inzaghi ternyata hanya pernah sekali menjadi pemain tertajam Milan dalam satu musim.

Itu terjadi pada musim 2002/2003. Saat itu, Inzaghi mencetak 30 gol di semua ajang, hingga turut membawa Milan memenangi Liga Champions dan Coppa Italia.

Selama berkarier, Inzaghi juga pernah menjadi top skor Serie A Italia. Namun, itu terjadi pada musim 1996/1997 saat ia masih berkostum Atalanta.

2. Marco Borriello (2009/2010)

5 Pemain Italia Terakhir yang Berhasil Jadi Top Skor AC MilanMarco Borriello (instagram.com/marcoborriello)

Berikutnya, ada Marco Borriello, striker Italia yang menjadi top skor Milan musim 2009/2010. Borriello membuat 15 gol dalam 35 penampilan di semua ajang musim tersebut. Sayangnya, ketajaman Borriello tidak berbuah trofi bagi Milan.

Sebagai pemain, Borriello menjalani karier yang panjang pada 2001–2019. Namun, ketajamannya terbilang inkonsisten.

Kadang ia mencetak banyak gol, tetapi tak jarang juga mandul sepanjang musim. Karena itu, namanya jarang terdengar meski pernah berjaya bersama Milan.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Jadi Top Skor AC Milan, Siapa Berikutnya?

3. Stephan El Shaarawy (2012/2013)

5 Pemain Italia Terakhir yang Berhasil Jadi Top Skor AC MilanStephan El Shaarawy (acmilan.com)

Stephan El Shaarawy adalah winger keturunan Mesir yang memilih membela Timnas Italia. Nama El Shaarawy mulai terangkat saat memperkuat Milan pada 2011–2016. Ia bahkan sempat menjadi top skor Milan pada musim 2012/2013 dengan torehan 19 gol, padahal saat itu ia baru berusia 21 tahun.

Sayangnya, setelah itu karier El Shaarawy bersama Milan mulai menurun karena berkali-kali cedera. Secara total, El Shaarawy membela Milan selama 4 musim dan mencetak 27 gol dalam 102 laga. Saat ini, El Shaarawy yang sudah berusia 30 tahun masih bermain di Serie A bersama AS Roma.

4. Mario Balotelli (2013/2014)

5 Pemain Italia Terakhir yang Berhasil Jadi Top Skor AC MilanMario Balotelli (instagram.com/mb459)

Pada musim berikutnya alias 2013/2014, pemain asal Italia kembali menjadi top skor AC Milan. Mario Balotelli adalah peraihnya, dengan torehan 18 gol di semua ajang. Balotelli bahkan menjadi satu-satunya pemain Milan yang membuat dua digit gol pada musim tersebut.

Sayangnya, pada musim berikutnya Balotelli malah menerima tawaran pindah ke Liverpool. Bersama Liverpool, jumlah gol Balotelli menurun drastis. Balotelli kemudian sempat dipinjamkan lagi oleh Liverpool ke Milan pada 2015/2016, tetapi ketajamannya tetap tak kembali.

5. Patrick Cutrone (2017/2018)

5 Pemain Italia Terakhir yang Berhasil Jadi Top Skor AC MilanPatrick Cutrone (instagram.com/patrickcutrone)

Kali terakhir ada pemain Italia yang menjadi top skor AC Milan adalah pada musim 2017/2018. Saat itu, Patrick Cutrone berhasil membuat 14 gol di semua ajang.

Hebatnya, itu adalah musim penuh pertama Cutrone membela tim senior Milan sejak lulus dari akademi Rossoneri. Sayangnya, Cutrone hanya bertahan 2 musim di Milan.

Ia kemudian memutuskan hengkang ke Wolverhampton Wanderers (Wolves) pada 2019, namun keputusannya pindah ke Inggris menjadi langkah keliru, karena membuat kariernya meredup. Saat ini, Cutrone yang baru berusia 24 tahun sudah harus bermain di Serie B Italia bersama Como.

 

Sejak 2018, belum ada lagi pemain Italia yang bisa menjadi top skor AC Milan. Saat ini pun Rossoneri lebih banyak bertumpu pada striker asing untuk mencetak gol seperti Giroud dan Ibrahimovic. Akankah ada lagi pemain Italia yang bisa membuat banyak gol bagi Milan?

Baca Juga: 5 Pemain AC Milan Paling Bersinar pada 2022/2023, Impresif!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya