7 Pemain yang Pernah Juara Piala FA bersama Dua Klub Berbeda

Ada pemain Asia!

Piala FA adalah turnamen sepak bola tertua di dunia. Pertama kali diadakan pada musim 1871/1872, turnamen ini memiliki sisi historis yang luar biasa. Oleh karena itu, memenangi Piala FA pasti adalah pencapaian prestisius bagi klub serta pemain.

Beberapa pemain bahkan punya kehormatan untuk menjuarai Piala FA bersama dua klub berbeda. Salah satunya adalah pemain asal Asia, lho. Siapa saja mereka? Berikut ini ulasannya.

1. Francesc Fabregas

7 Pemain yang Pernah Juara Piala FA bersama Dua Klub Berbedapotret Francesc Fabregas berseragam Arsenal (skysports.com)

Sebagai klub tersukses di ajang Piala FA, Arsenal memiliki beberapa pemain yang pernah juara Piala FA bersama mereka dan klub lain. Francesc Fabregas adalah salah satunya. Gelandang asal Spanyol ini merupakan bagian skuad The Gunners saat juara Piala FA musim 2004/2005.

Fabregas kemudian sempat hijrah ke Spanyol dan membela Barcelona. Lalu, ia pulang ke Inggris dan bergabung dengan Chelsea. Bersama The Blues ia meraih trofi Piala FA keduanya pada musim 2017/2018. Kini, Fabregas yang sudah berusia 34 tahun tengah membela AS Monaco di Ligue 1 Prancis.

2. Olivier Giroud

7 Pemain yang Pernah Juara Piala FA bersama Dua Klub Berbedapotret Olivier Giroud berseragam Chelsea (skysports.com)

Olivier Giroud juga pernah menjuarai Piala FA bersama Arsenal dan Chelsea. Striker asal Prancis ini bahkan punya total empat trofi Piala FA bersama kedua klub. Tiga trofi ia raih bersama Arsenal pada musim 2013/2014, 2014/2015, dan 2016/2017.

Setelah pindah ke Chelsea, Giroud menambah koleksinya dengan menjuarai Piala FA 2017/2018. Bahkan, ia juga sempat membawa Chelsea melaju ke final musim 2019/2020 dan 2020/2021. Sayangnya, kedua final itu gagal dimenangi The Blues.

3. Petr Cech

7 Pemain yang Pernah Juara Piala FA bersama Dua Klub Berbedapotret Petr Cech berseragam Chelsea (skysports.com)

Petr Cech lebih dulu menjuarai Piala FA bersama Chelsea, baru kemudian bareng Arsenal. Selama berseragam Chelsea pada 2004 hingga 2015, Cech memang bergelimang trofi. Piala FA adalah salah satu ajang yang paling sering ia menangi, tepatnya empat kali selama membela Chelsea.

Cech kemudian pindah ke Arsenal pada 2015 hingga pensiun pada 2019. Ia masih sempat mempersembahkan trofi Piala FA bagi The Gunners pada 2016/2017. Secara total, kiper asal Republik Ceko ini punya koleksi lima trofi Piala FA selama berkarier.

Baca Juga: [BREAKING] Liverpool Juara Piala FA Usai Bekuk Chelsea

4. David Luiz

7 Pemain yang Pernah Juara Piala FA bersama Dua Klub Berbedapotret David Luiz berseragam Arsenal (skysports.com)

David Luiz juga sukses juara Piala FA bersama Chelsea lalu Arsenal. Bek asal Brasil ini pertama kali meraih trofi tersebut pada musim 2011/2012 bersama Chelsea. David Luiz lalu sempat pindah ke Paris Saint-Germain, tetapi kemudian kembali ke Chelsea pada 2016 hingga 2019.

David Luiz pun turut memenangi Piala FA 2017/2018 bersama The Blues. Setelah hijrah ke Arsenal, ia mengangkat trofi Piala FA ketiganya pada musim 2019/2020. Saat ini David Luiz sudah meninggalkan Inggris dan berkarier bersama Flamengo di negara kelahirannya.

5. Juan Mata

7 Pemain yang Pernah Juara Piala FA bersama Dua Klub Berbedapotret Juan Mata (skysports.com)

Manchester United juga sempat memenangi Piala FA pada musim 2015/2016. Salah satu pemain United, yaitu Juan Mata, pun mengoleksi trofi Piala FA keduanya saat itu. Trofi pertamanya ia raih bersama Chelsea pada musim 2011/2012.

Pemain asal Spanyol ini juga pernah meraih piala domestik saat masih membela Valencia. Ia juga pernah mengangkat trofi Piala Liga, Europa League, bahkan Liga Champions di level klub. Sayangnya, Mata justru belum pernah merasakan menjuarai liga domestik bersama klub mana pun. Bisakah ia meraihnya sebelum pensiun?

6. Ryo Miyaichi

7 Pemain yang Pernah Juara Piala FA bersama Dua Klub Berbedapotret Ryo Miyaichi berseragam Wigan Athletic (skysports.com)

Tak hanya pemain Eropa serta Amerika Latin, pemain Asia pun ternyata ada yang pernah memenangi Piala FA bersama dua klub berbeda. Ia adalah Ryo Miyaichi, winger asal Jepang yang membela Arsenal pada 2011 hingga 2015. Semasa berkostum Arsenal, Miyaichi pernah dipinjamkan ke beberapa klub, salah satunya adalah Wigan Athletic.

Miyaichi dipinjamkan ke Wigan pada 2012/2013. Ternyata, pada musim tersebut Wigan berhasil membuat kejutan dengan menjuarai Piala FA. Meski hanya sempat tampil sekali di Piala FA, Miyaichi tetap berhak mengangkat trofi tersebut.

Pada musim berikutnya alias 2013/2014, Miyaichi kembali ke Arsenal. Ternyata, musim itu pun The Gunners berhasil jadi juara Piala FA. Miyaichi pun berhak atas trofi tersebut karena sempat masuk skuad di babak perempat final meski tidak diturunkan.

7. Alex Oxlade-Chamberlain

7 Pemain yang Pernah Juara Piala FA bersama Dua Klub Berbedapotret Alex Oxlade-Chamberlain (skysports.com)

Alex Oxlade-Chamberlain menjadi pemain teranyar yang pernah memenangi Piala FA bersama dua klub berbeda. Gelandang asal Inggris ini menjuarai Piala FA tiga kali semasa membela Arsenal. Setelah itu, Oxlade-Chamberlain hengkang dan bergabung dengan Liverpool pada 2017.

Bersama Liverpool, Oxlade-Chamberlain sudah berhasil meraih enam trofi sejauh ini. Yang terbaru adalah Piala FA 2021/2022 yang didapat Liverpool setelah mengalahkan Chelsea di final. Oxlade-Chamberlain pun turut andil dalam sukses The Reds karena sempat dua kali tampil di Piala FA musim ini.

 

Tujuh pemain di atas pernah menjuarai Piala FA bersama dua klub berbeda, termasuk Alex Oxlade-Chamberlain yang juara bersama Liverpool musim ini. Adakah pemain dari klub favoritmu?

Baca Juga: Liverpool Juara Piala FA, Henderson dan Alexander-Arnold Apik

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya