5 Pemain yang Kembali ke Amerika Selatan pada Musim Panas 2022

Pulang kampung setelah sukses berkarier di Eropa

Banyak talenta pesepak bola asal Amerika Selatan yang berkarier di Eropa. Biasanya, para pemain tersebut memulai karier di negaranya masing-masing sebelum akhirnya talenta mereka dilirik oleh klub-klub Eropa. Banyak dari mereka yang akhirnya meraih sukses dan popularitas di Benua Biru.

Namun, menjelang penghujung karier, mayoritas pemain tersebut banyak yang memutuskan pulang kampung untuk bermain di liga-liga sepak bola Amerika Selatan. Keputusan serupa juga baru saja dilakukan oleh sejumlah pemain pada musim panas 2022.

Berikut kelima nama pemain sepak bola populer yang baru saja pulang ke kampung halaman di Amerika Selatan.

1. Luis Suarez

5 Pemain yang Kembali ke Amerika Selatan pada Musim Panas 2022Luis Suarez (instagram.com/Nacional)

Luis Suarez adalah salah satu pemain Uruguay terbaik di era modern. Mengawali karier bersama Nacional di kampung halaman, Suarez mulai bermain di Eropa pada 2006 bersama klub Eredivisie, Groningen. Dari situ karier Suarez terus menanjak hingga bisa sukses bersama klub-klub besar Eropa.

Pada musim panas 2022, Suarez akhirnya kembali ke negaranya sekaligus klub pertamanya, Nacional. Namun, Suarez hanya menandatangani kontrak hingga akhir 2022. Bisa jadi, itu adalah pertanda bahwa striker 35 tahun itu hanya akan sebentar membela Nacional karena ia masih ingin kembali merumput di Eropa.

2. Fernandinho

5 Pemain yang Kembali ke Amerika Selatan pada Musim Panas 2022Fernandiho (instagram.com/fernandinho)

Fernandinho juga memutuskan kembali ke klub pertamanya pada musim panas 2022. Gelandang Brasil ini berkarier di Eropa sejak 2005 yang ia awali bersama Shakhtar Donetsk. Setelah sukses meraih banyak trofi bareng Shakhtar, Fernandinho mulai membela Manchester City sejak 2013. Di sana ia akhirnya memenangi banyak gelar.

Kini, Fernandinho memilih pulang ke Brasil untuk kembali bergabung dengan Athletico Paranaense. Sudah berusia 37 tahun, ia mendapat kontrak 2,5 tahun hingga akhir 2024. Kemungkinan besar, Athletico Paranaense akan jadi klub pertama sekaligus terakhir bagi Fernandinho.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dijual Liverpool Bareng Luis Suarez, Bagaimana Kabarnya?

3. Lucas Leiva

5 Pemain yang Kembali ke Amerika Selatan pada Musim Panas 2022Lucas Leiva (instagram.com/leivalucas)

Senada dengan Suarez dan Fernandinho, Lucas Leiva juga telah kembali ke klub pertamanya. Lucas Leiva adalah gelandang asal Brasil yang populer ketika membela Liverpool selama satu dekade medio 2007–2017. Setelah itu, ia hijrah ke Lazio di Serie A Italia dan bertahan hingga musim panas 2022.

Lucas memang tak meraih banyak trofi di Eropa. Namun, ia patut berbangga karena pernah menjadi pemain terbaik Liverpool sekali dan pemain terbaik Lazio dua kali. Kini, Lucas sudah kembali membela klub pertamanya di Liga Brasil, Gremio. Ia bergabung secara gratis dengan durasi kontrak hingga akhir 2024.

4. Arturo Vidal

5 Pemain yang Kembali ke Amerika Selatan pada Musim Panas 2022Arturo Vidal (instagram.com/kingarturo23oficial)

Sementara itu, Arturo Vidal memang tidak pulang ke negaranya ataupun ke klub pertamanya. Namun, gelandang asal Chile ini kembali ke Amerika Selatan, tepatnya ke Flamengo di Liga Brasil. Vidal sendiri mulai berkarier di Eropa sejak 2007 untuk membela sejumlah klub raksasa Eropa.

Bersama Flamengo, Vidal mendapat kontrak hingga akhir 2023. Setelah itu, bisa jadi barulah ia akan pulang ke negaranya. Sejak bergabung dengan Flamengo, Vidal ternyata telah mendapat cukup banyak kesempatan bemain meski sebagian besar sebagai pemain pengganti.

5. Erick Pulgar

5 Pemain yang Kembali ke Amerika Selatan pada Musim Panas 2022Erick Pulgar (twitter.com/kingarturo23)

Pemain yang satu ini merupakan rekrutan Flamengo teranyar berikutnya yang juga berasal dari Chile. Erick Pulgar adalah gelandang bertahan yang membela Fiorentina di Serie A sebelum hijrah ke Liga Brasil. Pemain berusia 28 tahun ini baru berkarier di Eropa sejak 2015, tetapi kini ia sudah memutuskan kembali ke Amerika Selatan.

Pulgar pernah membela Bologna dan Fiorentina dengan catatan 174 penampilan di semua ajang. Namun, ia tak sempat meraih trofi selama berkarier di Eropa, termasuk saat dipinjamkan Fiorentina ke Galatasaray. Bersama Flamengo, Pulgar mendapat kontrak 3,5 tahun hingga akhir 2025.

Sebagian besar nama pemain di atas sempat mencicipi kesuksesan ketika merumput di liga-liga top sepak bola Eropa. Kini, mereka kemungkinan tengah menikmati masa menjelang tutup karier di kampung halaman. Namun, sebelum itu, apakah mereka masih bisa membawa klubnya saat ini berprestasi?

Baca Juga: 5 Pemain Chile yang Pernah Meraih Scudetto, Arturo Vidal Tersukses

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya