Comscore Tracker

6 Pemain Klub Super Lig Turki yang Mencetak Gol di Piala Dunia 2022

Ada dua pemain yang mencetak brace

Timnas Turki memang tidak terlibat di Piala Dunia 2022 Qatar. Namun, Turki seolah turut meramaikan gelaran akbar tersebut. Pasalnya, ada cukup banyak pemain klub-klub Super Lig Turki yang mewakili negaranya di turnamen 4 tahunan itu.

Bahkan, beberapa dari mereka tak sekadar tampil, tetapi sempat mencatatkan namanya di papan skor. Inilah enam pemain klub Super Lig Turki yang mencetak gol di Piala Dunia 2022.

1. Enner Valencia

6 Pemain Klub Super Lig Turki yang Mencetak Gol di Piala Dunia 2022Enner Valencia (instagram.com/ennervalencia1)

Pertama, ada Enner Valencia, striker Ekuador. Valencia mewarnai Piala Dunia 2022 dengan tiga golnya, termasuk brace ke gawang Qatar pada laga pembuka turnamen. Ia juga membuat satu gol pada laga kedua Grup A yang membawa Ekuador mencuri poin dari Belanda.

Sayangnya, Valencia gagal menjebol gawang Senegal pada matchday penentuan grup. Ekuador pun kalah 1-2 dan tersingkir pada fase grup.

Meski demikian, Valencia tetap bisa berbangga dengan statistiknya di Piala Dunia. Ditambah 3 golnya di Piala Dunia 2014 Brasil, ia punya koleksi total 6 gol.

Valencia sendiri tak hanya subur bersama timnas. Di level klub, striker Fenerbahce ini sedang tajam di Super Lig 2022/2023. Hingga pekan ke-13, Valencia memimpin daftar top skor Super Lig dengan 13 gol. Ketajaman Valencia membuat Fenerbahce merajai klasemen sementara.

2. Michy Batshuayi

6 Pemain Klub Super Lig Turki yang Mencetak Gol di Piala Dunia 2022Michy Batshuayi (instagram.com/mbatshuayi)

Tak hanya Valencia, Fenerbahce juga diwakili Michy Batshuayi di Piala Dunia 2022. Ia adalah pencetak gol kemenangan Belgia di laga pertama Grup F melawan Kanada. Ternyata, gol tunggal Batshuayi itu menjadi satu-satunya gol yang dicetak Timnas Belgia di Qatar.

Tersingkir pada fase grup, Batshuayi dan kawan-kawan pun harus kembali ke klubnya masing-masing. Seperti Valencia, Batshuayi sendiri sedang tajam bersama Fenerbahce. Meski baru bergabung pada musim panas 2022, ia sudah membuat 8 gol bagi Fenerbahce dalam 13 penampilan di semua ajang.

3. Famara Diedhiou

6 Pemain Klub Super Lig Turki yang Mencetak Gol di Piala Dunia 2022Famara Diedhiou (instagram.com/famara_diedhiou9)

Berikutnya, ada Famara Diedhiou, striker Senegal berusia 30 tahun. Meski sudah senior, Diedhiou baru punya catatan 27 caps bersama timnas. Di Piala Dunia 2022 pun ia hanya menjadi pelapis. Namun, ia sempat mencetak gol pada fase grup melawan Qatar yang dimenangi Senegal 3-1.

Di level klub, Diedhiou bermain untuk Alanyaspor, klub penghuni peringkat ke-9 klasemen sementara Super Lig Turki 2022/2023. Ia belum banyak terlibat karena sempat cedera pada awal musim. Sejauh musim ini, Diedhiou baru bermain dua kali di liga dan belum mencetak gol.

Baca Juga: 6 Momen Gol Enner Valencia Bersama Ekuador di Piala Dunia

4. Romain Saiss

6 Pemain Klub Super Lig Turki yang Mencetak Gol di Piala Dunia 2022Romain Saiss (instagram.com/romain.saiss.27)

Ada pula Romain Saiss, kapten Timnas Maroko. Meski berposisi bek tengah, Saiss sempat mencatatkan namanya di papan skor pada fase grup melawan Belgia. Saiss sendiri adalah pemain Besiktas, klub besar Turki yang saat ini sedang menempati peringkat ke-8 Super Lig.

Maroko secara mengejutkan berhasil mencapai perempat final Piala Dunia 2022. Karena itu, Saiss masih bisa menambah jumlah golnya di turnamen ini. Namun, fokus utamanya tentu mengawal lini belakang Maroko di laga melawan Portugal, Sabtu (10/12/2022) malam WIB.

5. Haji Amir Wright

6 Pemain Klub Super Lig Turki yang Mencetak Gol di Piala Dunia 2022Haji Amir Wright (instagram.com/hajiwright)

Pemain klub Super Lig Turki juga sempat membuat gol pada babak knockout Piala Dunia 2022. Ia adalah Haji Amir Wright, penyerang atau winger asal Amerika Serikat. Wright membuat satu gol saat Amerika Serikat kalah 1-3 dari Belanda hingga tersingkir pada babak 16 besar.

Wright sendiri saat ini tengah membela Antalyaspor. Ia tajam bersama klubnya dengan torehan 9 gol dalam 12 penampilan di Super Lig 2022/2023. Namun, pertahanan yang buruk membuat Antalyaspor hanya bisa bertengger di posisi ke-11 klasemen sementara Super Lig.

6. Wout Weghorst

6 Pemain Klub Super Lig Turki yang Mencetak Gol di Piala Dunia 2022Wout Weghorst (fifa.com)

Wout Weghorst membuat gol pada babak knockout Piala Dunia 2022. Tak hanya 1, tetapi 2 gol sekaligus alias brace. Sudah begitu, dua gol Weghorst membuat Belanda secara dramatis menyamakan kedudukan saat menghadapi Argentina di perempat final.

Weghorst benar-benar jadi pahlawan Belanda di laga tersebut. Masuk sebagai pemain pengganti, ia membawa Belanda mengejar defisit dua gol di pengujung pertandingan. Gol kedua Weghorst bahkan tercipta pada detik-detik terakhir injury time babak kedua.

Sayangnya, Weghorts dan kawan-kawan tetap harus pulang karena kalah adu penalti. Ia pun kembali ke klubnya saat ini, Besiktas. Ia sedang jadi pinjaman di Besiktas dari Burnley dan sejauh ini sudah membuat enam gol di Super Lig 2022/2023.

Sebagian besar pemain di atas sudah tersingkir bersama negaranya dari Piala Dunia 2022. Namun, setidaknya mereka sempat meninggalkan jejak di Qatar berupa gol bagi timnya. Capaian mereka turut mengangkat pamor klubnya sekaligus Super Lig Turki.

Baca Juga: Romain Saiss, Kapten Maroko yang Sempat Jadi Pencuci Piring Restoran

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya