3 Pemain Korea Selatan yang Pernah Meraih Trofi bersama Klub EPL

Son Heung Min belum berhasil menyusul

English Premier League (EPL) pernah diramaikan oleh beberapa pemain asal Korea Selatan. Salah satu yang paling menonjol adalah Son Heung Min. Sejak mulai membela Tottenham Hotspur pada 2015, performa Son telah menghasilkan sejumlah prestasi di EPL.

Sayangnya, sejauh ini Son belum pernah membawa Tottenham meraih trofi. Ia pun belum bisa menyusul capaian tiga pemain Korea Selatan yang sukses meraih trofi bersama klub EPL. Inilah ketiga pemain tersebut.

1. Park Ji Sung

3 Pemain Korea Selatan yang Pernah Meraih Trofi bersama Klub EPLPark Ji Sung memegang trofi EPL. (twitter.com/ManUtd)

Untuk urusan prestasi bersama klub, Park Ji Sung adalah pemain Korea Selatan tersukses di EPL. Park adalah gelandang yang paling populer saat membela Manchester United pada 2005–2012. Ia mengoleksi total 205 penampilan bersama Setan Merah, termasuk 134 laga di EPL.

Jumlah itu membuat Park tercatat sebagai pemain Asia dengan penampilan terbanyak bersama Manchester United. Ia juga punya sejumlah rekor lain. Misalnya, Park adalah pemain Asia tersukses di EPL dengan koleksi empat trofi bareng Manchester United.

Pada 2007/2008, Park jadi bagian skuad Manchester United yang juara Liga Champions Eropa. Ia pun menjadi pemain Asia pertama yang berjaya di ajang tersebut. Secara keseluruhan, ada sebelas trofi yang sukses dirah Park selama berseragam Manchester United.

2. Lee Young Pyo

3 Pemain Korea Selatan yang Pernah Meraih Trofi bersama Klub EPLLee Young Pyo (tottenhamhotspur.com)

Dua pemain lain asal Korea Selatan pernah memenangi trofi Piala Liga selama bermain di Inggris. Salah satunya adalah Lee Young Pyo, bek kiri Tottenham Hotspur pada 2005–2008. Lee cukup diandalkan oleh Tottenham Hotspur dengan total 93 penampilan dalam 3 musim.

Dua musim pertama Lee bersama Tottenham berakhir tanpa trofi. Namun, ia akhirnya meraih gelar juara pada musim 2007/2008. Trofi Piala Liga diraih The Lilywhites usai mengalahkan Chelsea di final. Hingga kini, itu masih jadi trofi mayor terakhir yang diraih Tottenham Hotspur.

Baca Juga: 3 Pencetak Gol Terbanyak Tottenham Hotspur di Premier League

3. Ki Sung Yueng

3 Pemain Korea Selatan yang Pernah Meraih Trofi bersama Klub EPLKi Sung Yueng (premierleague.com)

Ki Sung Yueng juga pernah memenangi trofi Piala Liga Inggris. Itu terjadi pada musim 2012/2013 saat Ki membela Swansea City. Padahal, itu adalah musim pertama Ki bermain di Inggris. Sebelumnya, sang gelandang Korea Selatan membela Celtic FC di Liga Skotlandia.

Ki lanjut bermain di Inggris hingga 2020. Selain Swansea City, Ki juga sempat membela Sunderland dan Newcastle United. Secara total, Ki bermain 187 kali di EPL. Jumlah itu sempat membuatnya jadi pemain Asia dengan penampilan terbanyak di EPL sebelum disalip Son Heung Min.

4. Son Heung Min punya sejumlah rekor pribadi, tetapi masih tanpa trofi

3 Pemain Korea Selatan yang Pernah Meraih Trofi bersama Klub EPLSon Heung Min memegang trofi sepatu emas EPL 2021/2022. (tottenhamhotspur.com)

Son Heung Min sebenarnya pantas disebut pemain Asia terbaik yang pernah bermain di EPL. Sejak membela Tottenham Hotspur pada 2015, Son sudah memecahkan beberapa rekor di kalangan pemain Asia. Misalnya, ia adalah pemain Asia dengan penampilan dan gol terbanyak di EPL.

Sejauh ini, Son sudah mengoleksi 103 gol dalam 267 penampilan di EPL. Jumlah itu jauh melebihi pemain Asia mana pun yang pernah bermain di EPL. Son juga sukses menjadi pemain Asia pertama yang merebut gelar top skor EPL pada musim 2021/2022 lalu.

Sayangnya, belum ada trofi kolektif yang pernah diraih Son selama bermain di Inggris. Capaian terbaiknya di EPL hanyalah jadi runner-up pada 2016/2017. Ia juga pernah membawa Tottenham ke final Liga Champions dan Piala Liga, tetapi keduanya berakhir dengan kekalahan.

Sejumlah rekor pribadi Son Heung Min di EPL kemungkinan besar akan bertahan lama. Namun, ia tetap butuh raihan trofi sebagai penegas prestasinya di sepak bola Inggris. Apakah Son harus pindah dari Tottenham Hotspur untuk mendapatkannya?

Baca Juga: 6 Klub yang Sering Dikalahkan Son Heung Min, Ada Manchester City

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya