Comscore Tracker

Selain Son, 6 Pemain Korea Selatan yang Kini Main di Liga Top Eropa

Lee Jae Sung baru bergabung dengan Mainz 05

Son Heung Min layak disebut sebagai pemain Asia terbaik di dunia saat ini. Prestasi Son berbanding lurus dengan negaranya, Korea Selatan, yang merupakan salah satu negara Asia tersukses di dunia sepak bola.

Sejak dahulu, Korea Selatan memang kerap melahirkan pemain yang bisa menembus liga-liga top Eropa. Hal itu masih terjadi pada 2021/2022 ini.

1. Hwang Hee Chan

Selain Son, 6 Pemain Korea Selatan yang Kini Main di Liga Top EropaHwan Hee Chan (instagram.com/hwangheechan)

Son Heung Min bukan satu-satunya pemain Korea Selatan yang bermain di Premier League pada 2021/2022 ini. Ada pula Hwang Hee Chan, yang bisa berposisi striker maupun winger. Hwang saat ini membela Wolverhampton Wanderers dengan status pinjaman dari RB Leipzig.

Sejauh ini, Hwang cukup mampu membuktikan kapasitasnya di Inggris. Ia sudah tampil 15 kali bagi Wolves di semua ajang dan mencetak empat gol. Sayangnya, Hwang saat ini tengah cedera, sehingga belum bisa tampil lagi sejak pertengahan Desember 2021.

2. Lee Kang In

Selain Son, 6 Pemain Korea Selatan yang Kini Main di Liga Top EropaLee Kang In (instagram.com/kanginleeoficial)

Pemain Korea Selatan ini sedang merumput di LaLiga Spanyol pada 2021/2022. Ia adalah Lee Kang In, gelandang serang yang sedang membela Real Mallorca. Lee baru bergabung dengan Mallorca pada awal musim ini, tetapi sebelumnya ia sudah bermain di LaLiga bersama Valencia.

Sejauh ini, Lee sudah tampil 17 kali di LaLiga dengan catatan 1 gol dan 3 assist. Satu gol Lee bahkan diciptakan ke gawang Real Madrid, meski saat itu Mallorca terbantai oleh Los Blancos dengan skor 1-6. Hingga pekan ke-20, Mallorca masih bertengger di posisi 15 klasemen sementara.

3. Jeong Woo Yeong

Selain Son, 6 Pemain Korea Selatan yang Kini Main di Liga Top EropaJeong Woo Yeong (instagram.com/jeong_wooyeong)

Di Bundesliga Jerman, ada dua pemain Korea Selatan yang bermain pada 2021/2022 ini. Pertama, ada Jeong Woo Yeong, pemain yang bisa berposisi striker maupun gelandang. Jeong merupakan lulusan akademi Bayern Munchen. Ia pernah membela Munchen walau hanya semusim pada 2018/2019.

Setelah itu, Jeong hengkang ke SC Freiburg dan masih bertahan hingga kini. Jeong sudah tampil 49 kali bagi Freiburg di semua ajang dan membuat 8 gol. Itu termasuk empat gol yang sudah ia ciptakan di Bundesliga pada 2021/2022 ini. Jeong sendiri masih berusia 22 tahun, sehingga kariernya tentu masih bisa berkembang lagi.

Baca Juga: Seperti Ayah dan Anak, 9 Potret Akrab Shin Tae-yong dan Son Heung-min

4. Lee Jae Sung

Selain Son, 6 Pemain Korea Selatan yang Kini Main di Liga Top EropaLee Jae Sung (instagram.com/jaesung17)

Berikutnya, ada Lee Jae Sung, yang membela Mainz 05. Musim 2021/2022 adalah musim pertama Lee bermain di Bundesliga. Sebelumnya, ia membela klub divisi kedua Liga Jerman. Ternyata, Lee cukup diandalkan Mainz, dan sejauh ini sudah tampil 18 kali dengan catatan 3 gol dan 2 assist.

Terbaru, Lee membobol gawang RB Leipzig dalam lanjutan Bundesliga pekan ke-18, meski timnnya tetap kalah 1-4. Lee sendiri memiliki kontrak dengan Mainz hingga 2024, sehingga masih banyak sumbangsih yang bisa ia berikan kepada klubnya itu.

5. Hwang Ui Jo

Selain Son, 6 Pemain Korea Selatan yang Kini Main di Liga Top EropaHwang Ui Jo (instagram.com/hwang_uijo)

Ligue 1 2021/2022 juga dihuni oleh dua pemain asal Korea Selatan. Pertama adalah Hwang Ui Jo, yang membela Bordeaux sejak 2019. Penyerang berusia 29 tahun ini sudah punya catatan 24 gol dalam 79 laga di semua ajang bagi Bordeaux.

Jumlah itu termasuk enam gol yang sudah ia ciptakan di Ligue 1 2021/2022. Sayangnya, Hwang masih belum bisa mengangkat Bordeaux dari tepi jurang degradasi. Hingga pekan ke-20, mereka masih terjerembap di peringkat 17. Mampukah Bordeaux bersama Hwang terhindar dari turun kasta ke Ligue 2?

6. Suk Hyun Jun

Selain Son, 6 Pemain Korea Selatan yang Kini Main di Liga Top EropaSuk Hyun Jun (ligue1.com)

Nasib yang tak jauh berbeda dialami oleh Suk Hyun Jun bersama klubnya sejauh ini. Suk adalah striker yang membela Troyes sejak 2020. Sebelum itu, Suk juga pernah berseragam Troyes pada 2017/2018, tetapi sebagai pemain pinjaman.

Musim 2021/2022 ini, Suk baru bermain selama total 234 menit di semua ajang bersama Troyes. Tak heran jika ia kesulitan memberi kontribusi dan masih belum mencetak gol. Troyes pun untuk sementara menempati posisi ke-16 Ligue 1, setingkat di atas Bordeaux. Kedua klub tersebut harus segera bangkit jika tak ingin terdegradasi pada akhir musim.

Tak cuma Son Heung Min, pemain Korea Selatan yang bermain di liga top Eropa 2021/2022 ternyata banyak. Enam pemain di atas, misalnya, punya performa dan pencapaian yang beragam di Eropa. Adakah di antara mereka yang bisa mendekati nama besar Son?

Baca Juga: 9 Fakta Son Heung Min, Pesepak Bola yang Dirumorkan Jadi Pacar Jisoo

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya