5 Pemain Kunci Prancis di Piala Dunia 2018 yang Absen di Edisi 2022

Termasuk Paul Pogba dan N'Golo Kante

Timnas Prancis berangkat ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan status juara bertahan. Les Bleus sukses berjaya 4 tahun lalu di Rusia berkat andil sejumlah pemain. Sebagian besar dari pemain kunci mereka saat itu kembali dibawa ke Qatar sebagai usaha mempertahankan gelar.

Meski begitu, ada juga beberapa di antara mereka yang tahun ini tidak masuk skuad ke Piala Dunia. Alasannya pun beragam. Ada yang terpaksa absen karena cedera, ada pula yang performanya memang menurun.

Inilah lima pemain kunci Prancis di Piala Dunia 2018 Rusia yang absen di edisi 2022.

1. Paul Pogba

5 Pemain Kunci Prancis di Piala Dunia 2018 yang Absen di Edisi 2022Paul Pogba (instagram.com/paulpogba)

Paul Pogba disebut-sebut sebagai salah satu pemain terbaik Prancis di Piala Dunia 2018. Performanya saat itu memang gemilang. Ia tampil enam kali sepanjang turnamen dan menyumbang 1 gol serta 1 assist. Satu gol Pogba bahkan krusial karena terjadi pada partai final.

Selang 4 tahun kemudian, Pogba sebenarnya masih punya kualitas untuk dibawa ke Piala Dunia 2022. Namun, ia tidak berangkat karena cedera paha dan belum diketahui kapan pulih. Absennya Pogba bisa jadi akan memaksa Prancis memakai strategi berbeda dari saat mereka juara di Rusia.

2. N'Golo Kante

5 Pemain Kunci Prancis di Piala Dunia 2018 yang Absen di Edisi 2022N'Golo Kante berpose dengan trofi Piala Dunia. (instagram.com/nglkante)

Prancis mungkin harus merombak total lini tengah mereka di Piala Dunia 2022. Pasalnya, tak hanya Pogba, N'Golo Kante juga absen karena cedera saat membela Chelsea. Ia bermasalah pada hamstring sejak Agustus 2022 dan hingga kini belum pulih.

Kante memiliki peran yang tak kalah vital dari Pogba saat Prancis juara dunia. Ia tampil tujuh kali di Piala Dunia 2018 dan selalu bermain penuh, kecuali pada partai final. Sebagai gelandang bertahan, kerja keras Kante membuat Pogba bisa lebih fokus untuk mengatur serangan tim.

Baca Juga: Prancis Tanpa Pogba dan Kante di Piala Dunia 2022, Bisa Apa?

3. Samuel Umtiti

5 Pemain Kunci Prancis di Piala Dunia 2018 yang Absen di Edisi 2022Samuel Umtiti merayakan gelar juara Piala Dunia 2018. (instagram.com/equipedefrance)

Samuel Umtiti tidak dipanggil ke Piala Dunia 2022 bukan karena cedera. Penampilan Umtiti sudah jauh menurun. Padahal bek tengah kelahiran Kamerun ini adalah pemain inti di jantung pertahanan Prancis pada Piala Dunia 2018.

Penurunan perfoma Umtiti terjadi gara-gara cedera lutut menahun yang menderanya setelah Piala Dunia 2018. Ia pun tersingkir dari tim utama Barcelona dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, ia sedang dipinjamkan ke klub Serie A Italia yang baru promosi, Lecce.

4. Blaise Matuidi

5 Pemain Kunci Prancis di Piala Dunia 2018 yang Absen di Edisi 2022Blaise Matuidi (instagram.com/blaisematuidiofficiel)

Ada pula pahlawan Prancis di Piala Dunia 2018 yang tidak dibawa ke Qatar tahun ini karena memang sudah pensiun. Ia adalah Blaise Matuidi, gelandang yang membela Juventus pada 2018. Peran Matuidi saat Prancis juara dunia mencakup 5 kali tampil, 4 di antaranya sebagai starter.

Setelah membawa Prancis juara, Matuidi sempat membela timnas hingga 2019. Ia lalu pensiun dari pentas internasional, tetapi masih bermain di level klub. Saat ini, Matuidi yang sudah berusia 35 tahun berstatus pemain Inter Miami di MLS Amerika Serikat.

5. Corentin Tolisso

5 Pemain Kunci Prancis di Piala Dunia 2018 yang Absen di Edisi 2022Corentin Tolisso (instagram.com/corentintolisso)

Corentin Tolisso juga menjadi bagian dari skuad juara Prancis pada 2018. Saat itu, ia yang masih berstatus gelandang Bayern Munich bermain 5 kali, 2 di antaranya sebagai starter. Tolisso juga sempat membuat satu assist untuk gol Antoine Griezmann pada babak perempat final melawan Uruguay.

Sayangnya, Tolisso kehilangan tempat di Timnas Prancis selama setahun terakhir. Penampilan terakhirnya bersama Prancis terjadi di Piala Eropa 2020. Karena itu, tak mengejutkan jika Tolisso akhirnya tidak dibawa pelatih Didier Deschamps ke Piala Dunia 2022.

Timnas Prancis bakal tampil di Piala Dunia 2022 tanpa lima pemain kunci mereka di Piala Dunia 2018 lalu. Bisa jadi, kehilangan mereka membuat kekuatan Les Bleus berkurang. Namun, Prancis tetap punya deretan pemain top yang bisa jadi pahlawan di Qatar.

Baca Juga: Karim Benzema Gagal Bela Prancis di Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya