Tampil Apik, 7 Pemain Leeds United Ini Dibawa ke Piala Eropa 2020

Ada yang membela Inggris, Jerman, dan Spanyol

Leeds United berhasil tampil baik di Premier League musim 2020-21. Berstatus tim promosi, anak asuh pelatih Marcelo Bielsa sukses finis di 10 besar klasemen akhir, tepatnya di posisi 9 dengan 59 angka. Untuk ukuran tim yang baru kembali ke Premier League setelah 16 tahun absen, capaian Leeds tentu cukup menakjubkan.

Selain pelatih, para pemain Leeds tentu punya andil besar dalam kesuksesan tersebut. Beberapa pemain Leeds sukses tampil menonjol pada musim lalu, sehingga akhirnya mereka dipercaya masuk ke skuad negaranya di Piala Eropa 2020. Siapa saja mereka? Ini dia 7 pemain Leeds United yang dibawa ke Piala Eropa 2020.

1. Kalvin Phillips (Inggris)

Tampil Apik, 7 Pemain Leeds United Ini Dibawa ke Piala Eropa 2020Kalvin Phillips (teamtalk.com)

Pertama ada Kalvin Phillips, gelandang Leeds yang dipercaya pelatih Gareth Southgate untuk jadi bagian skuad Inggris di Piala Eropa 2020. Musim lalu, Phillips memang berhasil menunjukkan kualitasnya. Ia mencatat 31 penampilan di semua ajang dengan sumbangan 1 gol dan 3 assist.

Sejauh ini, pilihan Southgate kepada Phillips terbukti tak sia-sia. Di partai perdana grup D melawan Kroasia, Phillips tampil apik dan berhasil membuat satu assist untuk gol tunggal Raheem Sterling. Meski tak punya nama besar, Phillips berpeluang bersinar bersama Inggris di Piala Eropa 2020.

2. Robin Koch (Jerman)

Tampil Apik, 7 Pemain Leeds United Ini Dibawa ke Piala Eropa 2020Robin Koch (fussballstadt.com)

Timnas Jerman juga memercayakan satu tempat di skuad mereka pada Piala Eropa 2020 kepada pemain Leeds yaitu Robin Koch. Koch merupakan bek tengah yang musim lalu hanya bermain 17 kali di Premier League. Bukan karena tak berkualitas, melainkan karena bek jangkung ini sempat mengalami cedera lutut parah yang memaksanya absen lama.

Untungnya, Koch berhasil pulih menjelang Piala Eropa 2020, dan ia pun dibawa serta oleh pelatih Joachim Low. Bek berusia 24 tahun ini menjalani debut di timnas Jerman pada 2019 lalu, dan sejauh ini ia baru mengoleksi 8 caps. Namun bukan mustahil ia akan dipercaya tampil di Piala Eropa 2020 ini jika Der Panzer membutuhkan jasanya.

3. Ezgjan Alioski (Makedonia Utara)

Tampil Apik, 7 Pemain Leeds United Ini Dibawa ke Piala Eropa 2020Ezgjan Alioski (hitc.com)

Berikutnya ada Ezgjan Alioski, bek kiri asal Makedonia Utara yang jadi salah satu pemain kunci Leeds musim lalu. Ia bermain 38 kali di semua ajang sepanjang musim lalu dan mencetak 3 gol serta 3 assist.

Tak hanya di klub, Alioski juga sangat diandalkan di timnas Makedonia Utara. Ia sudah mencatat 44 caps sejauh ini dengan catatan 8 gol dan 12 assist. Alioski juga bermain di partai debut Makedonia Utara di Piala Eropa 2020, yang sayangnya berakhir dengan kekalahan. Butuh kerja keras ekstra bagi Alioski dkk di dua laga sisa untuk bisa lolos ke 16 besar.

Baca Juga: 5 Pemain Leeds United yang Tampil Impresif Musim Ini

4. Mateusz Klich (Polandia)

Tampil Apik, 7 Pemain Leeds United Ini Dibawa ke Piala Eropa 2020Mateusz Kilch (tbrfootball.com)

Sementara Mateusz Klich adalah gelandang tengah yang musim lalu juga jadi bagian skuad inti Leeds. Ia mencatat 35 laga di Premier League dengan sumbangan 4 gol dan 5 assist. Sementara bersama timnas Polandia, Klich sudah bermain 32 kali sejak debutnya pada 2011.

Itu termasuk laga perdana Polandia di Piala Eropa 2020, yang sayangnya diakhiri dengan kekalahan 1-2 dari Slovakia. Kini, Klich mesti berjuang membalikkan keadaan di dua partai sisa supaya Polandia minimal bisa mengulang keberhasilan di Piala Eropa 2016 dengan lolos dari babak grup.

5. Liam Cooper (Skotlandia)

Tampil Apik, 7 Pemain Leeds United Ini Dibawa ke Piala Eropa 2020Liam Cooper (dailyrecord.co.uk)

Debut Piala Eropa yang kurang menggembirakan juga dialami oleh Liam Cooper, bek Skotlandia yang menjabat sebagai kapten Leeds sejak 2017. Musim lalu, Cooper melewatkan beberapa partai dan tampil hanya 26 kali di semua ajang karena sempat beberapa kali cedera. Untungnya ia fit tepat waktu sehingga bisa masuk skuad Skotlandia di Piala Eropa 2020.

Uniknya, bek berusia 29 tahun ini baru dipercaya debut di timnas Skotlandia pada 2019 lalu. Ia kini baru punya 7 caps bersama timnas, termasuk laga perdana Skotlandia di Piala Eropa 2020 yang berakhir dengan kekalahan. Tentu, Cooper ingin membawa Skotlandia meraih hasil maksimal di Piala Eropa pertama mereka sejak 1996 ini.

6. Diego Llorente (Spanyol)

Tampil Apik, 7 Pemain Leeds United Ini Dibawa ke Piala Eropa 2020Diego Llorente (standard.co.uk)

Tak ketinggalan, timnas Spanyol pun membawa serta satu pemain Leeds di skuad mereka, yaitu bek Diego Llorente. Terbilang mengejutkan mengingat Llorente hanya bermain 15 kali di Premier League sepanjang musim lalu. Namun tak bisa dipungkiri bahwa ia memang tampil solid di pos bek tengah Leeds, terutama di paruh kedua musim.

Kualitas Llorente juga gak boleh diremehkan, karena ia bahkan membuat pelatih Luis Enrique lebih memilih membawanya dibanding bek Real Madrid, Sergio Ramos. Llorente sendiri sejauh ini baru punya 8 caps bersama timnas Spanyol. Ia belum dimainkan di laga Spanyol melawan Swedia, namun mungkin akan bermain di laga berikutnya.

7. Tyler Roberts (Wales)

Tampil Apik, 7 Pemain Leeds United Ini Dibawa ke Piala Eropa 2020Tyler Roberts (thesun.co.uk)

Terakhir, ada Tyler Roberts, penyerang asal Wales yang musim lalu lebih banyak jadi pelapis di lini depan Leeds. Ia tampil 27 kali, 13 di antaranya sebagai pemain pengganti, dan mencetak 1 gol serta 2 assist. Hal itu bisa dimaklumi karena Roberts masih berusia muda, tepatnya 22 tahun.

Bersama timnas Wales, Roberts sudah bermain 14 kali sejak 2018. Ia dibawa ke Piala Eropa 2020 dan mendapat nomor punggung 9, namun ia belum bermain di laga pertama Wales melawan Swiss yang berakhir imbang 1-1. Jika nanti dimainkan, itu akan jadi partai debut Roberts di turnamen mayor.

Pemain Leeds United dengan penampilan yang memukau, membuat mereka dipercaya masuk skuad timnas mereka masing-masing untuk Piala Eropa 2020. Di antara mereka, menurutmu siapa yang akan paling bersinar pada Piala Eropa kali ini?

Baca Juga: Nasib Bomber Arogan Terancam di Piala Eropa Usai Dugaan Rasis

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya