5 Pemain Manchester United yang Dibeli Lebih Murah dari Harga Pasar

Termasuk Cristiano Ronaldo

Manchester United kerap membeli pemain dengan harga mahal. Beberapa pemain Setan Merah dibeli dengan nilai transfer melebihi harga pasar. Beberapa dari mereka ada yang akhirnya flop alias tampil di bawah ekspektasi.

Meski begitu, bukan berarti Manchester United selalu mengeluarkan uang banyak dalam membeli pemain. Tren transfer Setan Merah akhir-akhir ini justru membaik. Mereka makin sering membeli pemain dengan harga di bawah nilai pasar.

1. Donny van de Beek

5 Pemain Manchester United yang Dibeli Lebih Murah dari Harga PasarDonny van de Beek (instagram.com/donnyvdbeek)

Donny van de Beek didatangkan Manchester United pada awal 2020/2021 dengan harga yang cukup mahal. Setan merah mesti membayar uang transfer sebesar 39 juta euro atau Rp634 miliar kepada Ajax Amsterdam. Namun, sebenarnya itu masih di bawah nilai pasar Van de Beek saat itu.

Laman Transfermarkt mencatat bahwa harga pasar Van de Beek saat itu adalah 44 juta euro atau sekitar Rp715 miliar. Sayangnya, nilai tersebut saat ini sudah turun ke angka 25 juta euro alias Rp406. Penyebabnya tentu karena gelandang asal Belanda ini jarang dapat kesempatan membuktikan dirinya bersama Manchester United.

2. Alex Telles

5 Pemain Manchester United yang Dibeli Lebih Murah dari Harga PasarAlex Telles (instagram.com/alextelles13)

Alex Telles juga bergabung dengan Manchester United pada awal 2020/2021. Bek kiri asal Brasil ini direkrut dari FC Porto dengan nilai transfer 15 juta euro atau Rp242 miliar. Ternyata harga itu hampir tiga kali lebih murah dibanding harga pasar Telles saat itu yang mencapai 40 juta euro atau Rp646 miliar.

Pada musim pertamanya, Telles memang jarang mendapat kesempatan bermain karena Luke Shaw tampil solid di pos bek kiri Manchester United. Namun, musim 2021/2022 ini, ia cukup sering diandalkan. Telles membuktikan dirinya layak jadi bek kiri utama Manchester United dengan penampilan apiknya sejauh ini.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Leeds United

3. Raphael Varane

5 Pemain Manchester United yang Dibeli Lebih Murah dari Harga PasarRaphel Varane (skysports.com)

Bursa transfer musim panas 2021/2022 dilalui Manchester United dengan cukup baik. Mereka berhasil mendapatkan tiga pemain buruan yang memiliki nama besar. Ketiganya pun dibeli dengan harga di bawah harga pasar mereka.

Raphael Varane adalah salah satunya. Bek asal Prancis ini diboyong dari Real Madrid dengan harga 40 juta euro atau Rp646 miliar. Harga itu terbilang murah mengingat kualitas dan pengalaman yang dimiliki Varane. Apalagi harga pasaran Varane saat itu mencapai 70 juta euro atau Rp1,13 triliun.

Meski begitu, penampilan Varane sejauh ini terbilang masih di bawah ekspektasi. Ia pun tidak selalu jadi pilihan utama di pos bek tengah Manchester United dan kadang dirotasi. Dikontrak hingga 2025, bisakah Varane meningkatkan performanya pada musim-musim berikutnya?

4. Jadon Sancho

5 Pemain Manchester United yang Dibeli Lebih Murah dari Harga PasarJadon Sancho (instagram.com/sanchooo10)

Ada pula Jadon Sancho, winger muda berbakat yang sudah lama jadi incaran Setan Merah. Manchester United akhirnya berhasil mendapatkan Sancho dari Borussia Dortmund dengan nilai transfer 85 juta euro alias Rp1,37 triliun. Meski sangat mahal, harga itu sebenarnya masih di bawah nilai pasar Sancho.

Pemain berusia 21 tahun ini memiliki harga pasar 100 juta euro atau Rp1,6 triliun. Pada awal bergabung dengan Manchester United, Sancho memang kesulitan membuktikan kepantasan harganya. Perlahan, tetapi pasti ia mulai menemukan kembali performanya seperti saat membela Borussia Dortmund.

5. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Manchester United yang Dibeli Lebih Murah dari Harga PasarCristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Satu lagi pemain bintang yang didatangkan Manchester United dengan harga lebih murah pada awal 2021/2022. Ia adalah Cristiano Ronaldo. Megabintang asal Portugal ini dipulangkan dari Juventus dengan nilai transfer 15 juta euro atau Rp242 miliar. Nilai itu hanya sepertiga dari harga pasarnya, yaitu 45 juta euro atau Rp727 miliar.

Meski dibeli dengan harga murah, Ronaldo membuktikan bahwa kualitasnya bukan murahan. Striker 37 tahun ini masih tetap tajam bersama United dengan catatan 15 gol dalam 31 pertandingan. Meski belakangan ini ketajamannya menurun, Ronaldo diyakini akan segera bangkit dan kembali mencetak gol demi gol.

Lima pemain di atas dibeli Manchester United dengan harga lebih murah dibanding harga pasarannya. Kelima transfer tersebut terjadi dalam 2 musim terakhir. Itu bisa jadi tanda Setan Merah kini lebih cerdas.

Baca Juga: Dilepas Murah, 5 Pemain Ini Dibeli Mantan Klubnya dengan Harga Mahal

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya