5 Pemain Nigeria yang Sukses Raih Trofi Bersama Inter Milan

Ada yang meraih trofi domestik maupun Eropa!

Nigeria adalah salah satu negara Afrika dengan prestasi sepak bola yang mumpuni. Sejak dulu, Nigeria sering menghasilkan pemain kelas dunia yang bertalenta tinggi. Banyak dari mereka kemudian bermain di klub-klub besar liga top Eropa, salah satunya Inter Milan.

Cukup banyak pemain Nigeria yang pernah berseragam Inter. Tak sekadar berkarier, lima pemain berikut ini bahkan sukses meraih trofi bareng Nerazzurri. Fans Inter, masih ingat mereka?

1. Nwankwo Kanu 

5 Pemain Nigeria yang Sukses Raih Trofi Bersama Inter MilanNwankwo Kanu berseragam Timnas Nigeria (africanfootball.com)

Pada musim 1997/1998, Inter Milan berhasil meraih trofi Eropa yaitu Piala UEFA. Kebetulan, ada dua pemain Nigeria di skuad Inter saat itu. Salah satunya adalah Nwankwo Kanu. Kanu memang lebih populer saat membela Arsenal, tetapi sebelumnya ia lebih dulu berseragam Inter pada 1996–1999.

Sayangnya, karier Kanu bersama Inter sempat diganggu masalah kesehatan pada jantungnya. Pemain beposisi striker ini pun hanya sempat tampil 20 kali dan mencetak 1 gol bagi Inter. Lima penampilan di antaranya dibuat Kanu di Piala UEFA 1997/1998 yang berbuah gelar juara.

2. Taribo West

5 Pemain Nigeria yang Sukses Raih Trofi Bersama Inter MilanTaribo West berseragam Inter Milan (inter.it)

Pemain Nigeria lain yang menghuni skuad Inter musim 1997/1998 adalah Taribo West. West merupakan bek yang terkenal sering memakai gaya rambut nyentrik berwarna-warni. Ia berseragam Inter pada 1997–1999 dan sukses jadi andalan hingga tampil 64 kali di semua ajang.

West pun jadi bagian penting skuad Inter saat juara Piala UEFA 1997/1998. Ia tampil 8 kali di sepanjang turnamen dan sempat mencetak 1 gol. Setelah membela Inter, West sempat berseragam AC Milan selama semusim, tetapi tidak mendapat banyak kesempatan bermain.

Baca Juga: 7 Pemain Sepak Bola Nigeria yang Bermain di Serie A 2021/2022

3. Obafemi Martins

5 Pemain Nigeria yang Sukses Raih Trofi Bersama Inter MilanObafemi Martins berseragam Inter Milan (inter.it)

Berikutnya, ada Obafemi Martins, striker Nigeria yang terkenal sering melakukan perayaan gol akrobatik. Martins membela Inter selama 5 musim pada 2001–2006. Ia masih berusia sangat muda ketika itu, tetapi sudah cukup diandalkan. Bersama Inter, Martins mencatat total 136 laga dengan 49 gol.

Martins juga berhasil meraih empat trofi bersama Inter. Rinciannya adalah 1 Scudetto, 2 Coppa Italia, dan 1 Piala Super Italia.

Selepas membela Inter, Martins sempat berseragam Newcastle United dan tampil cukup tajam di Premier League. Saat ini, Martins sudah pensiun sejak tahun 2020.

4. Victor Obinna

5 Pemain Nigeria yang Sukses Raih Trofi Bersama Inter MilanVictor Obinna berseragam Timnas Nigeria (skysports.com)

Victor Obinna adalah striker asal Nigeria yang mulai bersinar di Serie A bersama Chievo Verona. Karena dianggap tampil apik, Obinna pun diboyong Inter Milan pada 2008. Ia menjadi pemain Nerazzurri hingga 2011, tetapi minim penampilan dan sempat dua kali dipinjamkan ke klub lain.

Meski begitu, Obinna tetap berhasil mengangkat satu trofi bersama Inter. Ia turut menjuarai Serie A 2008/2009. Selama membela Inter, Obinna bermain 11 kali dengan sumbangan 1 gol dan 1 assist.

5. Joel Obi

5 Pemain Nigeria yang Sukses Raih Trofi Bersama Inter MilanJoel Obi berseragam Inter Milan (inter.it)

Satu lagi pemain Nigeria yang pernah mengangkat trofi bersama Inter Milan adalah Joel Obi. Obi adalah gelandang yang merupakan produk akademi Inter. Ia masuk tim senior pada 2010 dan terus berseragam Inter hingga 2015.

Selama membela Inter, Obi sempat mengangkat trofi Coppa Italia dan Piala Super Italia. Statistiknya bersama Inter adalah 70 penampilan dengan 2 gol dan 2 assists. Setelah hengkang dari Inter, Obi masih terus membela klub-klub Italia, termasuk Salernitana pada 2021/2022.

 

Para pemain Nigeria ternyata pernah jadi bagian dari kesuksesan Inter Milan di kancah domestik maupun Eropa. Akankah ada lagi pemain Nigeria yang sukses bersama Inter di masa depan?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Inggris Ini Punya Garis Keturunan Nigeria

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya