5 Pemain Penting yang Dilepas Manchester City setelah Juara EPL

Ilkay Guendogan terbaru

Manchester City telah melepas Ilkay Guendogan pada musim panas 2023. Sang gelandang asal Jerman pergi secara gratis dan bergabung dengan Barcelona. Lagi-lagi, Manchester City ditinggal pemain pentingnya setelah juara English Premier League (EPL).

Bagi Manchester City, itu bukanlah peristiwa pertama. Khususnya sejak ditangani Pep Guardiola, The Citizens tak segan kehilangan pemain yang telah berperan vital membawa mereka juara EPL. Termasuk Guendogan, inilah lima pemain yang pernah mengalaminya.

1. Vincent Kompany

5 Pemain Penting yang Dilepas Manchester City setelah Juara EPLVincent Kompany (mancity.com)

Pertama, ada Vincent Kompany, kapten tersukses dalam sejarah Manchester City. Sebagai kapten, Kompany memimpin skuad The Citizens pada 2011–2019. Hingga musim terakhirnya, Kompany masih berhasil membawa Manchester City juara EPL.

Kompany memang hanya tampil 17 kali di EPL 2018/2019. Namun, Manchester City hampir selalu menang dan amat minim kebobolan saat ia bermain. Selepas musim 2018/2019, Kompany dibiarkan pergi secara gratis ke RSC Anderlecht sebelum gantung sepatu setahun kemudian.

2. Raheem Sterling

5 Pemain Penting yang Dilepas Manchester City setelah Juara EPLRaheem Sterling (mancity.com)

Pada musim panas 2022, Manchester City bahkan melepas tiga pemain yang berperan penting saat menjuarai EPL 2021/2022. Salah satunya adalah Raheem Sterling. Winger asal Inggris tersebut tampil 30 kali di EPL 2021/2022 dan mencetak 13 gol serta 6 assist.

Meski Sterling punya kontribusi besar, Manchester City tetap tak ragu melepasnya. Bahkan, ia dijual ke sesama rival di EPL, yaitu Chelsea. Namun, Manchester City nyatanya sukses juara EPL lagi. Sementara itu, Chelsea malah terpuruk sepanjang 2022/2023.

Baca Juga: Raheem Sterling Jadi Bulan-bulanan Fans Chelsea, Kok Bisa?

3. Gabriel Jesus

5 Pemain Penting yang Dilepas Manchester City setelah Juara EPLGabriel Jesus mengangkat trofi Premier League 2021/2022. (instagram.com/dejesusoficial)

Gabriel Jesus juga dilepas Manchester City ke sesama rival EPL pada musim panas 2022. Ia mengakhiri pengabdiannya pada Manchester City sejak 2017. Selama berseragam The Citizens, Jesus tampil 236 kali dan mencetak 95 gol. Berkat andilnya, Manchester City sukses juara EPL empat kali.

Gabriel Jesus kemudian bergabung dengan Arsenal. Ternyata, Arsenal akhirnya menjadi rival langsung Manchester City dalam perebutan trofi EPL 2022/2023. Namun, meski sukses mencetak 11 gol dan 7 assist bagi di EPL, Jesus gagal membawa Arsenal memutus dominasi mantan klubnya.

4. Oleksandr Zinchenko

5 Pemain Penting yang Dilepas Manchester City setelah Juara EPLOleksandr Zinchenko (instagram.com/zinchenko_96)

Ada pula Oleksandr Zinchenko, bek kiri asal Ukraina. Zinchenko adalah salah satu pemain penting Manchester City saat juara EPL 2021/2022. Ia khususnya banyak tampil jelang akhir musim, saat persaingan juara antara Manchester City dan Liverpool memuncak.

Dalam 7 laga terakhir EPL 2021/2022, Zinchenko membuat 3 assist yang turut mengantarkan Manchester City juara. Sama seperti Gabriel Jesus, Zinchenko kemudian dilepas ke Arsenal. Peran penting Zinchenko makin nyata bagi The Gunners meski belum berhasil berbuah gelar juara.

5. Ilkay Guendogan

5 Pemain Penting yang Dilepas Manchester City setelah Juara EPLIlkay Guendogan (fcbarcelona.com)

Ilkay Guendogan menjadi pemain terbaru yang dilepas Manchester City setelah juara. Padahal, Guendogan bukan hanya membawa The Citizens juara EPL, tetapi sekaligus treble winners pada 2022/2023. Sebagai kapten, Guendogan jelas punya peran besar dalam kesuksesan tersebut.

Sepanjang 2022/2023, Guendogan bermain 51 kali di semua ajang. Ia menyumbang 11 gol dan 7 assist, termasuk beberapa gol yang vital membawa klubnya juara. Karena peran pentingnya, Manchester City sebenarnya sudah menawarkan perpanjangan kontrak 2 tahun bagi Guendogan.

Namun, Guendogan memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya. Ia pun hengkang dengan status bebas transfer. Kini, Guendogan sudah resmi bergabung dengan Barcelona dan mendapat kontrak hingga musim panas 2025.

 

Meski kerap melepas pemain pentingnya, Manchester City terbukti tetap bisa bersaing jadi juara. Mereka khususnya masih amat dominan di EPL. Setelah ditinggal Guendogan, bisakah Manchester City menjuarai EPL 2023/2024?

Baca Juga: 5 Pemain yang Bela Barcelona dan Manchester City sebelum Gundogan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya