5 Pemain Polandia yang Pernah Juara UCL, Tak Hanya Lewandowski

Tiga di antaranya berposisi penjaga gawang

Polandia adalah salah satu negara Eropa yang pernah disegani di dunia sepak bola pada masa lalu. Timnas Polandia pernah dua kali menempati posisi ketiga Piala Dunia, serta merebut medali emas di Olimpiade.

Sayangnya, klub asal Polandia belum pernah berjaya di Eropa, baik pada ajang Liga Champions maupun Europa League. Meski demikian, Polandia tetap boleh berbangga karena ada lima pemain dari negara ini yang pernah menjuarai Liga Champions.

Salah satunya tentu Robert Lewandowski atau akrab disapa Lewy, yang kini masih aktif bermain bersama Bayern Munchen. Lalu, siapa empat nama lainnya? Berikut ini ulasannya.

1. Zbigniew Boniek

5 Pemain Polandia yang Pernah Juara UCL, Tak Hanya Lewandowskipotret Zbigniew Boniek berseragam Juventus (twitter.com/footballmemorys)

Pemain Polandia pertama yang sukses mengangkat trofi Liga Champions adalah Zbigniew Boniek. Boniek adalah pemain legendaris Polandia yang bisa menempati berbagai posisi, mulai dari striker hingga sweeper.

Boniek berkarier di era 70-an hingga 80-an, dan ia pernah membela dua klub besar Italia yaitu Juventus dan AS Roma. Boniek sukses bersama kedua klub tersebut, terutama bersama Juventus.

Hanya dalam tiga musim, ia berhasil meraih lima trofi bersama Juve, termasuk Liga Champions 1984/1985. Selain yang pertama bagi pemain Polandia, trofi tersebut juga merupakan trofi Liga Champions pertama bagi Juventus.

2. Jozef Mlynarczyk

5 Pemain Polandia yang Pernah Juara UCL, Tak Hanya Lewandowskipotret Jozef Mlynarczyk berseragam FC Porto (twitter.com/fyordung)

Berikutnya ada Jozef Mlynarczyk, kiper asal Polandia yang menghabiskan sebagian besar kariernya di negeri sendiri. Namun, pada pengujung kariernya ia membela FC Porto selama tiga musim, dan ternyata meraih sukses luar biasa.

Selama tiga musim tersebut, Mlynarczyk membawa Porto merengkuh tujuh trofi, termasuk Liga Champions 1986/1987. Mlynarczyk pun menjadi kiper asal Polandia pertama yang meraih trofi Liga Champions.

Selain dengan klub, Mlynarczyk juga berprestasi bersama negaranya, dengan membawa Timnas Polandia meraih posisi ketiga Piala Dunia 1982.

Baca Juga: Tak Hanya Lewandowski, Para Pemain Ini Tampil Impresif di Bundesliga

3. Jerzy Dudek

5 Pemain Polandia yang Pernah Juara UCL, Tak Hanya Lewandowskipotret Jerzy Dudek berseragam Liverpool (transfermarkt.com)

Pemain yang satu ini pasti masih diingat betul oleh fans Liverpool. Jerzy Dudek adalah kiper Polandia yang membela The Reds pada 2001 hingga 2007.

Salah satu jasa terbesar Dudek selama membela Liverpool adalah penampilan heroiknya pada final Liga Champions 2004/2005, di mana Liverpool jadi juara setelah melakukan comeback dramatis atas AC Milan.

Pada laga tersebut, Dudek menjadi salah satu kunci kemenangan Liverpool, dengan membuat banyak penyelamatan hingga babak adu penalti. Dudek pun menyusul jejak Mlynarczyk sebagai kiper Polandia yang sukses meraih trofi Liga Champions.

Setelah meninggalkan Liverpool, Dudek sempat membela Real Madrid selama empat musim sebelum akhirnya pensiun.

4. Tomasz Kuszczak

5 Pemain Polandia yang Pernah Juara UCL, Tak Hanya Lewandowskipotret Tomasz Kuszczak berseragam Manchester United (manutd.com)

Pemain berikutnya lagi-lagi berposisi kiper, sebuah bukti bahwa Polandia merupakan salah satu negara penghasil kiper top. Tomasz Kuszczak adalah kiper Polandia yang membela Manchester United pada 2007 hingga 2012.

Kuszczak memang lebih sering menjadi kiper pelapis di MU, sehingga ia hanya mencatat total 61 penampilan di semua ajang. Meski begitu, Kuszczak tetap terbilang sukses bersama MU karena turut meraih 10 trofi.

Itu termasuk trofi Liga Champions musim 2007/2008. Kuszczak punya andil dalam keberhasilan tersebut, karena ia tampil lima kali pada fase grup dan turut meloloskan MU ke babak knockout.

5. Robert Lewandowski

5 Pemain Polandia yang Pernah Juara UCL, Tak Hanya LewandowskiRobert Lewandowski (instagram.com/_rl9)

Pemain Polandia teranyar yang sukses menjuarai Liga Champions tentu adalah Robert Lewandowski. Lewy juga sekaligus satu-satunya pemain di daftar ini yang masih aktif.

Ia meraih trofi Liga Champions bersama Bayern Munchen pada musim 2019/2020, musim di mana Munchen sukses menyapu bersih enam trofi yang tersedia bagi mereka.

Musim ini, Lewandowski masih tampil gacor di Liga Champions, dengan torehan 9 gol dalam 6 partai pada fase grup. Munchen pun melaju mulus ke babak 16 besar dan jadi salah satu unggulan terkuat juara.

Jika berhasil, Lewandowski akan jadi pemain Polandia pertama yang dua kali menjuarai Liga Champions. Mampukah ia melakukannya?

 

Itulah lima pemain Polandia yang pernah berhasil membawa klubnya menjuarai Liga Champions. Musim ini, adakah pemain Polandia yang akan mengangkat trofi juara?

Baca Juga: 5 Pemain Polandia yang Berkarier di Premier League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya