5 Pemain Portugal Tersubur di Piala Dunia, Ronaldo Kejar Eusebio

Tinggal Cristiano Ronaldo yang masih aktif

Piala Dunia 2022 Qatar bisa menjadi panggung dunia terakhir bagi sejumlah pemain bintang. Salah satunya Cristiano Ronaldo. Meski belum menyebutkan secara langsung, besar kemungkinan Piala Dunia tahun ini jadi yang terakhir bagi CR7, apa pun hasil yang diraih Portugal.

Jika Ronaldo masih berambisi jadi juara dunia, inilah saatnya. Selain itu, ini juga bisa jadi kesempatan terakhir Ronaldo merebut status pemain Portugal tertajam di Piala Dunia.

Beginilah susunan lima pemain Portugal tersubur di Piala Dunia sejauh ini. Cristiano Ronaldo mengejar Eusebio.

1. Eusebio (9 gol)

5 Pemain Portugal Tersubur di Piala Dunia, Ronaldo Kejar EusebioEusebio (fifa.com)

Meski sudah meraih hampir segalanya bersama Timnas Portugal, Ronaldo belum melampaui torehan gol Eusebio di Piala Dunia. Eusebio bersinar kala Portugal debut di Piala Dunia 1966 Inggris. Ia mencetak sembilan gol yang membawa Portugal mengakhiri debutnya sebagai peringkat ketiga.

Saat itu, sinar Eusebio benderang pada laga perempat final melawan Korea Utara. Ia mencetak empat gol yang mengantarkan Portugal membalikkan ketinggalan 0-3 jadi kemenangan 5-3. Sayangnya, Eusebio hanya pernah tampil di satu edisi Piala Dunia sehingga tak bisa menambah jumlah golnya.

2. Cristiano Ronaldo (7 gol)

5 Pemain Portugal Tersubur di Piala Dunia, Ronaldo Kejar EusebioCristiano Ronaldo merayakan gol ke gawang Spanyol di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Cristiano Ronaldo menguntit torehan Eusebio dengan tujuh gol di Piala Dunia sejauh ini. Jumlah itu ia bukukan dalam empat edisi Piala Dunia, mulai 2006 hingga 2018. Dalam tiap edisi, Ronaldo mencetak minimal satu gol.

Ronaldo hanya butuh 1 gol di Qatar untuk menjadi pesepak bola pria pertama yang mencetak gol dalam 5 edisi Piala Dunia. Selain itu, minimal tiga gol akan membuatnya melewati koleksi Eusebio. Namun, hadiah paling penting bagi Ronaldo tentu adalah trofi Piala Dunia pertama bagi Portugal.

Baca Juga: Skuad Timnas Portugal di Piala Dunia 2022, Pembuktian Terakhir Ronaldo

3. Pauleta (4 gol)

5 Pemain Portugal Tersubur di Piala Dunia, Ronaldo Kejar EusebioPauleta (fifa.com)

Posisi ketiga ditempati Pedro Pauleta atau akrab disebut Pauleta. Ia adalah striker yang paling terkena kala berkarier bersama Paris Saint-Germain. Bersama timnas, Pauleta tampil di Piala Dunia 2002 Korea/Jepang dan Piala Dunia 2006 Jerman.

Pada edisi pertamanya, Pauleta mencetak 3 gol, semuanya dalam 1 laga melawan Polandia. Namun, Portugal harus tersisih pada fase grup saat itu. Satu gol lagi ia ciptakan di Piala Dunia 2006. Saat itu, Pauleta turut mengantarkan negaranya mencapai semifinal dan akhirnya jadi peringkat keempat.

4. Jose Augusto (3 gol)

5 Pemain Portugal Tersubur di Piala Dunia, Ronaldo Kejar EusebioJose Augusto (slbenfica.pt)

Portugal memang tampil luar biasa pada Piala Dunia 1966. Saat itu, bukan hanya Eusebio yang subur dalam mencetak gol. Ada pula dua pemain Portugal yang masing-masing mencetak tiga gol. Pertama adalah Jose Augusto Pinto de Almeida, winger legendaris Benfica.

Di Piala Dunia 1966, Jose Augusto mencetak dua gol pada laga pertama fase grup. Ia lalu membuat 1 gol dan 1 assist kala ke gawang Korea Utara di perempat final. Namun, secara keseluruhan, ia tak terlalu banyak bermain bagi Portugal. Ia hanya mencatat 45 caps dengan torehan 9 gol.

5. Jose Torres (3 gol)

5 Pemain Portugal Tersubur di Piala Dunia, Ronaldo Kejar EusebioJose Augusto Torres (commons.wikimedia.org/Evers, Joost /Anefo)

Pemain Portugal lain yang membukukan tiga gol di Piala Dunia 1966 adalah Jose Augusto Costa Senica Torres. Nama panggilan umumnya adalah Jose Torres. Seperti Jose Augusto, Jose Torres juga lama membela Benfica dan meraih banyak sukses.

Sebanyak 2 gol diciptakan Jose Torres di fase grup Piala Dunia 1966, disusul 1 gol pada partai perebutan tempat ketiga. Meski berposisi striker, Jose Torres juga andal memberi umpan hingga sukses membuat empat assists. Selama membela timnas, Jose Torres bermain total 33 kali dan mencetak 14 gol.

Dari lima pemain di atas, hanya Cristiano Ronaldo yang akan bermain di Piala Dunia 2022. Hanya butuh tiga gol, mampukah Ronaldo melampaui Eusebio dan menjadi pemain Portugal tersubur di Piala Dunia?

Baca Juga: Pemain Portugal Bantah Ronaldo dan Fernandes Terlibat Perang Dingin

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya