Comscore Tracker

7 Pemain Prancis Terbaik yang Pernah Membela Arsenal di Era Modern

Cukup banyak pemain Prancis yang pernah bermain di Arsenal

Arsenal adalah salah satu klub terbesar di Inggris. Mereka adalah pengoleksi trofi Liga Inggris terbanyak ketiga dan menjadi yang terbaik dalam raihan trofi Piala FA. Masa kejayaan Arsenal, di era modern khususnya, terjadi saat dilatih Arsene Wenger, manajer asal Prancis yang menangani The Gunners selama 22 tahun.

Selama ditangani Wenger, Arsenal memiliki koneksi kuat dengan Prancis sehingga banyak pemain Prancis yang akhirnya membela Arsenal. Dari sekian banyak pemain Prancis yang membela Arsenal sejak dulu hingga kini, beberapa berhasil tampil luar bagus dan meraih sukses luar biasa. Inilah 7 nama yang pantas disebut terbaik.

1. Thierry Henry 

7 Pemain Prancis Terbaik yang Pernah Membela Arsenal di Era Modernsportsmole.co.uk

Henry adalah salah satu pemain terbaik yang pernah membela Arsenal, bahkan pantas disebut salah satu pemain terbaik yang pernah bermain di Premier League. Thierry Henry bergabung dengan Arsenal pada 1999. Ia diboyong oleh Arsene Wenger yang merupakan mantan pelatihnya di AS Monaco. Dari situlah kebintangan Henry bersama The Gunners dimulai.

Henry membela Arsenal hingga 2007 dan sempat kembali pada 2012 dengan status pemain pinjaman. Secara total, ia bermain 376 kali di semua ajang dengan sumbangan 228 gol dan 104 assist. Ketajamannya pernah berbuah gelar top skor Premier League 4 kali, rekor terbanyak hingga kini. Ia juga dua kali dinobatkan jadi pemain terbaik Arsenal.

Jumlah trofi yang ia raih bersama Arsenal pun cukup impresif, yaitu 7 trofi. Itu mencakup 2 Premier League, termasuk musim 2003/2004 saat Arsenal menjadi juara tanpa terkalahkan. Tiga trofi Piala FA dan dua Community Shield pun melengkapi perjalanan karier sukses Henry di Arsenal.

2. Robert Pires 

7 Pemain Prancis Terbaik yang Pernah Membela Arsenal di Era Modernthestatesman.com

Berikutnya ada Robert Pires, gelandang serang yang sempat bahu-membahu bersama Arsenal selama 6 musim sejak 2000 hingga 2006. Pires adalah salah satu pemain kunci Arsenal ketika itu. Terlihat dari jumlah penampilannya yang mencapai 284 laga dengan sumbangan 85 gol dan 58 assist.

Selain turut meraih gelar The Invincibles pada musim 2003/2004, Pires juga membantu Arsenal meraih 6 trofi lain. Di musim terakhirnya ia juga turut membawa Arsenal mencapai final Liga Champions meski akhirnya gagal juara karena dikalahkan Barcelona.

3. Patrick Vieira 

7 Pemain Prancis Terbaik yang Pernah Membela Arsenal di Era Moderntalksport.com

Bermain di belakang Henry dan Pires ada Patrick Vieira, gelandang box-to-box yang dipercaya jadi kapten Arsenal pada 2002 hingga 2005. Vieira memang menonjol karena jiwa kepemimpinannya yang tinggi, selain tentu saja agresivitasnya dalam bertahan. Hebatnya, saat menyerang ia bisa berubah menjadi begitu elegan.

Vieira membela Arsenal sejak 1996 dan ia adalah salah satu pembelian pertama Arsene Wenger yang pada waktu itu juga baru saja ditunjuk sebagai manajer The Gunners. Selanjutnya adalah 9 musim yang luar biasa untuk Vieira yang bermain 393 kali di semua ajang dan turut membantu Arsenal mengangkat 10 trofi. Luar biasa!

Baca Juga: Puja-puji untuk Thomas Partey, Calon Patrick Vieira Baru Arsenal

4. Sylvain Wiltord 

7 Pemain Prancis Terbaik yang Pernah Membela Arsenal di Era Moderntalksport.com

Masih di zaman Thierry Henry dkk., ada pula Sylvain Wiltord yang didatangkan pada tahun 2000. Pemain berposisi sayap kanan ini kemudian menjadi salah satu pemain inti The Gunners hingga tahun 2004.

Wiltord bermain sebanyak 175 kali dan mencetak 49 gol. Total 5 trofi berhasil ia raih selama di Arsenal, termasuk 2 Premier League dan 2 Piala FA.

5. Gael Clichy 

7 Pemain Prancis Terbaik yang Pernah Membela Arsenal di Era Modernarsenal.com

Maju ke era yang lebih modern, ada Gael Clichy, bek kiri yang bergabung bersama Arsenal sejak 2003. Pada musim pertamanya ia langsung meraih trofi Premier League tanpa terkalahkan. Ia memang hanya menjadi pelapis di musim tersebut, namun di musim-musim selanjutnya ia berhasil mengokohkan diri sebagai bek kiri utama The Gunners.

Clichy bermain hingga 2011 ketika akhirnya ia dibeli Manchester City yang sedang menjelma menjadi klub besar. Selama di Arsenal, Clichy tampil 264 kali di semua ajang. Selain trofi Premier League 2003/2004, Clichy juga berhasil meraih 1 Piala FA dan 1 Community Shield bersama Arsenal.

6. Olivier Giroud 

7 Pemain Prancis Terbaik yang Pernah Membela Arsenal di Era Moderneurosport.com

Olivier Giroud juga merupakan salah satu pemain Prancis yang sukses di Arsenal. Giroud didatangkan pada 2012 dan ia langsung menjadi pilihan utama sejak musim pertamanya. Di musim keduanya, Giroud berhasil membawa Arsenal mengakhiri puasa gelar yang sudah berlangsung sejak 2005 dengan memenangi Piala FA 2013/2014.

Giroud hengkang ke rival sekota, yaitu Chelsea pada 2018, namun jasanya pasti akan selalu dikenang para fans The Gunners. Ia sukses mengoleksi 105 gol dalam 253 laga di semua ajang, seperti dilansir Transfermarkt. Selain itu, ia juga berhasil mempersembahkan 3 Piala FA dan 3 Community Shield bagi Arsenal.

7. Alexandre Lacazette 

7 Pemain Prancis Terbaik yang Pernah Membela Arsenal di Era Modernskysports.com

Terakhir ada Alexandre Lacazette, striker yang hingga kini masih membela The Gunners. Lacazette direkrut pada 2017 dan ia adalah salah satu pemain terakhir yang didatangkan oleh pelatih Arsene Wenger. Semusim setelahnya, Wenger meninggalkan Arsenal dan Lacazette pun sempat kehilangan tempat utama di bawah pelatih baru.

Namun, Lacazette berhasil kembali mendapatkan posisi inti dan hingga musim keempatnya ini ia sudah bermain lebih dari 160 kali di semua ajang. Gol yang ia cetak juga sampai saat ini sudah mencapai angka 61 plus 28 assist. Sementara itu, trofi yang telah ia raih adalah 1 Piala FA dan 2 Community Shield.

 

Itulah 7 pemain Prancis terbaik yang pernah bermain untuk Arsenal di era modern. Kalau kamu fans Arsenal, menurutmu, siapa di antara mereka yang paling berjasa untuk kesuksesan Arsenal?

Baca Juga: Berburu Striker Baru, Atletico Madrid Incar Alexandre Lacazette

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya