Petualang, 5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Bermain di Ligue 1

Mereka menghabiskan kariernya di luar Prancis

Sebagian besar pemain sepak bola tentu mengawali karier di negara asalnya. Ada pula yang mulai berkarier di luar negeri, baru belakangan pindah ke klub negaranya sendiri. Namun, ternyata hal itu tidak selalu berlaku.

Lima pemain asal Prancis berikut ini memiliki karier yang luar biasa dan pernah meraih sejumlah trofi. Namun, mereka ternyata belum pernah bermain di divisi utama liga negaranya sendiri yaitu Ligue 1 Prancis. Siapa saja mereka? Ini dia ulasannya.

1. Paul Pogba

Petualang, 5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Bermain di Ligue 1Paul Pogba (juventus.com)

Pertama, ada Paul Pogba, gelandang yang saat ini membela Juventus. Pogba mulai menimba ilmu sepak bola di akademi Torcy dan Le Havre di Prancis. Namun, ia baru bekarier di level senior setelah pindah ke Manchester United.

Setelah itu, Pogba bolak-balik pindah ke Juventus, Manchester United, dan kini gabung dengan Juventus lagi. Dengan demikian, sejauh ini Pogba belum pernah bermain di liga negaranya sendiri. Ia sempat diisukan jadi incaran dengan Paris Saint-Germain pada 2021 lalu, tetapi akhirnya batal bergabung dengan Les Parisiens.

2. Antoine Griezmann

Petualang, 5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Bermain di Ligue 1Antoine Griezmann (instagram.com/antogriezmann)

Antoine Griezmann sejauh ini selalu bermain di LaLiga Spanyol. Sama seperti Pogba, Griezmann juga awalnya menimba ilmu di akademi klub Prancis. Namun, pada 2005 ia pindah ke akademi Real Sociedad hingga akhirnya menembus tim utama pada 2009.

Lima tahun bersama Sociedad, Griezmann lalu membela Atletico Madrid, Barcelona, dan kini dipinjamkan kembali ke Atletico. Karena selalu bermain di Spanyol, Griezmann kini sudah bermain 423 kali di LaLiga. Ia pun jadi pemain asing aktif dengan penampilan terbanyak di LaLiga saat ini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Didatangkan Atletico Madrid bareng Antoine Griezmann

3. Lucas Hernandez

Petualang, 5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Bermain di Ligue 1Lucas Hernandez (fcbayern.com)

Berikutnya ada dua pemain kakak beradik, Lucas dan Theo Hernandez. Meski lahir di Prancis, mereka berdua bahkan tak pernah bermain di akademi klub Prancis. Lucas dan Theo adalah lulusan akademi Atletico Madrid. Lucas sendiri membela Atletico pada 2014–2019, kemudian pindah ke Bayern Munich.

Lucas Hernandez masih bertahan di Bayern Munich hingga kini dengan catatan lebih dari seratus penampilan. Paling sering menjadi bek tengah, Lucas juga kerap dipasang di pos bek kiri. Sebanyak 9 trofi sudah ia raih bersama Bayern Munich, termasuk tiga trofi Bundesliga beruntun.

4. Theo Hernandez 

Petualang, 5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Bermain di Ligue 1Theo Hernandez (acmilan.com)

Theo Hernandez, sang adik, juga mengawali karier bersama Atletico Madrid. Namun, pemain berposisi bek kiri ini hanya pernah main bersama tim reserve Atletico. Ia kemudian pindah ke Real Madrid pada 2017 dan turut mengangkat empat trofi bareng Los Blancos.

Setelah itu, Theo bergabung dengan AC Milan pada 2019 dan bertahan hingga kini. Ia terpilih sebagai pemain terbaik Milan pada musim pertamanya lalu turut meraih Scudetto 2021/2022. Seperti Lucas, Theo Hernandez pun sejauh ini belum pernah merasakan bermain di liga negaranya sendiri.

5. Gael Clichy

Petualang, 5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Bermain di Ligue 1Gael Clichy (servettefc.ch)

Terakhir ada Gael Clichy, bek kiri yang pernah bermain untuk Arsenal dan Manchester City. Clichy bahkan sukses meraih trofi Premier League bersama kedua klub tersebut. Secara total, Clichy menghabiskan 14 tahun kariernya di Inggris dan memenangi delapan trofi.

Clichy sebenarnya sempat bermain di Prancis bersama AS Cannes pada 2002/2003. Namun, saat itu Cannes berkompetisi di divisi ketiga sehingga Clichy tak pernah merasakan bermain di Ligue 1. Hingga kini pun Clichy belum pernah bermain di Ligue 1 karena ia sedang membela Servette FC di Liga Swiss.

 

Lima pemain Prancis di atas pantas disebut petualang karena belum pernah bermain di Ligue 1 Prancis hingga kini. Apakah suatu saat nanti mereka bakal menjajal Ligue 1 sebelum pensiun?

Baca Juga: 6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Bermain di Ligue 1 2022/2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya