5 Pemain Prancis dengan Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

Hugo Lloris berpeluang jadi yang teratas

Prancis adalah salah satu negara tersukses di Piala Dunia FIFA. Timnas Prancis pernah menjadi juara dua kali, hanya kalah dari Brasil, Jerman, dan Italia. Kesuksesan terbaru Les Blues terjadi pada 2018 sehingga mereka bakal melakoni Piala Dunia 2022 dengan status juara bertahan.

Dalam sejarah kesuksesan Prancis di Piala Dunia, ada sejumlah nama pemain yang menonjol karena kontribusinya. Termasuk di antaranya tentu adalah mereka yang paling sering tampil. Inilah lima pemain Prancis dengan jumlah penampilan terbanyak di Piala Dunia sejauh ini.

1. Thierry Henry (17 penampilan)

5 Pemain Prancis dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaThierry Henry (skysports.com)

Saat ini, ada dua pemain Prancis yang memiliki rekor 17 penampilan di Piala Dunia. Yang pertama adalah Thierry Henry, striker yang melegenda bersama Arsenal. Henry bermain dalam empat edisi Piala Dunia dari 1998 hingga 2010.

Capaian terbaik Henry di Piala Dunia tentu adalah jadi juara pada edisi 1998. Ia tampil enam kali sepanjang turnamen dan mencetak tiga gol meski tidak bermain di final. Hingga kini, Henry juga masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Timnas Prancis dengan 51 gol dalam 123 caps.

2. Fabien Barthez (17 penampilan)

5 Pemain Prancis dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaFabien Barthez (fifa.com)

Pemain Prancis lain yang pernah 17 kali bermain di Piala Dunia adalah Fabien Barthez. Namun, kiper berkepala plontos ini hanya tampil dalam tiga edisi, yaitu 1998, 2002, dan 2006. Ia adalah kiper utama saat Prancis juara Piala Dunia 1998 serta jadi runner-up pada edisi 2006.

Statistik Barthez di Piala Dunia pun sangat memukau. Ia hanya kebobolan delapan kali dalam 17 laga serta mencatat sepuluh clean sheets. Itu adalah rekor clean sheet terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia, sejajar dengan torehan kiper legendaris Inggris, Peter Shilton.

Baca Juga: 10 Fakta Aymeric Laporte, Mantan Pemain Prancis yang Membela Spanyol

3. Lilian Thuram (16 penampilan)

5 Pemain Prancis dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaLilian Thuram (fifa.com)

Pemain Prancis dengan caps terbanyak sepanjang sejarah saat ini adalah Lilian Thuram. Bek yang pernah membela Juventus dan Barcelona ini mengoleksi 142 caps selama membela timnas pada periode 1994–2008. Itu termasuk 16 penampilan dalam tiga edisi Piala Dunia.

Sebagai bek, Thuram hanya mengoleksi dua gol selama membela timnas. Uniknya, kedua gol itu terjadi dalam satu laga, yaitu saat Prancis mengalahkan Kroasia 2-1 di semifinal Piala Dunia 1998. Keberhasilan Prancis jadi juara saat itu pun terjadi berkat andil besar Thuram.

4. Maxime Bossis (15 penampilan)

5 Pemain Prancis dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaMaxime Bossis (sofoot.com)

Berikutnya ada Maxime Bossis, mantan bek yang berkarier sebagai pemain pada 1973–1991. Bossis memang kurang ternama dibanding para legenda Prancis lain. Pasalnya, ia hanya bermain di Ligue 1 Prancis sepanjang kariernya.

Bersama timnas, Bossis tampil dalam tiga edisi Piala Dunia dan bermain 15 kali. Meski tak pernah juara, ia sempat dua kali mengantarkan Prancis ke semifinal pada Piala Dunia 1982 dan 1986. Sukses terbesar Bossis selama membela Les Blues adalah juara Piala Eropa 1984.

5. Hugo Lloris (15 penampilan)

5 Pemain Prancis dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaHugo Lloris (fifa.com)

Hugo Lloris juga sejauh ini sudah mengoleksi 15 penampilan di Piala Dunia. Namun, kiper Tottenham Hotspur ini masih aktif bermain sehingga jumlah tersebut masih bisa bertambah. Lloris bahkan hanya butuh tiga penampilan di Piala Dunia 2022 untuk melampaui rekor Henry dan Barthez.

Kemungkinan besar Lloris akan berhasil melakukannya. Pasalnya, saat ini ia masih jadi kapten sekaligus kiper utama Prancis. Piala Dunia 2022 sendiri akan jadi edisi keempat bagi Lloris. Capaian terbaiknya adalah gelar juara dunia pada 2018 lalu.

 

Selain mengincar rekor penampilan terbanyak, Hugo Lloris juga bakal jadi tumpuan Prancis mengulang capaian 4 tahun silam. Negara terakhir yang sukses mempertahankan gelar juara dunia adalah Brasil pada 1962. Bisakah Prancis menjadi yang selanjutnya?

Baca Juga: 5 Kiper Top Prancis yang Tengah Merumput di Luar Ligue 1, Ada Lloris!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya